Interest | Art & Culture

Film Autobiography Wakili Indonesia dan Asia Tenggara Berkompetisi di Venice Film Festival

Rabu, 03 Aug 2022 14:00 WIB
Film Autobiography Wakili Indonesia dan Asia Tenggara Berkompetisi di Venice Film Festival
Foto: @kevilardilova/Instagram
Jakarta -

Venice Film Festival, salah satu perhelatan bergengsi dalam industri perfilman akan kembali diselenggarakan tahun ini mulai dari 31 Agustus hingga 10 September 2022. Dalam Venice Film Festival, film dari bermacam-macam negara akan ditayangkan dan berkompetisi di acara tersebut. Film yang dibesut oleh Makbul Mubarak, Autobiography, mewakili Indonesia untuk kategori program Orizzonti (Horizons) dan menjadi satu-satunya film asal Asia Tenggara yang berkompetisi di Venice Film Festival. Berkompetisinya Autobiography di ajang bergengsi ini sekaligus menjadi penayangan perdana film tersebut.

Autobiography merupakan film drama thriller yang mengisahkan seorang pria yang baru lulus SMA, Rakib (Kevin Ardilova), yang bekerja menjaga rumah kosong di suatu pedesaan. Rakib tidak dapat membayangkan masa depannya ingin menjadi apa, namun dia tidak ingin bekerja di ladang jagung keluarganya seperti yang diinginkan oleh ayahnya. Pada suatu hari, Purna (Arswendy Bening Swara), seorang mantan jendral militer tiba di desanya dan mencalonkan diri sebagai bupati di daerah itu. Rakib diminta untuk membantu Purna dalam berkampanye dan ingin Rakib memerankan figur Purna dalam sebuah film biopik propaganda yang dibuat untuk acara TV lokal. Dalam sosok Purna, Rakib melihat sosok ayah yang didambakannya. Hingga pada suatu hari, sebuah kejadian tak terduga mengubah segalanya.

Proses penulisan naskah dan persiapan produksi Autobiography memakan waktu empat tahun, dengan proses syuting memakan waktu 41 hari dan keseluruhan pengambilan gambar berlangsung di Bojonegoro, Jawa Timur. "Lolos seleksi untuk ditayangkan di perhelatan film tertua dan terbaik di dunia adalah sesuatu yang sangat membahagiakan bagi kami, sebab ini menjadi garis akhir yang manis untuk proses pembuatan film yang sudah berlangsung sekitar empat tahun. Venice International Film Festival juga menjadi momentum yang mendebarkan. Sebab inilah titik awal bagi Autobiography untuk bertemu dengan penonton dan teman-teman semua," ungkap Makbul Mubarak.

Setelah Venice, Autobiography akan tayang di beberapa festival film lainnya dan juga akan tayang di bioskop Indonesia. Wishing Autobiography all the good luck!

[Gambas:Audio CXO]



(HAI/HAL)

Author

Hani Indita