Insight | General Knowledge

Bluesky, Media Sosial Super Ciptaan Ex-CEO Twitter

Jumat, 04 Nov 2022 14:00 WIB
Bluesky, Media Sosial Super Ciptaan Ex-CEO Twitter
Jakarta -

Usai dipecat dari Twitter oleh Elon Musk, mantan CEO Jack Dorsey mencoba peruntungan baru lagi di bidang media sosial. Adalah Bluesky Social, sebuah media sosial yang dirancang dengan menggabungkan media sosial dengan sistem blockchain. Bluesky pertama kalinya diperkenalkan oleh Jack Dorsey pada Desember 2019 sebagai inisiatif nirlaba. Ia mengatakan, tadinya Twitter akan bisa mengakses dan berkontribusi pada kumpulan percakapan publik yang jauh lebih besar, dengan fokus membangun algoritma rekomendasi terbuka yang mempromosikan percakapan sehat.

Saat Dorsey keluar dari Twitter, proyek ini terus berkembang dan bermaksud untuk mendukung 'fondasi baru jejaring sosial yang memberikan kebebasan. Meskipun baru mengumumkan perilisan versi beta, sudah ada 30 ribu orang telah mendaftar dalam antrean perilisan beta media sosial besutan pencipta Twitter tersebut. Dilihat dari antusiasme dunia, Bluesky digadang menjadi jaringan media sosial yang terpisah dengan sistem kurasi dan moderasi, tapi tetap berinteraksi satu sama lain.

.Bluesky Social/ Foto: Digitalinformationworld.com

Cara Kerja Bluesky Social

Mungkin orang berpikir bahwa Bluesky Social akan mirip dengan Twitter. Namun, cara kerja mereka seperti algoritma rekomendasi yakni informasi kepemilikan dijaga ketat seperti halnya data yang mereka kumpulkan dari penggunanya. Pemilik jaringan bisa memilih apa dan bagaimana aplikasi perangkat lunak lain dapat mengakses fitur dan datanya.

Tugas Bluesky adalah membuat protokol terdesentralisasi untuk media sosial, yang memungkinkan sejumlah perusahaan dan individu untuk membangun aplikasi, layanan, atau algoritme rekomendasi mereka sendiri di atas jaringan dan data dasar yang sama. Misalnya, jika kamu tidak menyukai rekomendasi otomatis YouTube, kamu bisa beralih ke aplikasi lain yang memungkinkan kamu mengakses video yang sama dengan sistem rekomendasi yang berbeda atau tidak sama sekali. Kamu dapat bergabung dengan versi Twitter yang memiliki moderasi konten yang lebih kuat, atau tanpa moderasi konten sama sekali, atau algoritma pemfilteran khusus yang menyembunyikan spoiler untuk film yang dibuat dalam 10 tahun terakhir.

Secara teori Bluesky bisa menjelajah sendiri, dan Dorsey telah mengklaim bahwa aplikasinya, Bluesky Social, akan menjadi pesaing bagi perusahaan mana pun yang mencoba memiliki dasar-dasar yang mendasari media sosial atau orang-orang yang menggunakannya. Dengan konsep ini, Bluesky diprediksi banyak pihak akan berdampak besar pada ekonomi data pribadi di dunia. Kita lihat saja nanti!

[Gambas:Audio CXO]

(DIR/tim)

NEW RELEASE
CXO SPECIALS