Insight | General Knowledge

Indonesia dalam 2022: April - Juni

Selasa, 27 Dec 2022 12:00 WIB
Indonesia dalam 2022: April - Juni
Jakarta -

Tak terasa tahun 2022 kini tinggal menghitung hari. Banyak hal terjadi di sepanjang tahun ini yang mungkin membuat kita menggelengkan kepala, mengernyitkan alis, hingga membuat kita bangga sebagai warga negara Indonesia.

Di akhir tahun ini, kami tim editorial CXO Media mencoba merangkum berbagai peristiwa dari April hingga Juni 2022 lewat Indonesia dalam 2022. Berikut ulasannya yang mungkin bisa menjadi pengingatmu di akhir 2022 ini.

April 2022: Demo Mahasiswa Menentang, KKN di Desa Penari Tayang

Memasuki April 2022, kita disambut dengan pemberitaan aksi demo mahasiswa di beberapa wilayah di Indonesia pada (11/4). Para mahasiswa menentang adanya perpanjangan masa jabatan presiden dan penolakan penundaan pemilu. Demo yang awalnya berjalan damai, berakhir ricuh. Bahkan, Ade Armando   dosen Universitas Indonesia sekaligus aktivis   turut menjadi korban kekerasan oleh sejumlah oknum.

Selain itu, tingginya harga minyak goreng di awal tahun, menjadi cikal bakal terungkapnya kasus dugaan tindak pidana korupsi. Pada 19 April 2022, Kejaksaan Agung (Kejagung) menetapkan Dirjen Perdagangan Luar Negeri Kemendag, Indrasari Wisnu Wardhana, Master Parulian Tumanggor (MPT) selaku Komisaris PT Wilmar Nabati Indonesia, Stanley MA (SMA) selaku Senior Manager Corporate Affair Permata Hijau Grup (PHG), dan Picare Togare Sitanggang (PT) selaku General Manager di Bagian General Affair PT Musim Mas menjadi tersangka kasus dugaan korupsi pemberian fasilitas ekspor crude palm oil (CPO).

Menuju akhir bulan April 2022, film horor besutan Awi Suryadi, KKN di Desa Penari mulai tayang (30/11). Film yang diadaptasi dari thread horor di Twitter ini menceritakan tentang sekelompok mahasiswa yang melakukan KKN di sebuah desa terpencil, di mana mereka mengalami kejadian mistis yang membuat beberapa di antaranya terjebak di sana. Film ini pun dinobatkan sebagai film horor terlaris sepanjang masa di Indonesia.

Mei 2022: Hepatitis Akut Misterius, Akhir Perjalanan Emmeril Kahn Mumtadz

Di awal Mei 2022, Indonesia dihadapkan dengan virus hepatitis akut misterius yang menyerang anak-anak. Hepatitis ini memiliki gejala seperti urine berwarna gelap, feses berwarna pucat, kulit menguning, dan demam tinggi. Akibat hepatitis tersebut, setidaknya ada 6 anak meninggal dalam kurun waktu satu bulan saja.

Selain itu, kabar gembira datang dari timnas basket Indonesia pada bulan ini. Timnas basket putra Indonesia berhasil menyabet emas di perhelatan SEA Games Vietnam. Mereka berhasil mengalahkan Filipina dengan skor 85-81. Capaian ini menjadi tonggak sejarah setelah puasa medali selama 45 tahun.

Tak hanya itu, bulan Mei 2022 menjadi awal dibukanya festival-festival musik di Indonesia setelah sebelumnya dibatasi oleh pemerintah akibat COVID-19. Allo Bank Festival yang dihelat 20-22 Mei 2022, sukses menjadi pembukanya dengan menampilkan berbagai musisi dari Indonesia hingga Korea Selatan.

Sayangnya, akhir bulan ditutup oleh kabar duka dari Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil. Anak sulungnya, Emmeril Kahn Mumtadz (Eril) dinyatakan hilang di Swiss karena hanyut setelah menyelamatkan adik dan temannya yang nyaris ikut terbawa arus. Berbagai media massa hingga media sosial menaikkan tagar Eril sebagai simpati atas hilangnya Eril. Bahkan warga Swiss pun ikut berpartisipasi untuk mencari tubuh Eril yang hanyut di sungai Aare.

Juni 2022: Greysia Polii Berhenti, Kontroversi Holywings Ngeri

Kabar mengagetkan dari dunia bulutangkis hadir di awal Juni 2022, ketika atlet kebanggaan Indonesia Greysia Polii mengumumkan pensiun. Tanggal 12 Juni 2022 menjadi hari yang dipilih Greysia untuk berpamitan secara langsung di hadapan publik. Menekuni badminton selama 30 tahun, Greysia telah menorehkan berbagai prestasi, yang terakhir adalah raihan emas Olimpiade 2020 bersama partnernya, Apriyani.

Lalu di pertengahan Juni, Indonesia kembali harus menerapkan PPKM akibat tingginya angka kasus COVID-19. Menurut laporan dari Satgas COVID-19 nasional, setidaknya lebih dari 1000 kasus dalam sehari akibat varian baru dari Omricron yang dinilai lebih cepat menular seperti flu. Di tengah tingginya angka COVID, Presiden Jokowi pun mengumumkan reshuffle kabinet.

Juni 2022 pun ditutup dengan kontroversi Holywings yang memasang iklan bahwa orang yang bernama Muhammad dan Maria bisa mendapatkan minuman keras gratis. Akibat kontroversi tersebut, beberapa pegawai Holywings dijerat oleh pasal penistaan agama dan diancam hukuman penjara.

Itulah beberapa peristiwa yang terjadi antara April hingga Juni 2022. Meskipun beberapa kabar di antaranya adalah berita kurang baik dari dalam negeri, namun di antara berita-berita tersebut ada rasa bahagia bahwa kita melewati tiga bulan tersebut dengan baik.

[Gambas:Audio CXO]

(DIR/alm)

NEW RELEASE
CXO SPECIALS