Interest | Home

Nasi Goreng Jadi Salah Satunya, Ini Daftar 20 Sajian Nasi Terenak di Dunia

Selasa, 09 May 2023 18:00 WIB
Nasi Goreng Jadi Salah Satunya, Ini Daftar 20 Sajian Nasi Terenak di Dunia
Jakarta -

Indonesia sedikit demi sedikit telah dikenal dan diakui oleh dunia sebagai penyaji berbagai makanan enak di dunia. Sebut saja rendang yang dinobatkan sebagai makanan terlezat di dunia versi CNN beberapa tahun lalu.

Kini, salah satu makanan Indonesia lainnya masuk daftar 20 sajian nasi terenak di dunia versi CNN. Ya, apalagi kalau bukan nasi goreng. Sebagai satu dari negara penghasil dan konsumen beras terbesar di dunia, masyarakat Indonesia cukup kreatif untuk membuat sajian berbahan dasar varietas satu ini.

Bahkan untuk nasi goreng saja, Indonesia punya berbagai macam jenis tergantung daerah masing-masing. Namun sajian nasi goreng yang paling dasar adalah nasi goreng kampung.

Perpaduan rasa manis dan asin, hidangan ini terbuat dari nasi khas Indonesia yang tak terlalu padat dan dibumbui dengan campuran rempah-rempah. Mulai dari terasi, kemiri, cabai, bawang putih, dan lain sebagainya. Namun satu bahan yang tidak boleh ketinggalan untuk melengkapi kelezatannya adalah kecap manis.

Menu-menu Nasi Terlezat di Dunia

Tidak hanya nasi goreng saja, melansir CNN Travel ada 19 menu olahan nasi terenak di dunia lainnya yang perlu kamu tahu nih.

  • Jollof - Afrika Barat

Jollof merupakan sajian berbahan nasi yang kerap dinikmati di acara-acara khusus seperti pernikahan, ulang tahun, dan pemakaman di Afrika Barat. Jollof adalah hidangan nasi satu panci yang dibuat dengan menanak nasi bersama dengan bawang, tomat, daging, dan rempah-rempah dalam satu wadah.

  • Zongzi - Tiongkok

Zongzi mengacu pada pangsit beras ketan yang dibungkus daun bambu sebelum dikukus. Biasanya zongzi diisi dengan isian gurih seperti telur bebek atau perut babi. Sedangkan isian manis biasanya dimasukkan pasta kacang merah dan tapioka.

  • Milchreis - Jerman

Milchreis atau nasi susu merupakan sajian nasi yang berbentuk seperti puding nasi krim yang terbuat dari arborio   nasi putih berbentuk sedang atau panjang   dicampur dengan gula, kayu manis, dan ekstrak vanilli. Menu ini bisa dinikmati dalam bentuk hangat atau dingin.

  • Paella - Spanyol

Paella adalah hidangan terkenal dari Valencia, Spanyol. Makanan ini berbahan dasar nasi bomba yang ketika dimasak justru semakin kenyal. Hidangan ini awalnya ditemukan di daerah pedesaan dan memanfaatkan bahan apapun yang tersedia, seperti ayam, kelinci, dan siput dicampur dengan kunyit, minyak zaitun, dan sayuran.

  • Risotto - Italia

Risotto biasanya berbahan dasar nasi arborio yang paling sering digunakan dan menjadi hidangan pembuka. Untuk membuat risotto, pertama-tama kamu harus memanggang nasi, kemudian menambahkan anggur yang dimasak bersama kaldu, ditambah mentega dan keju parut. Tak lupa ditambahkan dengan kacang polong, jamur, asparagus, dan ham.

  • Arancini - Italia

Street food paling terkenal di Sisilia adalah bola nasi yang namanya berasal dari buah jeruk. Arancini pada dasarnya adalah bola nasi isi yang dilapisi tepung roti dan digoreng.

  • Biryani - India

Nasi biryani hampir selalu ada dalam menu untuk acara-acara khusus di India atau negara-negara Asia Selatan lainnya. Biasanya makanan ini dimasak dengan dicampur dengan sayur, daging domba, ayam, dan ikan ditambah dengan rempah-rempah seperti biji adas, bunga pala, kapulagam daun salam, ketumbar, dan bawang putih.

