Beberapa tahun terakhir tren olahraga kembali diminati masyarakat dari berbagai kalangan, mulai dari selebriti, pebisnis, hingga influencer. Berbagai jenis olahraga seperti lari, fitnes, tenis sampai padel, menjadi pilihan mereka untuk istirahat sejenak dari rutinitas yang melelahkan.
Saat ini, berolahraga sudah semacam kebutuhan penting yang menyehatkan secara fisik maupun mental contohnya, cara melepas stres, mengisi waktu luang dan menjaga kesimbangan hidup. Di sisi lain, trend fashion sportswear ikut bermunculan, terutama untuk model yang menyasar perempuan. Salah satu yang paling menonjol adalah sport dress.
Busana ini memiliki akar di dunia olahraga seperti tenis dan golf, di mana dress dan rok sudah menjadi "seragam klasik" sejak lama. Fashion olahraga di lapangan ini membentuk siluet ikonik, rok lipit, bahan ringan, identik dengan warna putih atau pastel yang fleksibel, menciptakan kesan elegan sekaligus sporty.
Para selebriti mengenakan tenniscore outfit./ Foto: Getty Images |
Gelombang Baru Olahraga dan Fashion
Dalam satu dekade terakhir, rumah mode dunia mulai mengangkat kembali elemen klasik ini ke panggung runway. Koleksi musim semi tahun 2025 banyak menampilkan siluet rok tenis, dress olahraga, panel mesh, dan palet warna neon yang mengingatkan pada retro sportswear era 90-an.
Kini, fashion mainstream telah banyak menggabungkan kode olahraga ke dalam koleksi street style dan high fashion. Desainer memasukkan blazer cropped dengan rok tenis atau aksesori klasik seperti pearl necklace dipadukan dengan dress olahraga. Tren seperti tenniscore, tennis inspired looks sudah mulai populer.
Pertumbuhan di pasar pun terlihat cukup kuat, pasalnya didorong oleh meningkatnya kesadaran akan kebugaran, urbanisasi yang terus meningkat dan pengaruh yang semakin besar dari tren fashion athleisure. Peningkatan pendapatan kelas menengah dan akses ritel digital juga mendorong permintaan konsumen.
Data menunjukkan bahwa pasar sportswear di Indonesia sedang tumbuh kuat. Pada 2024 Indonesia mencapai USD 2.557,83 juta. Menjelang tahun 2033, pasar diperkirakan akan mencapai USD 3.553,32 juta, dengan tingkat pertumbuhan tahunan gabungan (CAGR) sebesar 3,72% selama periode 2025-2033.
Selain itu fenomena ini pun mulai terlihat dalam koleksi brand lokal maupun kolaborasi merek Internasional. Misalnya, adidas menghadirkan "Women's Skirts & Dresses" dengan desain sport-friendly yang menyasar konsumen urban yang ingin berpakaian ringkas dan fungsional.
Kombinasi inilah yang membuat sport dress mudah menembus gaya sehari-hari ke masyarakat kota terutamanya mereka yang berkegiatan olahraga di sela-sela rutinitasnya. Brand lokal pun semakin banyak bermunculan, menawarkan kombinasi desain menarik, fungsi olahraga dan harga yang terjangkau, mulai dari rok tenis, sport bra, legging hingga hijab instan.
Miu Miu 'Tenniscore' collections./ Foto: Getty Images |
Sports Dress Fungsional dan Stylish
Sportswear adalah pakaian yang dirancang khusus untuk mendukung aktivitas fisik, mulai dari olahraga ringan contohnya, yoga hingga high-intensity seperti lari atau angkat beban. Bahan yang digunakan memiliki sifat khusus seperti breathable (mudah menyerap keringat), stretchable (elastis) dan quick-drying (cepat kering). Sport dress menjadi salah satu bentuk paling menarik dari sportswear. Contohnya :
- Dress dengan rok tenis (pleated skirt)
- Dress dengan panel ventilasi seperti mesin
- Dress ringan, kadang built-in inner layer atau legging (terutama untuk modest wear)
- Dress yang dirancang agar cocok baik untuk olahraga ringan maupun sehari-hari (streetwear)
Ada beberapa faktor yang menyebabkan sport dress tumbuh popularitasnya dikarenakan :
- Kesadaran Akan Kesehatan Fisik Dan Mental
Banyak orang merasa kebutuhan berolahraga tidak hanya terkait tubuh, tapi juga sebagai cara melepas stress, mengisi waktu luang dan menjaga keseimbangan hidup - Aktivitas & Mobilitas tinggi
Gaya hidup urban membuat jadwal makin padat, bekerja, bersosial, merawat diri. Pakaian yang bisa multifungsi, olahraga, jalan + santai, jadi sangat menarik. Sport Dress menjawab kebutuhan pakaian yang cepat pakai, nyaman, bergerak dan tetap stylish. - Influencer & Media Social
Fashion sport dress banyak dipromosikan melalui Instagram, Tiktok. Visual menarik, styling kreatif membuat sportpress menjadi tren yang "instagramable" - Retro & Nostalgia Fashion
Pengaruh tren 90-an, gaya tenis klasik, warna neon, rok lipit, semuanya kembali menarik perhatian.
Permintaan Inklusif & Keberlanjutan
Konsumen sekarang lebih kritis, ukuran, etika produksi, bahan ramah lingkungan, desain yang menghormati identitas budaya/modesty, bukan hanya model "ideal". Ini membuka ceruk besar besar dalam pasar untuk sport dress yang adaptif, modest, sustainable.
Manifestasi Gaya Hidup Baru
Dulu, sportswear identik dengan ukuran kecil atau tubuh atletis, sekarang tren bergerak ke arah inklusivitas, ukuran plus-size, desain ramah muslim, hingga pilihan warna dan motif beragam menjadi bagian penting. Sport dress pun berkembang dengan menghadirkan banyak brand, dress built-in legging, dress lengan panjang hingga hoodie dress.
Sport dress adalah contoh menarik bagaimana olahraga dan fashion bisa bersinergi. Produknya telah menjadi manifestasi gaya hidup baru yang mengutamakan kesehatan, kenyamanan, identitas dan ekspresi estetika. Di Indonesia, tren ini memiliki pondasi yang kuat, pasar sportswear tumbuh, konsumen semakin sadar akan gaya dan fungsi dan brand lokal semakin mampu merespons kebutuhan inklusif serta lokal.
Penulis: Ayu Puspita Lestari
Editor: Dian Rosalina
*Segala pandangan dan opini yang disampaikan dalam tulisan ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab penulis dan tidak mencerminkan pandangan resmi institusi atau pihak media online.*
(ktr/DIR)
Para selebriti mengenakan tenniscore outfit./ Foto: Getty Images
Miu Miu 'Tenniscore' collections./ Foto: Getty Images