Insight | General Knowledge

Harga Tiket Formula E Jakarta

Selasa, 17 May 2022 18:00 WIB
Harga Tiket Formula E Jakarta
Jakarta -

Perhelatan balap mobil Formula E Jakarta, akan segera dilangsungkan di Jakarta International E-Prix Circuit (JIEC), Ancol, Jakarta Utara, pada Sabtu, 4 Juni 2022. Berlangsungnya event ini sendiri akan menjadi suatu sejarah membanggakan bagi Indonesia, khususnya Ibukota Jakarta, karena terpilih untuk menggelar balapan mobil yang mengedepankan isu penyelamatan lingkungan.

Dalam menyambutnya, pihak panitia dan penyelenggara Formula E Jakarta juga telah menyiapkan sejumlah pertunjukan kelas dunia di kawasan JIEC, Ancol. Di samping ajang balap Formula E yang dijamin berlangsung seru, sejumlah festival meriah juga akan berlangsung di sana. Mulai dari sajian tenant-tenant F&B kekinian dari pelaku UMKM yang bisa dinikmati, hingga sejumlah panggung megah yang dihiasi pertunjukan musik dari musisi top Indonesia, yang bisa diakses oleh para pemegang tiket Formula E Jakarta.

Harga tiket Formula E Jakarta sendiri dibanderol paling murah sebesar Rp 250 ribu, dan harga termahal mencapai Rp 10 juta   diluar pajak 15 persen. Sementara untuk kuota penonton, panitia dan penyelenggara memastikan kapasitas penonton sebanyak 60.000 orang, yang dibagi menjadi dua bagian. Yakni sebanyak 20.000 penonton di tribun tepi lintasan, sedangkan 40.000 lainnya akan menyaksikan Formula E di kategori festival.

Lebih lanjut lagi, terdapat empat kategori tiket berbeda yang bisa dipilih oleh para penonton Formula E Jakarta, mulai dari kategori Ancol Festival, Circuit Festival, Grand Stand, serta Kelas VIP dan VVIP, dengan dengan kelebihan akses dan fasilitas istimewa tersendiri pada setiap kategorinya.

.Formula E/ Foto: Wikimedia Commons

Tiket Ancol Festival

Harga tiket untuk menyaksikan Formula E pada kategori Ancol Festival, dijual seharga Rp 250 ribu. Pada kategori ini, pemegang tiket dapat menonton balapan Formula E melalui layar lebar yang tersedia di beberapa titik di sekitar Ancol, termasuk yang berada di dalam Dunia Fantasi atau Dufan. Pemegang tiket kategori Ancol Festival juga bebas memasuki objek-objek rekreasi di Ancol, kecuali Faunaland dan Gondola, serta dapat mengunjungi festival F&B dari para pelaku UMKM selama event berlangsung.

Selain itu, penonton Ancol Festival turut bisa menikmati pertunjukan musik dari musisi top Tanah Air di 3 stage berbeda yang berada di sekitar kawasan Ancol. Seperti Electric Stage yang berlokasi di Dufan, yang diisi penampilan dari Qory Gore, Asiasix dan Kojek Rap Betawi. Kemudian ada pula pertunjukan musik dari Wali, No Nation dan Transformer, yang akan mengguncang Vibran Stage di Taman Lumba-lumba. Festival lainnya yang juga bisa dikunjungi para pemegang tiket Ancol Festival adalah panggung musik Sustainable Stage, yang menampilkan Padi, Kotak dan The Couch Club.

Circuit Festival

Kemudian, ada pula kategori tiket Circuit Festival yang dijual seharga Rp 450 ribu. Tiket festival sirkuit ini, memiliki sejumlah benefit lebih, di mana lokasi penonton akan berada di sekitar wilayah Podium Formula E, tepatnya pada sisi sebelah timur sirkuit. Tiket Circuit Festival ini juga sudah termasuk akses hiburan pada kawasan-kawasan Ancol Festival, dan seluruh tempat rekreasi Ancol, kecuali Faunaland dan Gondola. .

Selain itu, pihak panitia juga menambahkan satu pertunjukan musik eksklusif bagi pemegang tiket Circuit Festival, di mana penampilan musisi Tanah Air kenamaan seperti Gigi Band, DJ Putri Una, dan No Weekend, akan menghibur para pengunjung. Tiket ini juga memberikan akses para penonton untuk memasuki Allianz E-Village, serta mendapat fasilitas shuttle bus gratis dari JIEXPO Kemayoran.

