Insight | Science

Mengapa Anjing Sering Menghela Napas?

Senin, 21 Feb 2022 10:01 WIB
Mengapa Anjing Sering Menghela Napas?
Jakarta -

Menghembuskan napas panjang biasanya terjadi saat kita sedang merasa lelah atau dalam keadaan tertekan, maupun saat kita dihadapkan dengan peristiwa yang menguji kesabaran. Terkadang, secara tidak sadar, kita menghela napas sebagai pengekspresian rasa kesal ataupun lelah. Namun, selain manusia, anjing juga ditemukan sering menghela napas. Hal ini mungkin tidak terdengar asing lagi bagi kamu, para pemilik anjing. You may encounter the time where you hear a sigh from your beloved ball of fur, but why does that occur-when you already provided so much love and affection towards them? Could they feel overwhelmed, or perhaps is it a sign of stress?

.Ilustrasi anjing menghela napas/ Foto: Samson Katt/Pexels

Biasanya, studi mengenai perilaku dan perasaan anjing dilihat dari bahasa tubuhnya. Namun, anjing juga sering mencoba untuk berkomunikasi berdasarkan suara yang mereka keluarkan seperti menggonggong, meraung, menggeram, dan lainnya. Saat anjing menghela napas, hal ini dapat berarti dua hal; kesenangan atau kekecewaan, tergantung dengan intonasi yang dikeluarkan.

Jika helaan napas anjing pada ujungnya terdengar dalam nada yang lebih tinggi, maka anjing berusaha mengkomunikasikan keresahan atau sebuah frustrasi. Jika nada dari helaan napas anjing turun di ujungnya, ataupun tidak berubah, maka anjing itu berusaha mengkomunikasikan kegembiraan. Umumnya, suatu hela napas anjing yang mengekspresikan kebahagiaan dapat didengar saat mereka sedang berbaring. Hal ini dapat terjadi ketika mereka sedang tidur, ataupun sehabis bermain dengan pemiliknya.

Anjing yang merasakan kegembiraan dalam hela napasnya biasanya menunjukkan raut wajah yang 'lembut', dengan mata yang relatif setengah tertutup. Kebalikannya, jika anjing menghela napas dengan mata terbuka, maka mereka menghela napas untuk mengekspresikan kekecewaan. Hal ini mungkin dapat terjadi saat mereka masih ingin bermain dengan pemiliknya-seperti sedang mengutarakan, "Kenapa berhenti bermain?"

.Ilustrasi anjing/ Foto: Helena Lopez/Pexels

Helaan napas anjing bukanlah sesuatu hal yang perlu dikhawatirkan, kecuali jika helaan napas diikuti dengan geraman atau desahan karena hal tersebut dapat berarti bahwa anjing sedang mengalami kesakitan atau ketidaknyamanan. Misalnya, jika helaan napas diikuti dengan batuk dan siulan tipis, maka dapat berarti adanya permasalahan dalam sistem pernapasan.

Anjing yang sering menghela napas dan diikuti oleh vokalisasi lain dapat mengalami masalah kesehatan pada perut hingga radang sendi. Jika hal ini terjadi, maka anjing kamu sedang memberi tahu bahwa inilah saatnya pergi ke dokter hewan. Maupun karena rasa gembira, sedih, kecewa, ataupun sakit, helaan napas anjing dapat diinterpretasikan lebih dalam dengan melihat bahasa tubuh dan situasi atau lingkungan yang sedang mengelilinginya.

[Gambas:Audio CXO]

(HAI/MEL)

Author

Hani Indita

NEW RELEASE
CXO SPECIALS