Insight | General Knowledge

Indonesia dalam 2022: Juli - September

Rabu, 28 Dec 2022 18:35 WIB
Indonesia dalam 2022: Juli - September
Jakarta -

Bulan ke-12 di tahun 2022 akan segera menemui akhir. Artinya, tahun yang menjadi peralihan dari masa pandemi ke era new normal ini akan usai dalam hitungan hari saja. Untuk itu, kita harus bergegas menyongsong hari depan yang lebih cerah, lengkap dengan seutas resolusi terbaru yang wajib direalisasikan di tahun depan.

Namun, sebelum mengganti kalender di dinding dengan tanggalan yang terbaru, mari menengok sedikit ke belakang untuk kembali mengingat-ingat segenap momen berkesan, yang terjadi sepanjang tahun—yang terkadang membingungkan ini.

Menyusul edisi Indonesia dalam 2022 di dua kuartal awal (Januari-Maret dan April-Juni), berikut adalah rangkuman Indonesia dalam 2022 bulan Juli, Agustus, dan September, yang telah dikumpulkan oleh Tim CXO Media.

Juli 2022: Dari Polemik RKUHP, Tren Citayam Fashion Week, Indonesia jadi Tuan Rumah FIBA Asia Cup

Awal paruh kedua tahun 2022, dibuka dengan kabar perkembangan Rancangan Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (RKUHP) di Indonesia. Tepatnya pada permulaan bulan Juli lalu, gelombang protes besar-besaran dari berbagai elemen masyarakat tumpah-ruah ke jalan dan di berbagai media sosial, untuk menggugat RKUHP yang dibahas secara diam-diam oleh Pemerintah.

Waktu itu, draf RKUHP yang problematis dipindahtangankan ke DPR per tanggal 4 Juli 2-22, untuk segera disahkan. Pada pangkalnya, permasalahan yang menuai desakan dari masyarakat ini sempat membuat DPR menunda proses pengesahan, sebelum akhirnya RKUHP yang kontroversial tersebut benar-benar disahkan DPR pada muka bulan Desember ini.

Bergeser ke pertengahan bulan, topik yang hangat dibicarakan bergulir di pusat kota Jakarta, yakni ketika kebiasaan mejeng remaja SCBD (Sudirman Citayam Bojonggede Depok) di kawasan Thamrin-Dukuh Atas mencuri perhatian banyak orang, terutama netizen. Fenomena yang dikenal sebagai Citayam Fashion Week ini menaikkan nama Jeje Slebew hingga Bonge, yang dikenal sebagai selebrita Citayam Fashion Week dan banyak disorot oleh media arus utama, sebelum akhirnya mencapai titik terendah di saat beberapa pemilik modal berebut Hak Kekayaan Intelektual soal label Citayam Fashion Week.

Setelah dibuka dengan polemik antara rakyat dengan pemerintah dan fenomena masyarakat akar rumput, bulan Juli 2022 sendiri menciptakan sejarah baru bagi dunia Bola Basket Tanah Air, di mana Indonesia akhirnya berkesempatan untuk menghelat turnamen FIBA Asia Cup, untuk pertama kalinya. Momen ini juga bernilai krusial, mengingat Timnas Basket punya kans lolos ke Piala Dunia FIBA tahun 2023 di Filipina, Jepang, dan Indonesia apabila sukses lolos dari babak grup.

Walau demikian Timnas Bola Basket Indonesia yang telah berjuang sekuat tenaga di FIBA Asia Cup 2022 harus puas dengan kegagalan yang membanggakan. Waktu itu, Andakara Prastawa dkk. gagal lolos dari babak grup karena hanya menempati posisi 2 klasemen lalu kalah dari China di fase play-off, dan dipastikan gagal mencuri satu tempat di Piala Dunia Basket untuk pertama kalinya.

Agustus 2022: Drama Misterius Ferdy Sambo Dimulai, Farel Prayoga Bawa "Ojo Dibandingke" ke Istana

Bulan kedelapan di tahun 2022 tampaknya menjadi puncak gunung es dari sebuah skandal paling menggemparkan sepanjang tahun, yang melibatkan eks Kadiv Propam Polri Irjen Ferdy Sambo, Putri Candrawati (istri Sambo), Brigadir J dan Brigadir E, hingga pencopotan sejumlah anggota kepolisian yang dituding melindungi Sambo atas kejahatan yang ia lakukan.