.Ilustrasi sirkuit formula E/ Foto: Pixabay

Grand Stand

Selain itu, Formula E Jakarta juga menawarkan tiket kategori Grand Stand, yang dipatok senilai Rp 750 ribu. Pemegang tiket Grand Stand ini, nantinya dapat menyaksikan balapan dari delapan titik tribun yang telah ditentukan di sepanjang sirkuit, ditambah dengan keleluasaan akses menuju hiburan yang disuguhkan di Ancol Festival dan Circuit Festival, plus segala benefit sebagaimana yang didapat dari dua kategori tiket sebelumnya.

VIP dan VVIP

Kategori tiket terakhir yang ditawarkan pada perhelatan Formula E Jakarta nanti, ialah tiket VIP dan tiket VVIP. Tiket VIP Formula E Jakarta, memiliki sejumlah sub-kategori. Yaitu, sub-kategori Ombak Laut Suite seharga Rp 2 juta; sub-kategori Seggara Suite seharga Rp 3 juta; dan sub-kategori Jimbaran Suite yang juga dibanderol senilai Rp 3 juta.

Sementara untuk tiket VVIP, akan ada sub-kategori Jakarta Deluxe Suite seharga Rp 7,5 juta; dan Jakarta Royal Suite, yang dijual dengan harga Rp 10 juta. Setiap sub kategori pada kategori tiket kelas VIP dan VVIP, sudah termasuk bebas akses ke semua fasilitas yang ditawarkan kategori-kategori sebelumnya.

Di samping itu, para pemegang tiket VIP juga bisa menyaksikan aksi penampil musik top Tanah Air. Pada area sub-kategori Ombak Laut Suite misalnya, NU Chapter Band dan DJ Helena, akan unjuk kebolehan di sana. Sedangkan pada area sub-kategori Jimbaran Suite, D'Neighbour dan DJ Freya akan memeriahkan suasana. Dan pada sub-kategori Seggara Suite, Parade dan DJ Kristien akan mengisi acara. Para pemegang tiket kelas VIP juga berhak untuk menikmati suguhan coffee break gratis sebanyak dua kali.

.Ilustrasi tiket / Foto: Pixabay

Beralih ke pemegang tiket VVIP, yakni Jakarta Deluxe Suite, panitia Formula E Jakarta akan menyuguhkan sebuah pertunjukan musik khusus dari deretan bintang Top seperti Payung Teduh, Oslo Ibrahim dan Panji & Friend, yang nantinya akan unjuk gigi di panggung Technology Stage. Lalu, pemegang tiket Jakarta Deluxe Suite juga turut berhak menikmati fasilitas lounge dengan Suite Premium, dengan sajian makanan dan minuman bintang 4 dari Hotel Discovery plus dua kali coffee break, lengkap dengan suguhan sajian prasmanan untuk lunch dan dinner. Kelebihan lain pada sub-kategori ini adalah pemandangan 360 derajat pada seluruh bagian sirkuit, tempat parkir khusus VIP di area Ancol yang dilengkapi fasilitas shuttle antar jemput ke sirkuit.

Sementara pada kategori tiket VVIP Jakarta Royal Suite, keuntungan yang akan didapat para penonton akan semakin lengkap dan mewah. Di mana pada kategori ini, penonton akan menempati sisi dalam sirkuit yang mengarah langsung ke area paddock atau garasi para pembalap, plus akses eksklusif ke Pit Lane Walk. Kemudian, penonton di area Jakarta Royal Suite turut dimanjakan dengan seluruh akses dan benefit dari kategori sebelum-sebelumnya, namun dengan pelayanan yang lebih istimewa, di mana para pemegang tiket VVIP Jakarta Royal Suite disuguhkan makanan dan minuman bintang 5 dari Hotel Borobudur, termasuk 2 kali coffee break dan prasmanan untuk lunch dan dinner. Terakhir, penonton di area Jakarta Royal Suite juga dapat menyaksikan penampilan eksklusif dari D'MASIV, Sistysix dan Rony & Friends, pada Zero Emission Stage.

Seluruh tiket Jakarta E-Prix 2022, telah dijual secara resmi sejak 1 Mei lalu, melalui laman jakartaeprix.goersapp.com.

[Gambas:Audio CXO]

(RIA/DIR)