Interest | Fashion

Berburu Kebaya Vintage di Toko Daring

Sabtu, 20 Aug 2022 12:00 WIB
Berburu Kebaya Vintage di Toko Daring
Foto: andienaisyah/Instagram
Jakarta -

Kebaya merupakan pakaian tradisional yang telah menjadi salah satu warisan budaya nusantara. Pada masa pra-kemerdekaan, kebaya hanya digunakan oleh perempuan dari keluarga ningrat, terutama di Jawa. Kemudian, lambat laun kebaya akhirnya diadaptasi oleh daerah-daerah lain bahkan di luar Pulau Jawa. Pakaian yang tadinya erat dengan kelas atas ini pun mulai digunakan oleh seluruh lapisan masyarakat. Di Indonesia sendiri ada berbagai macam kebaya, mulai dari kebaya Jawa, Kebaya Encim, Kebaya Bali, Kebaya Kutubaru, dan lain-lain.

Mungkin selama ini kebaya lebih identik sebagai pakaian jadul yang hanya wajar digunakan ketika hajatan spesial-seperti di acara pernikahan, Hari Kemerdekaan, atau Hari Kartini. Padahal, sebenarnya tidak ada waktu tertentu untuk menggunakan kebaya. Belakangan ini, jagat maya dibuat terpesona dengan penampilan klasik dari Dian Sastro, Andien, Shareefa Daanish, Titi Radjo Padmaja, dan Rania Yamin yang berdandan apik menggunakan kebaya. Mereka mengunggah foto-foto berkebaya dengan menggunakan caption #iwanttowearkebayaonadailybasis. Ternyata, ini adalah bagian dari kampanye untuk mendaftarkan kebaya ke UNESCO sebagai warisan budaya dunia.

[Gambas:Instagram]

Sejalan dengan kampanye tersebut, kami juga setuju bahwa kebaya adalah pakaian yang harus dilestarikan dan pemakaian kebaya seharusnya tidak terbatas untuk acara spesial. Berburu kebaya pun sekarang semakin mudah, beberapa toko daring menjajakan kebaya vintage alias kebaya bekas. Selain melestarikan kebaya, toko-toko ini juga mengedepankan nilai sustainability karena melakukan upcycle terhadap kebaya-kebaya bekas. Apabila kamu tertarik untuk berburu kebaya vintage, kamu bisa menemukannya di toko-toko di bawah ini!

Awulan Paradiso
Awulan Paradiso adalah toko daring yang menjajakan barang-barang lawas seperti kebaya, perhiasan, dan kain. Memiliki kecintaan terhadap barang lawas, pemilik Awulan Paradiso percaya bahwa setiap barang memiliki memori dan oleh karenanya layak untuk diberi kasih sayang. Untuk jenis kebayanya sendiri, mereka menawarkan kebaya biasa dan juga kebaya kutubaru. Harga satu kebaya di sini rata-rata berkisar Rp150.000. Meskipun berbasis di Yogyakarta, tapi pengiriman bisa dilakukan ke seluruh Asia. bagi kalian yang tertarik, kalian bisa mengunjungi instagram @awulanparadiso!

Batik Croche
Salah satu toko daring yang terkenal menjual batik vintage adalah Batik Croche. Semua kebaya yang dijual di sini adalah kebaya preloved dan kebaya yang sudah di-upcycle. Kebaya yang ditawarkan di sini ada berbagai macam, mulai dari Kebaya Encim, Kebaya Nyonya, Kebaya Kutubaru, dan masih banyak lagi. Harganya juga bervariasi, dari Rp68.000 hingga Rp135.000. Beberapa kebaya di sini bisa kamu modifikasi menjadi outer, loh! Hingga saat ini, Batik Croche tidak berjualan di marketplace dan hanya ada di Instagram saja. Tetapi, Batik Croche bisa melakukan worldwide shipping. Kamu bisa cek akun instagram mereka @batikcroche.

Kutubaruku
Satu lagi toko daring yang menawarkan kebaya bekas berkualitas, ialah Kutubaruku! Seperti namanya, toko ini menjual Kebaya Kutubaru dengan warna dan pola yang beragam, mulai dari motif bunga-bunga, polos, hingga yang berbahan sifon. Harga kebaya di sini cukup terjangkau, yaitu mulai dari Rp60.000 hingga Rp120.000. Selain menjual kebaya bekas, Kutubaruku juga menerima pesanan untuk menjahitkan kebaya baru. Untuk selengkapnya, kalian bisa cek di akun instagram @kutubaruku.

Bergaya Ceria
Bergaya Ceria adalah toko daring yang dikelola sendiri oleh Rania Yamin—cicit dari Mohammad Yamin sekaligus keturunan keluarga Mangkunegaran—bersama-sama dengan Endang dan Satuti Yamin. Kecintaan Rania terhadap batik dan kebaya menginspirasinya untuk membuka toko ini. Bergaya Ceria menyediakan berbagai kebaya preloved dan juga barang-barang vintage lain seperti tas, kemeja, dan kardigan. Sebagian besar kebaya yang dijual di sini adalah kebaya model kutubaru dengan motif yang beragam. Tapi kalau mau membeli di sini, kalian harus sigap membeli cepat karena sistemnya adalah siapa cepat dia dapat. Untuk selengkapnya kalian bisa cek akun @bergayaceria di Instagram.

Nah, itu dia toko-toko daring yang menjajakan kebaya vintage! Selain menjual kebaya, toko-toko ini juga rutin membagikan tips untuk memadukan outfit dengan kebaya. Dengan kebaya dari toko-toko ini, dijamin penampilanmu akan semakin cantik dan elegan. Selamat berburu!

[Gambas:Audio CXO]



(ANL/HAL)