Interest | Home

Mengenal Konsep Aparthouse, Hunian Modern Nan Praktis

Sabtu, 10 Sep 2022 12:00 WIB
Mengenal Konsep Aparthouse, Hunian Modern Nan Praktis
Foto: CXO Media
Jakarta -

Dilema yang seringkali dihadapi oleh masyarakat yang tinggal di perkotaan besar seperti Jakarta adalah tentang mencari lokasi rumah yang tepat. Dengan harga tanah dan rumah yang kian melonjak tiap tahunnya ditambah dengan kepadatan kendaraan di jalanan, seringkali menimbulkan dorongan untuk mencari hunian strategis. Bukannya tak ada, namun harga hunian di tengah kota saat ini sudah di atas langit    membuat kita berpikir dua hingga tiga kali untuk memiliki properti di tengah perkotaan.

Untungnya, berbagai jenis hunian baru kini hadir dengan konsep yang menyesuaikan keinginan para milenial dan generasi Z. Salah satunya adalah aparthouse. Sesuai namanya, aparthouse merupakan kata gabungan dari apartment dan house, di mana konsep hunian ini mengkombinasikan rumah tapak dengan nuansa apartemen dan disertai oleh status kepemilikan sertifikat hak milik (SHM).

Konsep hunian aparthouse bukanlah sebuah konsep yang baru dikembangkan akhir-akhir ini. Pada tahun 1870, Amerika Serikat mengalami ledakan penduduk, krisis rumah di perkotaan, dan keterbatasan lahan yang membawa konsep aparthouse sebagai solusi atas permasalahan-permasalahan yang terjadi pada masanya. Sejak saat itu, aparthouse mulai dikenal dan populer untuk menjadi tipe hunian ideal di beberapa wilayah di Amerika.

Aparthouse biasanya terdiri dari 3 hingga 4 lantai yang luasnya mirip dengan apartemen studio. Meski luasnya terbatas, aparthouse dirancang dengan memaksimalkan pemanfaatan ruang dan lahan yang ada dengan mengusung konsep split level, atau tiap lantai yang saling tergantung satu sama lain. Kelebihan aparthouse paling signifikan adalah tentang status kepemilikan huniannya. Apartemen memiliki status kepemilikan Sertifikat Hak Guna Bangunan (SHGM), sementara status kepemilikan hunian aparthouse tidak lagi strata title, tetapi sudah beralih ke Sertifikat Hak Milik (SHM). Dalam artian lain, aparthouse membuat penghuninya memiliki sertifikat kepemilikan pribadi    cocok bagi para pencari properti yang menginginkan rumah tapak dengan harga yang lebih masuk akal.

Secara desain, aparthouse rata-rata memiliki desain yang modern simpel yang sesuai dengan tren hunian masa kini. Selain itu, aparthouse juga dilengkapi dengan fasilitas yang terbilang lengkap layaknya apartemen. Tak heran, bila tipe hunian satu ini kerap disebut sebagai hunian ideal bagi kaum pekerja, pasangan muda atau generasi sekarang yang cenderung lebih memilih untuk menempati hunian yang praktis.

Tak hanya desain, harga aparthouse juga cenderung lebih murah ketimbang harga apartemen atau rumah sekarang. Sehingga, kehadiran aparthouse menjawab kegelisahan para pencari properti rumah tapak dengan budget yang terjangkau. Would you choose an aparthouse for your future home?

[Gambas:Audio CXO]

(HAI/DIR)

Author

Hani Indita