Insight | General Knowledge

Jakarta International Velodrome: Dari Balap Sepeda Sampai Konser-konser Megah

Sabtu, 09 Dec 2023 15:00 WIB
Jakarta International Velodrome: Dari Balap Sepeda Sampai Konser-konser Megah
Jakarta -

Usai dihinggapi badai pandemi (COVID-19), tahun 2023 menjadi momen yang sibuk dan penuh keseruan, karena dihiasi sederet penyelenggaraan event besar. Kota Jakarta sendiri kerap dipilih menjadi tempat terlaksananya serangkaian acara, lantaran memiliki berbagai venue multifungsi di setiap sudut kota. Salah satunya, adalah Jakarta International Velodrome, yang terletak di kawasan Rawamangun, Jakarta Timur.

Sejak dipugar untuk menghelat ajang balap sepeda pada hajat Asian Games 2018 lalu, kebergunaan Jakarta International Velodrome (JIV) lantas naik bertahap ke level selanjutnya, karena telah ditetapkan sebagai salah satu tempat wisata urban di bagian Timur kota Jakarta.

Bangunan yang berdiri kokoh di lahan seluas 52,000 m2 juga terbukti mampu dimanfaatkan sebagai venue andalan untuk bermacam jenis acara akbar, di samping terus konsisten menjadi wadah berolahraga untuk masyarakat sekitar.

Sepanjang tahun ini saja, JIV juga telah sukses menjadi rumah bagi event berskala lokal hingga internasional. Dan, bukan hanya menggelar ajang balap sepeda top dunia, namun juga sederet konser, hingga acara temu sapa artis dunia.

Berikut adalah beberapa event akbar yang telah sukses terselenggara di JIV sepanjang tahun 2023!

1. Jakarta UCI Track Nations Cup 2023

Awal tahun 2023 di JIV dibuka dengan event balap sepeda berkaliber dunia, UCI Track Nations Cup 2023. Berlangsung pada 23 hingga 26 Februari silam, agenda balap sepeda resmi dunia yang berlangsung sukses di JIV ini juga seperti tengah merayakan usia ke-50 JIV-yang dibangun 1973-sekaligus menjadi titik balik pertama di dunia balap sepeda menuju olimpiade 2024 mendatang. 

[Gambas:Instagram]

2. Puncak Peringatan Hari Olahraga Nasional 2023

Kapabilitas JIV sebagai venue olahraga dalam ruang memang tidak bisa diragukan. Namun demikian, bangunan seluas 16,000 m2 tersebut ternyata juga mampu menghelat acara besar non-olahraga di dalamnya, seperti pada momen Puncak Peringatan Hari Olahraga Nasional, tanggal 9 September lalu. Menghelat konferensi nasional hingga hiburan papan atas sekaligus, JIV berhasil menunjukan daya kemultigunaannya dengan sangat baik.

[Gambas:Instagram]

3. Grand Final FFML Season 8

Sebagai salah satu gedung olahraga-multiguna di Ibukota, JIV juga terbukti mendukung berbagai perhelatan positif kaum muda. Dengan kapasitas indoor hingga 7000 orang, dan didukung integrasi transportasi seperti LRT, TransJakarta, dan KRL, JIV sukses menjadi venue grand final e-sport Free Fire Season 8 pada tanggal 8 Oktober 2023 kemarin.

[Gambas:Instagram]

4. ALLO BANK HANGOUT: Untung Bareng BAEKHYUN

Layanan perbankan dalam negeri, Allo Bank, resmi mendatangkan salah satu personel EXO (boy grup asal Korea Selatan), Baekhyun EXO, di acara Allo Bank Hangout. Terselenggara di JIV pada 4 November 2023 lalu, temu-sapa antara idol dan para penggemar setianya itu berlangsung dengan menakjubkan dan full-house!

[Gambas:Instagram]

5. Hindia Gelar Konser "Malaikat Berputar di Langit Jakarta"

Musisi Baskara Putra, atau lebih dikenal dengan moniker Hindia, memungkaskan rangkaian tur Lagipula Hidup Akan Berakhir melalui pertunjukan Malaikat Berputar di Langit Jakarta, pada 30 September 2023 lalu, di JIV. Konser solo Hindia ini merupakan sebuah pertunjukan tematik, di mana segenap area JIV disulap sebagaimana tema acara demi memberi pengalaman menonton yang penuh bagi setiap penonton.

[Gambas:Instagram]

Itulah beberapa rangkaian acara besar yang terselenggara di Jakarta International Velodrome. Selain berhasil menghelat berbagai event popular seperti yang telah disebutkan di atas, JIV juga konsisten menjadi venue penyelenggaraan acara keagamaan, maupun agenda olahraga rutin masyarakat urban. Informasi selengkapnya mengenai Jakarta International Velodrome dapat diakses melalui Instagram resmi @jakartainternationalvelodrome.

(cxo/alm)

NEW RELEASE
CXO SPECIALS