Problema yang masih berlangsung hingga saat ini tersebut sejatinya dimulai oleh kasus pembunuhan misterius Brigadir J di bulan Juli, namun baru menyeruak ke permukaan per hari Kamis, 4 Agustus 2022. Sejak saat itu, kabut gelap yang menyelimuti satu per satu terbuka; mulai dari keterlibatan Sambo, Putri, Brigadir E dalam penembakan Brigadir J, sampai gurita konsorsium 303 gubahan Sambo yang mencengangkan publik.

Kendati demikian, bulan Agustus yang menjadi momen perayaan Kemerdekaan Republik Indonesia bukan cuma mencuatkan kasus indisipliner dari pejabat kepolisian. Sebab di waktu yang hampir bersamaan dengan viralnya kasus Sambo, seorang bocah 12 tahun bernama Farel Prayoga turut menjadi buah bibir masyarakat Indonesia.

Berkat kepiawaiannya melantunkan lagu "Ojo Dibandingke" ciptaan Abah Lala di yang viral di TikTok, Farel berkesempatan untuk meramaikan Upacara Hari Kemerdekaan Ke-77 Republik Indonesia yang berlangsung di Istana Merdeka. Alhasil, bermodalkan suara emas yang ia miliki, remaja asal Banyuwangi tersebut kian terkenal dan dielu-elukan oleh banyak orang.

September 2022: Harga BBM Resmi Naik, Aksi Bjorka Sang Peretas, Ratu Inggris Meninggal Dunia

Kabar tidak mengenakkan diterima masyarakat Indonesia di awal bulan September 2022. Adalah harga Bahan Bakar Minyak (BBM) yang mengalami kenaikan signifikan. BBM bersubsidi, Pertalite, yang diplot pada awal tahun sebagai pengganti Premium yang dihapuskan, melonjak dari Rp6.800 per liter menjadi Rp10.000.

Selain Pertalite, harga Solar dan Pertamax juga mengalami kenaikan, di mana satu liter solar diplot Rp6.800 per liter dan Pertamax mencapai Rp14.500 per liternya. Kenaikan ini lantas menjadi polemik di masyarakat, mengingat setiap terjadi kenaikan BBM, harga bahan pokok dan tarif-tarif lainnya ikut melambung secara beriringan. Meski demikian, Pemerintah Indonesia telah menyampaikan alasan kepada masyarakat bahwa kenaikan ini diambil untuk mengamankan stabilitas perekonomian dan demi mengakali ketidaktepatgunaaan konsumsi BBM bersubsidi.

Seakan tanpa ada habisnya, polemik antara masyarakat dengan pemerintah juga terus bersambung di bulan September, tepatnya saat seorang peretas bernama Bjorka menggegerkan dunia maya negeri +62. Pada saat itu, sang hacker membeberkan 2 juta data penduduk Indonesia secara bebas di internet dan perlahan-lahan mengolok-olok sistem keamanan siber nasional yang disebutnya sangat rapuh dan mudah dijebol.

Ironisnya, meski aktivitas Bjorka adalah kriminalitas kepada data rakyat, pergerakan sang peretas malah berhasil mendapatkan simpati masyarakat, yang menuding pemerintah sebagai pihak yang wajib bertanggung jawab namun lalai melindungi rakyatnya. Serunya lagi, fenomena tersebut menjadi suatu klimaks, usai kasus kebocoran data masyarakat berangsur-angsur naik ke permukaan sejak awal 2022.

Kabar mencengangkan lain yang turut menghiasi bulan September 2022 adalah berita kematian Ratu Inggris Elizabeth II, yang menghembuskan nafas terakhir pada tanggal 8 September di usianya yang ke-96 tahun.

Sosok yang telah memimpin tanah Britania selama 70 tahun itu meninggal di salah satu istananya, Kastil Balmoral, Ballater, Skotlandia, sekitar pukul 15.10 waktu setempat, lalu memunculkan nama Pangeran Charles sebagai Raja Inggris. Setelah disemayamkan sekitar 11 hari, Ratu Elizabeth II dimakamkan di Kastil Windsor, melalui prosesi pemakaman kerajaan yang disaksikan oleh jutaan pasang mata dari seluruh dunia.

Itulah sederet hal yang paling banyak dibicarakan pada rentang bulan Juli hingga September 2022, yang telah dihimpun Tim CXO Media. Nah, kalau kamu sendiri, momen apa yang menurutmu paling meninggalkan kesan?

[Gambas:Audio CXO]



(RIA/DIR)

NEW RELEASE
CXO SPECIALS