Interest | Fashion

Hadirkan 116 Desainer dan 34 Shows, JFW 2023 Resmi Dibuka

Selasa, 25 Oct 2022 12:44 WIB
Hadirkan 116 Desainer dan 34 Shows, JFW 2023 Resmi Dibuka
Jakarta -

Jakarta Fashion Week 2023 resmi dibuka di rumah barunya, City Hall Pondok Indah Mall 3, Jakarta Selatan, pada Senin, (24/10). Selama seminggu ke depan, sebanyak 116 desainer dan jenama lokal akan memamerkan lebih dari 1.600 desain khasnya melalui 34 shows yang dilenggangkan di atas runway Jakarta Fashion Week 2023.

Berangkat dari pengalaman selama 2 tahun terakhir di mana JFW hanya diselenggarakan secara online karena pandemi COVID-19, tema yang diusung oleh JFW 2023 adalah fashion reformation. Tema ini merefleksikan transisi industri mode yang ikut terdampak selama masa pandemi dan kini sedang menuju ke arah pemulihan yang lebih baik dengan berbagai perubahan dan dampak yang didapat akibat new normal yang tengah masyarakat jalani.

Menurut Creative Director Jakarta Fashion Week 2023, Andandika Surasetja, yang menjadi sorotan salah satu hajatan fashion terbesar di Indonesia ini adalah adanya lintas generasi pada desainer Indonesia pada tahun ini. Tidak hanya desainer dan jenama yang memiliki nama besar saja, desainer dan jenama-jenama baru juga turut serta untuk memeriahkan Jakarta Fashion Week tahun ini dengan berbagai desain dan looks yang fresh serta inspiratif.

Berpindahnya JFW 2023 ke Pondok Indah Mall 3 dari lokasi yang sudah bertahun-tahun lamanya menjadi tuan rumah, Senayan City, juga menjadi sorotan media. Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya di mana panjang runway dibuat sepanjang 30 meter, pada kali ini, di rumah barunya, runway Jakarta Fashion Week 2023 dibuat lebih pendek dan lebih lebar untuk memberikan suasana baru dan memberikan ruang lebih, baik untuk para model yang berjalan, maupun para undangan agar lebih bisa menikmati pertunjukan fashion dengan nyaman.

Pada Opening Show, Svida Alisjahbana selaku Chairman of Jakarta Fashion Week, memberikan sambutan hangat kepada mitra kolaborator yang telah membantu mewujudkan Jakarta Fashion Week 2023. Mulai dari Mazda, L'Oreal Professionnel Paris sebagai official partner penataan rambut, Make Over, Wardah, dan Artisan Professionnel sebagai official makeup partner, dan masih banyak lagi.

.Pembukaan JFW 2023/ Foto: Dinar Pamugari - CXO Media

Hadirnya Menteri Perdagangan RI, Zulkifli Hasan, pada Opening Show juga menghebohkan City Hall Pondok Indah Mall 3 pada sore itu. Lancarnya acara Jakarta Muslim Fashion Week yang diselenggarakan sehari sebelum JFW 2023, dikatakan oleh Zulkifli Hasan telah berhasil meraup transaksi dan keuntungan sebesar kurang lebih Rp 300 miliar hanya dalam sehari. Dengan tingginya perhatian dan peminat fashion, JFW 2023 diharapkan juga untuk dapat memberikan kontribusi yang besar dalam perekonomian Indonesia untuk meminimalkan dampak resesi global yang sedang marak dibicarakan belakangan ini.

.Sambutan Menteri Perdagangan RI, Zulkifli Hasan/ Foto: Dinar Pamugari - CXO Media

Opening Show Jakarta Fashion Week akhirnya ditutup dengan melenggangnya puluhan model yang merepresentasikan setiap desainer dan jenama yang akan turut memarkan seluruh koleksinya di pekan ini. Setiap model yang berjalan di runway membawakan pesona dan silhoutte yang unik dari setiap desainer dan jenama yang dibawakannya. Dengan berbagai motif, corak, potongan, dan aksesori tambahan yang membedakan satu dengan yang lainnya, setiap looks yang dibawakan oleh para model ini mencerminkan ciri khas dari setiap setiap desainer atau jenama yang akan berturut serta dalam pagelaran bergengsi tahun ini, Jakarta Fashion Week 2023.

.Runway Jakarta Fashion Week 2023/ Foto: Dinar Pamugari - CXO Media

Kembali hadirnya Jakarta Fashion Week 2023 secara offline berhasil mengumpulkan antusiasme yang membara dari para penikmat dan pecinta fashion. Dengan ratusan desainer dan jenama lokal yang melenggangkan desainnya tahun ini, minat masyarakat terhadap fashion diharapkan untuk terus meningkat agar dapat memberikan dampak yang signifikan untuk peningkatakan perekonomian Indonesia di masa mendatang.

[Gambas:Audio CXO]

(DIP/DIR)

NEW RELEASE
CXO SPECIALS