Interest | Wellness

Mencari Ketenangan Lewat Terapi Alam

Minggu, 26 Jun 2022 18:00 WIB
Mencari Ketenangan Lewat Terapi Alam
Jakarta -

Jauh sebelum fenomena healing naik ke permukaan, masyarakat lebih dulu mengenal istilah "kembali ke alam". Maka tidak heran, jika kegiatan healing lebih lekat dengan aktivitas yang dilakukan di alam terbuka. Jadi, sekalipun kehidupan di dunia modern cukup melenakan manusia lewat kecanggihan teknologi, pada akhirnya alam akan tetap menjadi tempat utama untuk kembali.

Seperti yang kita ketahui bersama, alam Indonesia memang menyajikan banyak pesona yang luar biasa. Tidak terkecuali pada wilayah di sekitar perkotaan seperti Jakarta. Tentunya hal ini menjadi suatu keuntungan tersendiri bagi masyarakat, yang membutuhkan short escape di antara kesibukan kota tanpa perlu menempuh perjalanan jauh yang melelahkan.

Aktivitas di ruang terbuka memang bermanfaat bagi manusia. Selain bisa menjernihkan hati dan pikiran, mengunjungi tempat-tempat bernuansa alam juga bisa membangkitkan sensasi ketenangan alami yang sulit dirasakan ketika sibuk mengurus pekerjaan. Untuk itu, tim CXO Media telah menyiapkan beberapa rekomendasi tempat bernuansa alam yang indah, yang kamu bisa kunjungi di sekitaran Ibukota.

Gunung Gede-PangrangoTaman Nasional Gunung Gede-Pangrango/ Foto: Gununggedepangrango/Instagram

Taman Nasional Gunung Gede-Pangrango
Sedikit melipir ke arah timur Jakarta, atau lebih tepatnya menuju daerah Puncak, Bogor kita bisa menikmati keasrian rimba yang menawan pada kawasan Taman Nasional Gunung Gede-Pangrango (TNGGP). Di sana, kita bisa menikmati asrinya alam sambil menyambangi beberapa daya tarik wisata, terutama menggapai puncak Gunung Gede (3008 MDPL) dan puncak Gunung Pangrango (3018 MDPL) yang saling bersandingan.

Sembari mendaki puncak gunung, kita juga bisa menikmati magisnya lembah Mandalawangi dan alun-alun Suryakencana yang ditumbuhi bunga-bunga Edelweis. Belum henti di sana, TNGGP juga meliputi beberapa lahan perkemahan, dua buah situ (danau alam), hingga belasan curug yang menawan. Selain menyediakan ketenangan di belantara hijau, TNGGP juga memungkinkan kamu bertemu dengan fauna endemik yang eksotik. Untuk berkunjung ke sana, kamu bisa mendapat informasi lebih lanjut melalui Instagram @bbtn_gn_gedepangrango atau mengaksesnya lewat gedepangrango.org.

Kawasan Ekowisata Mangrove Pantai Indah KapukKawasan Ekowisata Mangrove Pantai Indah Kapuk/ Foto: Twa_mangrove/Instagram

Kawasan Ekowisata Mangrove Pantai Indah Kapuk
Pada bagian pesisir utara, Kota Jakarta menyimpan pesona ekowisata yang indah, pada kawasan Taman Wisata Alam (TWA) Angke Kapuk. Kawasan ini merupakan satu-satunya ekosistem tanaman bakau yang tersisa di Jakarta, yang juga menjadi habitat bagi berbagai jenis burung air. Untuk kamu yang lelah menatap tingginya gedung, berkunjung ke Hutan Mangrove PIK ini rasanya sangat cocok, terutama jika kamu membutuhkan liburan singkat yang menenangkan.

Selain menawarkan sensasi rekreasi yang berbeda, Taman Mangrove di Jakarta ini juga menyediakan berbagai kesenangan lain. Seperti wisata olahraga air speed boat, perahu dayung, perahu kano dan sepeda air. Kemudian kamu juga dapat berpartisipasi melestarikan kawasan mangrove dengan ikut menanamnya. Tempat ini sangatlah cocok bagi kamu yang ingin bersantai sejenak bersama teman-teman atau pasangan. Lebih dari itu, kamu juga bisa memesan kawasan ini sebagai tempat pertemuan, gathering, lokasi shooting, hingga menyelenggarakan wedding. Untuk info lebih lanjut, sila mengakses laman jakartamangrove.id atau Instagram @twa_mangrove.

