Insight | General Knowledge

Indonesia Dalam 2022: Oktober - Desember

Kamis, 29 Dec 2022 16:28 WIB
Indonesia Dalam 2022: Oktober - Desember
Jakarta -

Laporan Indonesia Dalam 2022 diakhiri dengan pembahasan tentang peristiwa penting dan krusial yang terjadi pada bulan Oktober hingga Desember. Tiga bulan terakhir ini sayangnya memiliki berbagai peristiwa memilukan yang sangat berdampak terhadap harkat hidup masyarakat luas. Selain itu, tetap ada "pesta kecil" yang terjadi di Indonesia dan di belahan dunia lainnya, yaitu Qatar. Jadi apa saja peristiwa yang akan dibahas pada laporan penutup Indonesia Dalam 2022 dari tim editorial CXO Media?

Oktober 2022: Tragedi Kanjuruhan dan Kembalinya Festival Musik

Oktober 2022 menjadi pusat dari berbagai tragedi yang memakan korban ratusan jiwa di berbagai negara. Pertama, pertandingan Arema vs Persebaya yang disebut Derby Jatim malah menelan 100 lebih korban jiwa dan ratusan korban luka-luka akibat rentetan masalah yang memberikan efek domino besar. Gas air mata, ramainya penonton, hingga tidak adanya pergerakan cepat dari tim penyelamat membuat Tragedi Kanjuruhan menjadi tinta hitam paling fresh dari sepak bola Indonesia.

Berpindah dari Tragedi Kanjuruhan, para pecinta musik di tanah air dapat kembali menikmati berbagai festival musik yang hadir pada bulan ini. Salah satunya adalah Synchronize Fest yang hadir selama tiga hari penuh dengan barisan penampil yang keren. Profesionalitas panitia Synchronize Fest menjadi poin penting di tengah bangkitnya festival musik di Indonesia.

November 2022: Gempa Cianjur, Piala Dunia 2022, dan G20 Bali

Bencana alam mewarnai bulan November 2022 saat gempa 5,6 SR menghajar Cianjur hingga menimbulkan lebih dari 300 lebih korban meninggal dan ratusan lainnya luka-luka. Para warga yang terdampak pun harus mengungsi hingga saat ini dengan kondisi seadanya sambil menunggu bantuan datang.

Di sisi lain, Piala Dunia 2022 yang sudah ditunggu-tunggu pun akhirnya bergulir pada November 2022. Masyarakat Indonesia dan dunia disajikan pertandingan seru tiap malam dengan kemunculan beberapa tim kuda hitam, seperti Maroko, Korea Selatan, dan Jepang. Bahkan sejak awal, Piala Dunia 2022 selalu menghadirkan kejutan yang belum pernah kita bayangkan sebelumnya.

Pertemuan G20 di Bali juga sempat menjadi pembicaraan nasional dan internasional. Para pemimpin negara yang tergabung di G20 hadir di Pulau Dewata dengan berbagai agenda penting. Aktivitas seru lainnya di luar pertemuan ini pun juga menjadi banyak pembicaraan.

Desember 2022: Messi Terbaik Sepanjang Masa, Pernikahan Kaesang, dan Liga 1 Bergulir Lagi

Bergulirnya Piala Dunia 2022 hingga pertengahan Desember menghadirkan pertandingan yang sangat seru, khususnya partai final antara Argentina vs Prancis yang harus kita tonton sambil begadang. Pada akhirnya, Lionel Messi dkk berhasil meraih trofi Jules Rimet yang bersejarah ini, sekaligus membuat status Messi sebagai GOAT tidak lagi terbantahkan.

Di Indonesia, juga ada berita mengejutkan saat Liga 1 kembali bergulir, padahal duka atas Tragedi Kanjuruhan masih membekas dengan kelanjutan investigasi yang tidak tahu kapan akan selesai. Di luar atas nama kemanusiaan, bergulir Liga 1 juga masih diwarnai aksi tidak profesional dari para pemain, serta kepemimpinan wasit yang masih sama saja seperti dahulu, alias tidak jelas.

Putra mahkota dari Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana, Kaesang Pangarep, akhirnya melepas masa lajang dengan menikahi sosok wanita bernama Erina Gudono pada 10 Desember dengan pesta di Pendopo Agung Royal Ambarrukmo, Yogyakarta. Tentu saja banyak stasiun TV nasional yang menyiarkan pernikahan ini secara live.

Dari seluruh peristiwa yang terjadi pada bulan Oktober hingga Desember, mana yang paling membekas di ingatan kamu? Demikian laporan khusus Indonesia Dalam 2022 yang telah dirangkum tim editorial CXO Media sebagai catatan penutup di tahun ini. Kalian juga bisa membaca laporan lainnya dari bulan Januari-Maret, April-Juni, dan Juli-September sekarang juga.

[Gambas:Audio CXO]

(DIR)

NEW RELEASE
CXO SPECIALS