Interest | Wellness

Busting Myth: Mitos di Tubuh

Kamis, 05 May 2022 14:00 WIB
Busting Myth: Mitos di Tubuh
Jakarta -

Bukan orang Indonesia rasanya bila tidak mempercayai hal-hal yang diyakini sejak lama   sebuah rumor yang katanya sudah ada saat zaman dulu kala. Anehnya, di era semakin maju ini, mitos tersebut sepertinya belum mau beranjak dari tempatnya di sela-sela perbincangan muda-mudi atau tua-muda orang Indonesia. Salah satunya adalah mitos-mitos seputar tubuh.

Sebenarnya masyarakat juga percaya bahwa suatu kondisi yang sedang dialami oleh mereka dapat dibuktikan secara empiris. Namun, kepercayaan terhadap mitos yang sudah turun-temurun masih diyakini sulit hilang. Dulu ada yang memberitahu saya bahwa jerawat yang tumbuh di sekitar wajah menandakan sedang rindu seseorang, atau tangan yang gatal menandakan akan mendapat rezeki dan kehilangan rezeki.

Menurut apa yang saya yakini, sebenarnya kondisi yang dialami tubuh tersebut tidak ada sangkut-pautnya dengan hal-hal eksternal lainnya, seperti mendapat rezeki atau kehilangan rezeki. Sebab saya percaya, bahwa setiap orang memiliki rezekinya masing-masing. Selain yang satu itu, berikut ini adalah beberapa mitos yang masih dipercaya banyak orang dan penjelasan kondisi apa yang sedang dialami tersebut.

.Ilustrasi jerawat/ Foto: Freepik

Jerawat di wajah artinya ada yang rindu

Orang tua mungkin kerap menggoda anaknya yang baru puber dengan celotehan iseng, misalnya seperti jerawat artinya ada yang rindu. Entah dari mana konsep jerawat sama dengan orang merindukan seseorang. Tapi bila disangkut-pautkan, mungkin karena kita mengalami suatu kondisi stres, bisa menimbulkan jerawat. Karena rindu tak sampai memang membuat   sedikit   stres.

Dilansir CNN Indonesia, dokter spesialis kulit dan kelamin, Anthony Handoko mengatakan rindu dapat membuat adrenalin kita meningkat. Saat berdebar karena ingin bertemu sang pujaan hati, adrenalin di tubuh akan melonjak hingga meningkatkan hormon testosteron, dan meningkatkan kelenjar sebum. "Saking banyaknya yang mau keluar, jadi tersumbat, lalu timbul jerawat," ujarnya.

.Ilustrasi tangan gatal/ Foto: Freepik

Telapak tangan gatal artinya bisa dapat rezeki atau hilang rezeki

Konon katanya, tangan yang gatal bisa mengartikan isi kantong kita. Ya, mitos telapak tangan yang gatal sebelah kanan, banyak dipercaya orang bahwa artinya akan ada rezeki yang datang seperti uang. Sementara telapak tangan kiri yang gatal dipercaya bermakna bahwa akan kehilangan sesuatu yang berharga.

Padahal menurut medis, tangan yang gatal bisa jadi karena penyakit tertentu atau kamu mengalami reaksi alergi. Kondisi ini dinamakan dermatitis kontak. Iritan yang umum bisa diakibatkan karena logam seperti cincin dan perhiasan lainnya; parfum, sarung tangan karet, sabun, disinfektan, antiseptik, debu, dan air yang mengandung klorin. Namun, bila gatalnya berkelanjutan bisa saja kamu mengalami penyakit serius seperti diabetes atau gangguan saraf.

.Ilustrasi kepala pitak/ Foto: Shutterstock

Kepala pitak artinya bandel

Pitak atau unyeng-unyeng yang ada di kepala setiap orang, sering diasumsikan berhubungan dengan kepribadian orang yang memilikinya. Dalam kitab primbon Jawa Kuno, mitos pitak di kepala manusia ini sudah dinarasikan lama. Ada yang mengatakan orang yang berkepala pitak mudah terkena sambaran petir, punya kepribadian nakal atau bandel, dan ada pula mitos positifnya yakni dipercaya memiliki kecerdasan serta ketahanan fisik yang lebih unggul.

Namun secara sains, kepala pitak bisa disebabkan oleh jamur dermatofita. Jamur ini bisa berkembang pada jaringan kulit yang lembab dan berkeringat. Kondisi ini dinamakan Tinea Capitis. Lalu pada gejala yang lebih ekstrem, pitak dapat menjadi tanda-tanda dari alopecia areata.

.Ilustrasi bulu mata jatuh/ Foto: Freepik

Bulu mata jatuh ada yang suka atau benci

Mitos ini pertama kali saya dengar saat kecil, di mana teman saya mengambil bulu mata yang jatuh ke pipi sebelah kanan dan mengatakan bahwa itu adalah tanda ada yang menyukai saya. Sedangkan bulu mata yang jatuh di sebelah kiri, menandakan ada yang membenci saya. Tapi menurut medis, sangat umum bila bulu mata rontok. Itu merupakan siklus alami yang bisa terjadi setiap enam hingga 10 minggu. Meski begitu, bulu mata yang rontok pun hanya 1-5 helai saja.

.Ilustrasi bercak putih/ Foto: Shutterstock

Bercak putih kuku artinya rindu

Selain jerawat, ada lagi mitos tentang tubuh yang sering dikaitkan dengan kerinduan terhadap seseorang, yakni bercak atau garis putih pada kuku. Ya, ada mitos yang mengatakan bahwa bercak putih yang ada di kuku merupakan tanda ada orang yang menyukai atau merindukan kita.

Padahal dalam dunia medis, bercak putih ini disebut leukonychia, kondisi umum yang bisa dialami oleh siapa saja. Bisa disebabkan karena cedera pada bantalan kuku akibat terjepit atau terbentur, reaksi alergi pada cat kuku atau aseton, infeksi jamur kuku, kurang vitamin dan mineral, dan penyakit sistemik seperti diabetes, penyakit jantung, gagal ginjal, psoriasis, atau eksim.

Itulah beberapa mitos tubuh yang masih dipercaya oleh banyak orang Indonesia. Mitos memang menjadi topik menarik untuk diperbincangkan di lingkup sosial kita, namun tidak mencari tahu lebih lanjut tentang fakta sebenarnya kondisi tersebut bisa berakhir buruk. Sebab di antara mitos-mitos tersebut rupanya menjadi ciri-ciri penyakit berbahaya.

[Gambas:Audio CXO]

(DIR/HAL)