Insight | General Knowledge

Jadwal Event Olahraga Internasional di Indonesia Tahun 2023

Minggu, 18 Dec 2022 15:00 WIB
Jadwal Event Olahraga Internasional di Indonesia Tahun 2023
Jakarta -

Penyelenggaraan event olahraga merupakan salah satu model dari sport tourism yang dapat membawa banyak dampak positif dalam kehidupan berbangsa. Tak heran jika negara-negara di dunia cukup kompetitif dalam menggelar event olahraga besar, karena pada pangkalnya, hal ini dapat meningkatkan daya saing dan iklim olahraga nasional, hingga menaikkan taraf ekonomi negara.

Sebagai negara yang memiliki sumber daya   alam dan manusia   berlimpah, Indonesia pun mulai membuktikan kepada dunia kalau Bumi Pertiwi mampu menjadi rumah yang mapan bagi berbagai event olahraga kelas dunia. Dari beberapa event olahraga besar yang telah dilangsungkan, misalnya, Asian Games 2018 atau FIBA Asian Cup tahun 2022, Indonesia boleh disebut sebagai tuan rumah yang bisa diandalkan karena tidak ada masalah berarti selama event dihelat.

Oleh karena itu, di tahun 2023 mendatang, Indonesia akan kembali sibuk berperan sebagai tuan rumah, bagi sederet ajang olahraga tingkat dunia, yang sekaligus menorehkan pencapaian bersejarah tersendiri bagi Indonesia. Contohnya akan ada Piala Dunia Bola Basket, balap MotoGP di Mandalika, hingga ajang U-20 FIFA World Cup 2023.

Tentunya, penyelenggaraan event-event olahraga tersebut perlu disambut dengan antusias. Sebab selain disuguhkan pertandingan olahraga terbaik di rumah sendiri, masih banyak keuntungan dan pelajaran berharga lain yang bisa kita petik dari berbagai gelaran tersebut. Untuk itu, agar kita tidak melewatkan segala keseruan dari ajang olahraga kelas dunia di Indonesia, Tim CXO Media telah merangkum beberapa event olahraga internasional, yang akan digelar di Indonesia tahun 2023 mendatang!

.Indonesia Masters 2023/ Foto: BWF

Indonesia Masters 2023 (24-29 Jan)

Ajang olahraga besar yang membuka agenda panjang international sport-event di Indonesia adalah Indonesia Masters tahun 2023. Turnamen Super 500 BWF ini akan kembali dimainkan di Jakarta, atau tepatnya di Istora Senayan, sebagaimana pelaksanaan tahun lalu. Di edisi tahun 2023 ini, wakil-wakil Merah Putih diprediksi tampil superior, demi menebus kemarau tahun lalu, di mana hanya ada Fajar/Rian di nomor ganda putra yang berhasil keluar sebagai juara.

WSBK Indonesia (3-5 Mar 2023)

Sedikit melongkap ke bulan Maret, event olahraga besar di Indonesia bersambung ke ajang balap World Superbike tahun 2023, di Sirkuit Mandalika, Lombok. Berbeda dengan musim sebelumnya, di mana balapan digelar menjelang akhir tahun, WSBK Mandalika kali ini malah dihelat di permulaan tahun, tepatnya pada tanggal 3-5 Maret 2023. Balapan ini sendiri menjadi race kedua dari total dua belas race yang diagendakan WSBK di musim balap 2023.

.2023 FIFA U-20 World Cup/ Foto: FIFA

2023 FIFA U-20 WC (20 May-11 June)

Memasuki pertengahan tahun, Indonesia kebagian jatah menghelat sekaligus menyaksikan talenta-talenta muda lapangan hijau dari seluruh dunia, yang akan bersaing di ketatnya Piala Dunia Sepak Bola kelompok usia di bawah 20 tahun, kick-off mulai tanggal 20 Mei sampai 11 Juni 2023 mendatang. Mempertandingkan 24 kontestan, termasuk Indonesia yang menjadi tuan rumah, laga-laga calon bintang sepak bola masa depan ini akan dimainkan di 6 stadion pada 6 kota berbeda, yakni Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta; Stadion Gelora Sriwijaya, Palembang; Stadion Si Jalak Harupat, Jawa Barat; Stadion Manahan, Solo; Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya; dan Stadion Kapten I Wayan Dipta, Bali. Kesempatan ini sendiri menjadi kali kedua Indonesia berpartisipasi di Piala Dunia U-20, setelah pertama tampil tahun 1979 silam di Jepang.