Gugusan Kepulauan SeribuGugusan Kepulauan Seribu/ Foto: Pulauseribuofficial/Instagram

Gugusan Kepulauan Seribu
Pada tepian utara kota Jakarta, terjajar sederet kepulauan menawan yang siap untuk dieksplorasi warga Ibukota. Terletak pada wilayah administrasi Kabupaten Kepulauan Seribu, kita bisa menemukan surga dunia berupa pantai-pantai cantik yang masih murni, di mana jernihnya air laut dan lamunan ombak menjadi daya tariknya yang utama.

Pulau Seribu memang menyimpan kesan berbeda bagi Jakarta. Di sana kita bisa merasakan berbagai pesona kepulauan yang khas dan berbeda-beda di setiap pulaunya. Beberapa pulau wisata populer di Kepulauan Seribu di antaranya adalah Pulau Tidung Besar, Pulau Bidadari, Pulau Dolphin, Pulau Kelor, Pulau Macan, hingga Pulau Ayer, yang kecantikannya sering disandingkan dengan kepulauan Maldives. Untuk bisa mengeksplorasi Pulau Seribu, kamu dapat menjangkaunya dengan kapal cepat yang bersandar di Muara Angke atau Marina Ancol.

Hutan Kota SrengsengHutan Kota Srengseng/ Foto: Arief Demiawansyah/Google Maps

Hutan Kota Srengseng
Berbeda dengan tempat wisata bernuansa alam terbuka sebelumnya yang berada di pinggir-pinggir kota, tempat wisata satu ini justru berlokasi di tengah padatnya Jakarta. Hutan Kota Srengseng merupakan kawasan terbuka hijau seluas 15,3 hektar, yang berfungsi sebagai lahan daerah resapan air yang vital bagi Jakarta.

Kawasan hutan lindung ini bisa kamu kunjungi untuk sekadar piknik atau menghirup udara segar, hingga menjadi tempat berolahraga yang tepat karena dipenuhi puluhan ribu pohon yang menjulang ke langit dan membuat kawasan ini begitu hijau juga rindang. Di dalamnya kamu juga bisa menikmati danau buatan sambil mempelajari ragam flora dan fauna, sehingga tidak salah jika Hutan Kota Srengseng dipilih sebagai tempat rekreasi bersama keluarga.

Museum di Tengah KebunMuseum di Tengah Kebun/ Foto: Museumditengahkebun/Instagram

Museum di Tengah Kebun, Kemang, Jakarta
Jantung Ibukota Jakarta ternyata menyimpan sebuah permata yang asri, di mana para pengunjungnya bisa menghirup udara segar sambil melihat-lihat koleksi seni dan barang antik berusia ratusan tahun. Berlokasi di Jalan Kemang Timur nomor 66, Jakarta Selatan, Museum di Tengah Kebun (MDTK) ini mulanya berfungsi sebagai rumah tinggal dari seorang kolektor barang-barang antik bernama Sjahrial Djalil, yang juga berprofesi sebagai pengusaha dan tokoh periklanan di Indonesia.

Pada lahan hijau berukuran 4.200 meter tersebut, kita bisa menikmati sejumlah pameran barang antik berharga milik Pak Djalil yang dipamerkan ke masyarakat sejak tahun 2009 lalu. Kita pun bisa mengintip banyak karya-karya seni dan berbagai ornamen bersejarah dari 21 provinsi di Indonesia dan dari sekitar 63 negara di Dunia sambil menyegarkan pikiran di suasana yang rimbun. Selain dapat mempelajar koleksi seni pada MDTK yang asri, kita juga bisa berziarah ke makam Alm. Sjahrial Djalil yang meninggal dunia pada 2019 lalu dan dimakamkan pada salah satu sudut kebun. Bagaimana? Apakah kamu tertarik mampir ke Museum di Tengah Kebun? Untuk informasi lebih lanjut kamu bisa mengunjungi Instagram @museumditengahkebun untuk melakukan reservasi.

Itulah dia, beberapa rekomendasi tempat wisata bernuansa alam yang kamu bisa kunjungi di sekitaran kota metropolitan. Selain bisa menyegarkan hati dan pikiran, menyambangi tempat-tempat bernuansa alam juga baik untuk mental kita. Jadi, mau healing ke mana dulu, nih?

[Gambas:Audio CXO]



(RIA/MEL)