Insight | General Knowledge

Rekap Babak Semifinal Piala Dunia 2022

Kamis, 15 Dec 2022 18:10 WIB
Rekap Babak Semifinal Piala Dunia 2022
Jakarta -

Final Piala Dunia 2022 sudah di depan mata! Dari empat tim yang tersisa, Argentina dan Prancis dipastikan berseteru di partai final bersejarah. Sementara itu, Kroasia dan Maroko yang kalah dari para finalis, akan menutup perjalanan menakjubkan mereka di laga perebutan tempat ketiga Piala Dunia 2022.

.Bagan Final Piala Dunia 2022/ Foto: CXO Media

Argentina vs Kroasia | 3 - 0 (34' (P) Lionel Messi; 39', 69' J. Martinez)
Prancis vs Maroko | 2 - 0 (5' Theo Hernandez; 79' Randal Kolo Muani)

Messi Antar Argentina ke Final Piala Dunia 2022

Argentina adalah tim andalan pertama yang menelan kekalahan di Qatar. Kala itu, anak asuh Lionel Scaloni takluk dari Arab Saudi 1-2, di laga pembuka Grup B. Namun begitu, Dewi Fortuna berangsur menemani langkah Lionel Messi dan kawan-kawan, hingga akhirnya keluar sebagai negara pertama yang menginjakkan kaki di laga puncak Piala Dunia 2022, atau final Piala Dunia ke-6 bagi Argentina sepanjang sejarah-setara dengan catatan Italia dan Brazil.

Hasil ini dipastikan Argentina usai menumbangkan Kroasia di babak semifinal hari Rabu (14/12) lalu dengan skor 3-0. Tentu, sang mega bintang, Lionel Messi, menjadi aktor utama dan diganjar sebagai man of the match, setelah sukses menyumbang satu gol dari titik putih, dan menciptakan satu assist kepada juniornya, Julian Martinez, yang menorehkan brace ke gawang Kroasia.

[Gambas:Instagram]

3 gol tanpa balas Argentina ke gawang Kroasia bernilai lebih dari cukup untuk membuat Messi tampil di final Piala Dunia kedua sepanjang karirnya. Sang mega bintang memang pantas berada di fase ini. Sebab, jika bukan karena Messi, siapa pula yang mendekatkan mimpi: menyematkan bintang ketiga di jersey Argentina?

Belum henti di situ, Messi juga mencatatkan sederet rekor personal pada laga melawan Kroasia lalu: Mencetak gol perdana di seluruh babak knockout Piala Dunia (16 besar, PF, SF); menjadi pemain dengan caps Piala dunia paling banyak (25), setara dengan legenda Jerman, Lothar Matthaus; hingga melewati rekor Gabriel Batistuta (10 gol) sebagai pencetak gol terbanyak Argentina di Piala Dunia dengan 11 gol.

[Gambas:Instagram]

Prancis Siap Juara (Lagi)

Meski tidak diperkuat sejumlah bintang seperti, Pogba, Kante, Nkuku, Benzema, hingga Lucas Hernandez karena mengalami cedera, kiprah 'Tim Ayam Jantan' di Piala Dunia 2022 ternyata layak diacungkan dua buah jempol. Bermula dari keberhasilan mereka mematahkan kutukan juara bertahan, 'Les Bleus' terus melaju pesat sampai ke babak final, dan membuka kesempatan untuk: menjadi satu-satunya negara peserta Piala Dunia di era modern, yang berhasil mempertahankan tahta.

[Gambas:Instagram]

Hasil ini dipastikan Prancis usai mengentaskan perjuangan Maroko 2-0 di pertandingan Semifinal, Kamis (15/12) dini hari, berkat dua gol dari wingback AC Milan, Theo Hernandez dan Randal Kolo Muani di babak kedua, yang turut mencatatkan namanya sebagai pemain pengganti yang mencetak gol tercepat nomor dua setelah diturunkan, yakni 44 detik.

Di final Piala Dunia kedua Prancis dalam dua edisi berturut-turut, Mbappe dan kawan-kawan akan menghadapi Argentina, yang pada tahun 2018 lalu mereka taklukkan dengan skor 4-3 di pertandingan 16 besar; sambil mempertahankan rekor: tidak pernah kalah saat memimpin lebih dulu di babak pertama (26 menang; 1 imbang).

Selain itu, partai final yang akan dimainkan pada hari Minggu (18/12/2022) tersebut, akan menjadi Final ke-4 Prancis dalam 7 edisi terakhir, sekaligus menjadi partai pertaruhan bagi pemain nomor 10 mereka, Kylian Mbappe, yang akan berebut trofi pencetak gol terbanyak melawan rekan satu timnya di PSG, Lionel Messi, yang sama-sama mengantongi 5 gol.

[Gambas:Instagram]

[Gambas:Audio CXO]

(tim)

NEW RELEASE
CXO SPECIALS