  • Kabuli Pulao - Afganistan

Hidangan paling terkenal di Afganistan Kabuli Pulao adalah makanan khas bergaya pilaf. Biasanya hidangan ini dimasak dengan bumbu, bawang dan bahan lainnya. Kabuli umumnya disajikan bersama daging domba dan campuran rempah seperti kapulaga, cengkeh, kayu manis, dan jinten.

  • Onigiri - Jepang

Bukan cuma sushi, Jepang ternyata punya sajian lain yang tak kalah enaknya yakni onigiri. Camilan kotak bento ini dibentuk segitiga yang dibungkus dengan nori atau rumput laut.

  • Tahdig - Iran

Penggemar nasi renyah pasti suka dengan hidangan khas Persia ini. Tahdig terbuat dari nasi basmati, yoghurt, kunyit, dan kuning telur.

  • Kedgeree - India

Kedgeree konon menjadi salah satu hidangan favorit dari Ratu Victoria yang sudah ada sejak abad ke-14. Namun sejak India dijajah Inggris, makanan ini berinovasi dengan memadukan fillet ikan haddock asap dengan nasi basmati, telur rebus, dan rempah seperti jinten, ketumbar, dan kunyit.

  • Arroz Imperial - Kuba

Arroz Imperial merupakan hidangan khas Kuba yang disajikan pada acara-acara khusus. Hidangan ini dilapisi dengan nasi kuning, ayam suwir, mayones, dan keju. Terkadang dipanggang untuk memberikan efek meleleh.

  • Ayam Pelau dan Kacang Polong - Trinidad dan Tobago

Makanan ini adalah menu nasi yang bisa ditemukan di negara-negara Karibia seperti Pulau Trinidad dan Tobago. Sajian tersebut terbuat dari nasi, kacang polong dan ayam yang dimasak dengan kaldu, santan, dan rempah-rempah.

  • Dirty Rice Louisiana - Amerika Serikat

Hidangan klasik dari daerah Louisiana, Amerika Serikat ini terbuat dari nasi dengan campuran daging babi giling.

  • Wali wa Kukaanga - Kenya

Wali wa kukaanga adalah nama lain dari nasi goreng khas Kenya. Disajikan bersama hidangan daging, ini adalah makanan sederhana yang mudah disiapkan dari bahan-bahan umum dan terdiri dari nasi rebus yang digoreng bersama dalam minyak dengan kunyit dan campuran sayuran cincang yang mungkin termasuk bawang bombay, wortel, kacang polong, dan jagung.

  • Chicken Perloo - Amerika Serikat

Perloo Ayam sebenarnya merupakan hidangan klasik South Carolina Lowcountry yang berasal dari Afrika Barat. Mirip dengan paella dan jollof, hidangan ini terdiri dari protein yang direbus dengan nasi, tomat, bawang merah, bawang putih, seledri, paprika, dan rempah-rempah.

  • Alaisa fa'apopo - Samoa

Kelapa berperan besar dalam masakan Samoa tropis, mulai dari gulungan kelapa dan roti hingga kue kelapa serta hidangan daging dan sayur yang mengandung susu. Jadi tidak mengherankan jika hidangan nasi paling populer di negara pulau Polinesia, alaisa fa'apopo, juga memiliki ikatan dengan kelapa.

Cemilan gurih yang populer, dibuat dari santan dicampur dengan nasi asin yang beruap dan sering disajikan dengan kopi atau secangkir koko Samoa (cokelat panas Samoa).

  • Bibimbab - Korea Selatan

Hidangan Korea yang sangat populer ini yang namanya diterjemahkan menjadi "nasi campur" telah mendapatkan ketenaran di seluruh dunia dan terdiri dari nasi yang disajikan dalam mangkuk dan atasnya dengan susunan daging berwarna-warni yang disiapkan secara individual dan sayuran yang diiris dengan indah.

  • Khao Pad - Thailand

Khao Pad, nasi goreng versi Thailand ini terbuat dari Hom mali--nasi melati Thailand yang dianggap sebagai nasi sampanye-berfungsi sebagai bahan dasar hidangannya. Hidangan ini dilengkapi dengan telur, lada putih, dan daun bawang.

Itulah sajian-sajian yang dinobatkan sebagai menu nasi terenak di dunia. Nah mana nih yang menjadi favoritmu?

[Gambas:Audio CXO]

(DIR/tim)

NEW RELEASE
CXO SPECIALS