Insight | Science

7.000 Langkah Kaki Per Hari Sudah Cukup

Jumat, 25 Nov 2022 15:30 WIB
7.000 Langkah Kaki Per Hari Sudah Cukup
Ilustrasi jalan kaki Foto: Maxpixel
Jakarta -

Pernah mendengar iklan dengan slogan "10.000 langkah setiap hari"? Harus diakui bahwa iklan tersebut sangat membekas di masyarakat sehingga membuat psikologi kita merasa bahwa jika mau sehat, maka harus berjalan sedikitnya 10.000 langkah per hari. Sayangnya, iklan yang sudah melekat tersebut kini terbantahkan dengan fakta bahwa ada penelitian yang menyatakan kita tidak harus mendapatkan 10.000 langkah per hari. Alasannya, karena 7.000 langkah per hari saja sudah terhitung sudah cukup. Mengapa bisa begitu?

Berdasarkan Penelitian Terbaru

Dikutip dari Inc.com, sebuah penelitian yang diterbitkan oleh JAMA Network Open mendapatkan fakta menarik yang membantah slogan iklan tersebut. Gilanya, penelitian yang dijalankan dengan sampel 2.110 orang dewasa tersebut dilakukan selama 11 tahun! Mereka diminta untuk mendapatkan 10.000 langkah per hari dari tahun ke tahun dengan hasil yang mengejutkan.

Dari beberapa hasil yang didapatkan, sebenarnya kita hanya perlu memakai logika saja untuk mencernanya. Seperti, dengan mendapatkan 5.000 langkah per hari, maka lebih baik daripada 4.000 langkah. Lalu dengan mendapatkan 6.000 langkah per hari, maka akan lebih sehat daripada 5.000 langkah, dan seterusnya. Tapi saat berbicara mengenai 10.000 langkah per hari, ternyata tidak ada faktor kesehatan yang signifikan. Ya, mungkin jadi lebih lama untuk menggerakkan tubuh sebagai bagian dari aktivitas olahraga juga, tapi kalau disambungkan kepada kesehatan, malah biasa saja.

Ternyata dari sekian banyak angka yang didapatkan beserta efeknya, 7.000 langkah per hari menjadi poin yang paling tepat. Alasannya, karena dapat menurunkan risiko kematian dini hingga 50 sampai 70%. Inti dari penelitian ini akhirnya mendapatkan kesimpulan bahwa kita tidak perlu mencapai 10.000 langkah per hari untuk merasa bahwa diri sendiri menjadi lebih sehat. 7.000 langkah per hari pun sudah cukup untuk mendapatkan dampak positifnya.

Jadi, sekarang bagaimana? Kamu mau tetap mencapai 10.000 langkah per hari atau 7.000 langkah saja? Pada akhirnya semua tergantung kamu sendiri. Tapi, apapun pilihan kamu, jangan lupa untuk rutin berolahraga demi mendapatkan berbagai manfaat, seperti membuat fisik lebih sehat, pikiran lebih jernih, dan merasakan fungsi hormon serotonin yang bisa meningkatkan suasana hati lebih baik sehingga jadi merasa bahagia.

[Gambas:Audio CXO]

(tim/alm)

Author

Timotius P

NEW RELEASE
CXO SPECIALS