Insight | General Knowledge

UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR 2022: Sokong UMKM Berkualitas Ke Pasar Global

Jumat, 16 Dec 2022 18:00 WIB
UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR 2022: Sokong UMKM Berkualitas Ke Pasar Global
Jakarta -

Bank BRI kembali mewujudkan dukungannya terhadap UMKM di Indonesia, lewat penyelenggaraan pameran UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR 2022, yang resmi dibuka oleh Menparekraf Sandiaga Uno, MenkopUKM Teten Masduki, dan Dirut BRI Sunarso, pada hari Kamis (15/12/2022) kemarin, di Jakarta Convention Center.

Mengusung tema "Brings MSMEs Indonesia to the world", perhelatan UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR 2022 mencerminkan optimisme BRI untuk terus mendampingi pelaku UMKM agar bisa menjadi bagian dari pasar global. Untuk itu, event yang sudah memasuki tahun ke-4 penyelenggaraan ini juga akan memamerkan produk dan karya-karya berkualitas buatan UMKM dalam negeri secara langsung di JCC, maupun secara daring sejak 1 sampai 31 Desember 2022.

Ada beragam kategori produk UMKM yang ditampilkan, antara lain Home Decor & Craft, Accessories & Beauty, Fashion & Wastra, dan Healthcare/Wellness melalui Indonesia's Finest. Untuk diketahui, Indonesia's Finest hadir secara khusus sebagai salah satu momen kebangkitan UMKM Indonesia pada UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR tahun ini.

"BRI sebagai bank yang fokus kepada bisnis UMKM, secara konsisten melakukan berbagai upaya untuk terus menumbuhkembangkan dan memberdayakan UMKM", kata Sunarso. "BRI juga terus mempersiapkan journey nasabah UMKM untuk bisa naik kelas, di mana salah satunya adalah mendorong nasabah UMKM untuk bisa menembus pasar ekspor dan go international melalui event ini yang kami sebut sebagai UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR."

Dalam Opening Ceremony UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR 2022, Direktur Utama BRI Sunarso juga menyebutkan kalau multiplier effect dari UMKM sangat besar bagi ekonomi Indonesia. Sedangkan menurut Kementerian Koperasi & UKM RI, dunia UMKM menyerap kurang lebih 119,6 juta tenaga kerja atau 96,92% dari total angkatan kerja di Indonesia.

Sementara lain, penyelenggaraan UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR melibatkan sebanyak 500 UMKM dalam kegiatan bazaar, sementara 250 UMKM terpilih memberikan showcase menarik yang memaparkan kualitas, keunikan, pemanfaatan material ramah lingkungan, kisah perjuangan dibalik produk, hingga pemberdayaan masyarakat kepada audiens nasional hingga 40 buyer internasional dari 20 negara.

Hal tersebut diharapkan dapat meningkatkan persentase dealing Business Matching, yang tahun ini diharapkan menyentuh angka USD75 juta (Rp.1,2 triliun). Menurut keterangan Sunarso, hal ini telah tercapai dalam satu minggu penyelenggaraan, tepatnya tanggal 6-8 Desember 2022, di mana sebanyak 241 Business Matching Activity dengan total deal sebesar USD 76,7 Juta atau sekitar Rp.1,2 triliun terjadi di UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR .


"Kolaborasi antara KemenBUMN, Kemenkop UKM, dan BRI di edisi ke 4 UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR 2022 ini selaras dengan 'Gerakan Bangga Buatan Indonesia' dan Bangga Berwisata Indonesia," kata Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno. "Kerja kompak kita bersama untuk mendorong UMKM untuk menyerap tenaga kerja perlu sangat diapresiasi."

Pada acara ini, diadakan pula "Mix n Match" yang dikemas dalam program dari "Lokal Jadi Kece" yang menjadi momen unjuk gigi produk fesyen UMKM lokal. Seluruh rangkaian acara ini melibatkan UMKM peserta untuk memberikan kesempatan meningkatkan publikasi kepada masyarakat sehingga berdampak pada peningkatan penjualan serta semakin menunjukkan keunikan dan kualitas produk UMKM lokal.

Rangkaian acara dan informasi terkait UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR 2022 dapat diakses melalui www.brilianpreneur.com dan Youtube Bank BRI. Pada website tersebut seluruh masyarakat dapat menikmati virtual expo hingga area Indonesian Finest.

[Gambas:Audio CXO]

(RIA/alm)

NEW RELEASE
CXO SPECIALS