Insight | General Knowledge

5 Lagu Piala Dunia Terbaik Sepanjang Masa

Selasa, 22 Nov 2022 16:02 WIB
5 Lagu Piala Dunia Terbaik Sepanjang Masa
Foto: Istimewa
Jakarta -

Piala Dunia selalu menjadi pesta sepak bola terbesar di dunia-baik bagi negara yang bermain di dalam kompetisi ini, atau warga negara lain yang hanya bisa menjadi penonton saja karena timnasnya tidak lolos. Terlepas dari kondisi atau kontroversinya, Piala Dunia pasti tetap disambut meriah. Untuk semakin memeriahkan kompetisi ini, FIFA juga meminta dukungan dari para musisi dunia untuk merilis lagu soundtrack Piala Dunia.

Tradisi ini sudah dimulai sejak Piala Dunia 1962 di Chile, namun lagu-lagu yang dirilis sebenarnya bukan merupakan lagu resmi yang diakui FIFA untuk Piala Dunia. FIFA baru mulai masuk ke urusan ini sejak Piala Dunia 1990 di Italia dengan lagu "To Be Number One" yang dinyanyikan Giorgio Moroder Project. Setelah itu, semakin banyak lagu yang dirilis untuk menyambut Piala Dunia. Bahkan dalam satu gelaran, bisa ada belasan lagu yang dirilis, hingga dijual dalam satu album tersendiri.

Kali ini, saya merangkum lima lagu Piala Dunia terbaik sepanjang masa yang sudah menemani saya menyaksikan para negara bertanding memperebutkan gelar sebagai juara dunia di sepak bola. Jadi, lagu siapa saja yang terpilih?

1. Shakira, "Waka Waka" - Piala Dunia 2010

[Gambas:Youtube]

Kalau bicara soal topik lagu Piala Dunia terbaik, sudah pasti "Waka Waka" dari Shakira wajib masuk. Lagu ini benar-benar ikonik dengan chorus yang catchy hingga membuat banyak orang tetap menyanyikannya sampai saat ini. Lagu ini juga membawa kita flashback ke tahun 2010 saat Piala Dunia diselenggarakan di Afrika Selatan. Keseruan Piala Dunia 2010 memang sangat besar pada saat itu. Bahkan, gelaran tahun tersebut banyak diakui sebagai Piala Dunia terbaik, khususnya oleh para generasi milenial dan Gen Z. Sepertinya kehebatan lagu ini sulit ditandingi hingga puluhan tahun ke depan, hingga muncul lagu Piala Dunia lainnya yang mampu membuat kita bersenandung tanpa disadari seperti "Waka Waka".

2. Ricky Martin, "La Copa De La Vida" - Piala Dunia 1998

[Gambas:Youtube]

Piala Dunia 1998 di Prancis memiliki keunikan tersendiri karena sang tuan rumah dapat menjadi juara di rumah sendiri. Namun tidak cuma itu saja yang membuat Piala Dunia 1998 berkesan. Lagu "La Copa De La Vida" yang dinyanyikan Ricky Martin juga sangat ikonik. Sama seperti "Waka Waka", lagu ini juga tetap dinyanyikan hingga saat ini. Dengan musik dance yang membuat kita bisa bahagia, "La Copa De La Vida" berhasil menciptakan imajinasi bagaimana kemeriahan Piala Dunia yang sebenarnya.

3. Knaan, "Wavin' Flag" - Piala Dunia 2010

[Gambas:Youtube]

Seperti yang sudah disinggung di atas, Piala Dunia 2010 memang meninggalkan memori indah mendalam bagi sebagian besar penontonnya-kecuali bagi fans Belanda. Selain "Waka Waka", lagu "Wavin' Flag" dari Knaan juga sangat enak untuk didengar hingga saat ini. Bahkan lagu ini juga dinyanyikan dalam versi Indonesia oleh Ipang Lazuardi. Selalu diputar saat Piala Dunia 2010, lagu ini sebenarnya dirilis oleh Coca Cola untuk menyambut pesta sepak bola di Afrika Selatan itu. Walaupun tidak masuk dalam daftar resmi lagu Piala Dunia, "Wavin' Flag" sangat layak masuk daftar ini.

4. Padi, "Work of Heaven" - Piala Dunia 2002

[Gambas:Youtube]

Pasti banyak orang yang tidak sadar bahwa Indonesia juga menyumbangkan lagu untuk Piala Dunia. Pada Piala Dunia 2002, Padi terpilih untuk merilis lagu bertajuk "Work of Heaven" yang masuk ke dalam kompilasi soundtrack Piala Dunia 2002. Saya sendiri menjadi saksi bagaimana lagu ini diputar di TV nasional pada tahun itu dengan cuplikan aksi-aksi para pemain di dalam MV-nya. Lagu ini juga dinyanyikan dalam bahasa Inggris-bahasa yang sangat jarang dinyanyikan Fadly Padi. Bagi yang belum menyadari bahwa sebenarnya kita punya band yang menyanyikan lagu untuk Piala Dunia, kini waktunya mendengar "Work of Heaven" di platform streaming musik favoritmu.

5. Vangelis, "Anthem" - Piala Dunia 2002

[Gambas:Youtube]

Lagu-lagu khas Piala Dunia memang lebih identik dengan musik dance hingga EDM. Tapi Vangelis dalam karya masterpiece-nya berjudul "Anthem" benar-benar menjadi anthem saat Piala Dunia 2002. Hadir dalam dua versi, yaitu synthesizer version dan orchestra version dengan choir di bagian intro, saya memilih versi orkestra sebagai penutup dari daftar ini. Vangelis berhasil menampilkan sisi kesakralan Piala Dunia dengan pelan tapi pasti melalui alunan nada yang artistik. Setiap mendengar lagu ini, saya juga langsung flashback pada momen di mana Piala Dunia 2002 yang diadakan di Jepang-Korea Selatan menjadi sejarah penting dalam dunia sepak bola Asia karena pertama kalinya diadakan di benua ini. Walaupun dibumbui kontroversi, Piala Dunia 2002 menjadi gelaran Piala Dunia paling agung berkat "Anthem" yang mengiringi sepanjang kompetisi berlangsung.

Dari kelima lagu ini, saya yakin ada beberapa lagu yang belum pernah kamu dengarkan. Mumpung saat ini sedang berlangsung Piala Dunia 2022 dengan soundtrack yang harus diakui kurang enak didengar dan tidak catchy, lebih baik kamu mendengarkan daftar lima lagu Piala Dunia terbaik sepanjang masa di atas.

[Gambas:Audio CXO]

(tim/alm)

Author

Timotius P

NEW RELEASE
CXO SPECIALS