Insight | General Knowledge

Bali Siap Menjadi Tuan Rumah SPORTEL Rendez-vous Asia 2023

Selasa, 31 Jan 2023 18:00 WIB
Bali Siap Menjadi Tuan Rumah SPORTEL Rendez-vous Asia 2023
Foto: SPORTEL
Jakarta -

Setelah empat tahun absen dari pasar Asia, pameran dan pertemuan industri olahraga terbesar di dunia, SPORTEL Rendez-vous akan digelar untuk pertama kalinya di Bali, Indonesia, pada tanggal 23 dan 24 Februari 2023 mendatang.

Selain menjadi international sports market & summit, penyelenggaraan SPORTEL yang bertempat di Grand Hyatt, Nusa Dua akan langsung mempertemukan para pemimpin bisnis penyiaran dengan para pemimpin bisnis olahraga utama di kawasan Asia-Pacific (APAC).

Indonesia sendiri dipercaya sebagai tuan rumah SPORTEL karena memiliki lokasi yang strategis dan berprospek bisnis menjanjikan. Seperti halnya, memiliki populasi terbesar keempat di dunia; menunjukan pertumbuhan ekonomi yang pesat; serta mempunyai minat yang tinggi terhadap olahraga dan teknologi.

Peter F. Gontha selaku Direktur Utama PT Indonusa Telemedia yang ditunjuk sebagai mitra International SPORTEL Monaco mengatakan, "SPORTEL yang berkedudukan di Monaco memilih Bali, Indonesia, sebagai tuan rumah SPORTEL Asia."

"Kami berharap pergelaran event SPORTEL Bali ini dapat mendatangkan banyak pengusaha penyiaran dan penyelenggara olahraga dari Indonesia maupun luar negeri," kata Peter, di acara konferensi pers SPORTEL, Jumat (27/01) lalu.

Merujuk data yang ada, pasar APAC memang tengah berkembang pesat dengan total pendapatan OTT sebesar US$ 49,2 Miliar pada tahun 2022 dan pendapatan media olahraganya diprediksi akan terus tumbuh sebesar 6% dalam kurun waktu 5 tahun ke depan.

Sementara lain, perhelatan SPORTEL di Bali nanti akan berupaya keras untuk memenuhi kebutuhan para klien, dengan mempersiapkan rangkaian program spesial, guna meningkatkan visibilitas dari banyaknya pilihan pameran dan sponsor yang akan menghadiri acara.

Pasarnya Para Pemain Besar
Satu bulan sebelum acara berlangsung, SPORTEL Rendez-vous Bali telah memastikan kalau, para decision maker, pemegang hak siar hingga pemain baru dalam industri olahraga dan kreatif dari Asia dan Oceania akan menghadiri rangkaian acara.

Nama-nama seperti Asia-Pacific Broadcasting Union, CAA eleven, CJ ENM, Cubmu, Culver Max Entertainment, EMTEK, Enveu, Football Marketing Asia, Fox Sports, Ideal Systems, IEG, IMG, Infront Pan-Asia, MNC, Paramount, Sport Five Asia, Stan, Vietcontent, Vidio, TransTV, dan masih banyak lainnya telah mengkonfirmasi keikutsertaan di SPORTEL Rendez-vous Bali, bulan Februari mendatang.

Selain itu, berbagai perusahaan besar asal Eropa dan Amerika juga akan hadir di acara ini, guna mengembangkan peluang bisnis baru, jaringan dan membuat kesepakatan. Sebut saja perwakilan franchise olahraga populer seperti Bundesliga, Dorna Sports, FIFA, Formula E, Komite Olimpiade Internasional, La Liga, Seri A, hingga NBA akan hadir di Bali.

Paduan Pasar, Produsen, dan Perkembangan Industri OIahraga Asia-Pasifik
Terakhir kali SPORTEL terlaksana di Asia adalah tahun 2019 lalu di Makau. Untuk itu, demi memfasilitasi kebutuhan para pengunjung SPORTEL yang terus berkembang, pihak penyelenggara telah menyiapkan program KTT konferensi khusus mengenai wawasan terbaru media olahraga, yang dipimpin oleh pengambil keputusan yang berpengaruh dan "innovative disruptors".

Topik yang dibahas akan berupa "Gambaran Besar — Asia", di mana terdiri dari pembahasan terkait properti sepak bola internasional, olahraga motor, perubahan budaya dan keragaman, serta tren terbaru dalam teknologi olahraga untuk OTT, streaming, saluran FAST, cloud, AI, NDI, esports seluler, hingga sesi "pitch" yang inovatif.

"Saya selalu menikmati momen saat menghadiri acara SPORTEL karena hanya di sini satu-satunya tempat di mana perusahaan teknologi, penyiaran, dan federasi olahraga dapat berkumpul bersama. Hal ini bukan hanya sebagai tempat untuk mencari pelanggan tetapi juga tempat terbaik untuk memahami tentang teknologi di masa depan," ujar Meghna Krishna, CRO dari Magnifi.

Merujuk pada rilis pers, SPORTEL Bali 2023 akan dihadiri oleh sekitar 54% peserta dari wilayah Asia, 37% pembeli konten, dan 30% lainnya adalah pendatang baru. Sementara lain, di luar memasarkan konten olahraga & mewadahi konferensi media olahraga tinggi di Asia Pasifik, SPORTEL Rendez-vous Bali turut menghelat side-event khusus, untuk mengembangkan kesempatan bisnis baru dan juga memperluas pengalaman SPORTEL Bali seperti turnamen Golf dan Voli Pantai.

Informasi terbaru dan terlengkap mengenai SPORTEL Rendez-vous Bali 2023 bisa diakses melalui https://www.sportelasia.com/.

(RIA/tim)

NEW RELEASE
CXO SPECIALS