.Jakarta E-Prix/ Foto: FIA Formula E

Jakarta E-Prix (3-5 June)

Ajang balap jet listrik, Jakarta E-Prix kembali menyapa di tahun 2023. Setelah mengalami pasang-surut penyelenggaran di edisi 2022 lalu, Jakarta E-Prix yang kembali digelar di Jakarta International E-Prix Circuit, Ancol, siap menampilkan pesonanya yang utama: balap mobil listrik di sirkuit paling mendukung untuk balapan raya mobil listrik. Rencananya, Jakarta E-Prix akan digelar pada awal bulan Juni 2023, atau tepatnya tanggal 3-5 Juni mendatang.

.Indonesia Open 2023/ Foto: BWF

Indonesia Open 2023 (13-18 June)

Indonesia Open merupakan salah satu Tur Dunia BWF paling bergengsi dan paling ditunggu oleh para penggemar bulu tangkis seantero jagad. Pada tahun 2023 nanti, ajang Indonesia Open akan kembali digelar di Jakarta, pada tanggal 13-18 Juni mendatang. Tak hanya itu, Turnamen Super 1000 ini juga menjadi incaran utama para pemain bintang untuk mendulang poin sebanyak-banyaknya, sambil mengincar total hadiah utama senilai USD 1,250,000.

.2023 World Beach Games/ Foto: ANOC World Beach Games

2023 World Beach Games (6-12 August)

Event besar selanjutnya hadir lewat ANOC World Beach Games 2023, yang akan dilangsungkan di Bali, pada tanggal 5-12 Agustus. Ya, ANOC World Beach Games memang masih asing di telinga, karena memang baru sekali diselenggarakan, yakni tahun 2019 lalu di Qatar. Walaupun seperti itu, kedatangannya di Pulau Dewata tahun 2023 nanti akan tetap meriah dan patut dirayakan. Karena pada dasarnya, turnamen multi-event tersebut merupakan level Olimpiade bagi permainan dan olahraga air atau pantai, seperti halnya; aquathlon, beach handball, beach soccer, surfing, dan lain-lain.
2023 FIBA WC (25 Agt-10 Sept).

.2023 FIBA World Cup/ Foto: FIBA

2023 FIBA WC (25 Agt-10 Sept)

Sejarah tercipta di Bumi Pertiwi. Untuk pertama kalinya sepanjang sejarah, Piala Dunia Basket akan mampir ke tanah air, untuk memainkan pertandingan dua fase grup, di Indonesia Arena, Jakarta. FIBA World Cup 2023 sendiri dihelat Indonesia bersama Filipina dan Jepang, mulai tanggal 25 Agustus sampai 10 September. Walaupun bertindak sebagai tuan rumah FIBA World Cup 2023, Timnas Bola Basket Indonesia sendiri urung tampil karena gagal menunaikan syarat kualifikasi dari FIBA di ajang FIBA Asia Cup tahun 2022 kemarin. Namun demikian, intensitas tinggi para pebasket kelas dunia tetap bisa dinikmati masyarakat, yang paling tidak, bisa menjadi asupan berkualitas tersendiri bagi para pecinta basket nasional.

.MotoGP Mandalika, Indonesia/ Foto: MotoGP

MotoGP Mandalika, Indonesia (14-15 Okt)

Last but not least, adalah penyelenggaraan balap MotoGP kedua di Sirkuit Mandalika, Lombok, yang akan berlangsung pada 14-15 Oktober 2023. Meski timeline penyelenggaraannya sedikit berbeda dengan MotoGP Mandalika tahun lalu-yaitu menjadi race kedua di musim balap tahun 2022   kesuksesan MotoGP Mandalika diharap dapat berulang di tahun ini. Terlebih lagi, MotoGP Mandalika 2023 berada di urutan ke-16 dari 21 race, yang berarti bukan di musim penghujan, dan kemungkinan besar tengah mengalami klimaks antar pemburu gelar juara.

Itulah beberapa event olahraga internasional yang sudah pasti digelar di Indonesia tahun 2023 mendatang. Walau demikian, bukan tidak mungkin ada event akbar lainnya yang akan menyusul, seperti halnya World Surf League yang pernah mampir ke Indonesia tahun lalu.

[Gambas:Audio CXO]

(RIA/alm)

NEW RELEASE
CXO SPECIALS