Inspire | Love & Relationship

Philophobia, Kala Jatuh Cinta Terasa Begitu Menakutkan

Sabtu, 02 Jul 2022 18:00 WIB
Philophobia, Kala Jatuh Cinta Terasa Begitu Menakutkan
Jakarta -

Cinta bisa menjadi salah satu cerita dalam hidup yang paling indah dan menakjubkan, tetapi juga bisa menakutkan. Sementara beberapa kekhawatiran adalah hal yang normal, beberapa orang menganggap cinta adalah hal yang menakutkan. Orang yang memiliki rasa takut akan cinta biasa juga dikenal dengan philophobia. Ketakutan ini begitu kuat sehingga mereka merasa sulit, terkadang tidak mungkin, untuk membentuk dan mempertahankan hubungan cinta. Kata philophobia berasa dari kata Yunani "Philos" yang berarti mencintai atau dicintai sedangkan "Phobos" (fobia) adalah kata Yunani untuk rasa takut.

Philophobia adalah ketakutan luar biasa untuk jatuh cinta. Ketakutan ini begitu kuat sehingga mengganggu kehidupan sehari-hari. Gejala dapat bervariasi dari orang ke orang. Gejala ini dapat mencakup reaksi emosional dan fisik ketika memikirkan untuk jatuh cinta. Sulit untuk mengetahui secara pasti berapa banyak orang yang memiliki fobia spesifik, seperti philophobia. Banyak orang mungkin menyimpan ketakutan ini untuk diri mereka sendiri atau mungkin tidak menyadari bahwa mereka memilikinya.

.Ilustrasi takut jatuh cinta/ Foto: Freepik

Penyebab philophobia

Takut jatuh cinta memiliki banyak potensi penyebab, termasuk:

Pengalaman masa lalu
Hubungan masa lalu yang traumatis dapat berkontribusi pada perkembangan rasa takut jatuh cinta. Perselingkuhan, pengkhianatan, atau patah hati dapat menyebabkan seseorang menghindari hubungan romantis.

Pengalaman budaya
Di beberapa budaya, ada lebih banyak tekanan untuk menikah di usia muda dalam keadaan tertentu. Jika seseorang tidak ingin memiliki pengalaman tradisional ini, maka ia dapat mengalami philophobia.

Takut akan penolakan
Studi menunjukkan bahwa penolakan dapat memiliki hasil yang serupa di tubuh dengan rasa sakit fisik. Kebanyakan orang dapat mengatasi penolakan, tetapi jika seseorang telah mengalami beberapa penolakan yang menyakitkan, maka hal ini berpotensi menyebabkan seseorang untuk mengalami philophobia.

.Ilustrasi philophobia/ Foto: Freepik

Gejala philophobia

Orang yang takut akan cinta mungkin bereaksi dengan cara yang berbeda. Berikut ini adalah beberapa tanda-tanda bahwa seseorang memiliki fobia akan cinta.

  1. Tidak dapat memiliki hubungan romansa.
  2. Mengalami kecemasan ekstrem saat menjalin hubungan dan terus-menerus khawatir tentang berakhirnya hubungan.
  3. Merasa takut pada pasangan.
  4. Mendorong orang untuk menjauh atau mengakhiri hubungan secara tiba-tiba.

Tidak hanya itu, philophobia juga dapat menimbulkan gejala fisik yang meliputi:

  • Pusing
  • Mulut kering
  • Perasaan takut atau teror yang ekstrem
  • Mual, muntah, atau diare
  • Berkeringat banyak
  • Napas dan detak jantung cepat
  • Gemetar
  • Sesak napas

Kebanyakan orang pasti mengalami ketakutan atau penolakan terhadap perasaan cinta.. Namun, itu bisa menjadi masalah jika philophobia menyebabkan seseorang tertekan secara signifikan. Jika itu yang terjadi pada kamu, maka kamu mungkin membutuhkan bantuan terapi atau konseling. Kamu dapat bertemu dengan profesional kesehatan mental. Mereka mungkin membahas hubungan masa lalu untuk mengidentifikasi apa yang menyebabkan ketakutan untuk jatuh cinta.

[Gambas:Audio CXO]

(DIP/MEL)