Insight | General Knowledge

Rincian Prosesi Pemakaman Ratu Elizabeth II

Senin, 19 Sep 2022 15:21 WIB
Rincian Prosesi Pemakaman Ratu Elizabeth II
Jakarta -

Sepuluh hari setelah dunia berkabung atas berpulangnya Ratu Elizabeth II, kini akan mencapai pada akhir dengan pemakaman yang dilaksanakan Senin, 19 September 2022. Pemakaman kenegaraan ini menjadi hari libur nasional di Britania Raya, di mana sang ratu yang telah menduduki bangku kepemimpinan selama 70 tahun terakhir akan beristirahat selamanya di Windsor Castle. Kabarnya, Ratu Elizabeth II akan dikebumikan tepat di sebelah makam suaminya, Pangeran Philip.

Pemakaman ini merupakan pemakaman pertama bagi seorang pemimpin monarki Inggris yang diadakan di Westminster Abbey sejak abad ke-18, dan untuk pertama kalinya kamera diizinkan di dalam upacara pemakaman untuk seorang pemimpin monarki Inggris.

Prosesi pemakaman yang akan berlangsung selama satu hari penuh ini akan dimulai dari berkeliling daerah London hingga ke kediaman kerajaan di Windsor dan pada akhirnya di Kapel St. George yang terletak di halaman Windsor Castle. Berikut ini adalah runtutan acara prosesi pemakaman Ratu Elizabeth II sesuai dengan zona waktu di Jakarta.

.Rute Prosesi Pemakaman Ratu Elizabeth II/ Foto: Getty Images/Chris Jackson

12:30 WIB
Westminster Hall, tempat sang ratu disemayamkan selama seminggu terakhir ditutup untuk umum.

16:44 WIB
Peti mati Ratu Elizabeth II dibawa dengan kereta dari Istana Westminster ke Westminster Abbey, tempat penobatan sang ratu dan juga tempat upacara pernikahannya dengan Pangeran Philip dulu.

Saat prosesi ini, Raja Charles III akan memimpin barisan keluarga kerajaan untuk berjalan kaki di belakang peti mati ratu, didampingi oleh Permaisuri Camilla. Barisan keluarga kerajaan diikuti oleh Putri Anne dan suaminya, Wakil Laksamana Tim Laurence, bersama dengan Pangeran Andrew, Pangeran Edward, dan Countess of Wessex. Setelah barisan anak-anak dari Ratu Elizabeth II, akan ada keluarga Prince dan Princess of Wales, Pangeran William, Putri Kate Middleton, Pangeran George, Pangeran Charlotte, diikuti dengan Pangeran Harry dan Meghan Markle.

16:52 WIB
Peti Ratu Elizabeth II diperkirakan tiba di Gerbang Barat Westminster Abbey dan akan diangkat dari kereta dan dibawa ke biara untuk Ibadah Pemakaman Kenegaraan yang dipimpin oleh Dekan Westminster. Ibadah ini akan dihadiri oleh kepala negara dan pemerintah dari negara-negara lain, gubernur jendral, dan perdana menteri kerajaan. Tak hanya figur politik, ada pula perwakilan Alam Persemakmuran, anggota parlemen, perwakilan gereja, serta beberapa tokoh publik lain yang juga hadir dalam prosesi ini.

Selama ibadah berlangsung, perdana menteri dan sekretaris jenderal persemakmuran akan membacakan liturgi kitab suci. Sementara itu, doa akan dibacakan oleh Uskup Agung York, Uskup Agung Westminster, Moderator Majelis Umum Gereja Skotlandia, dan Moderator Gereja. Kemudian, Uskup Agung Canterbury akan memberikan khotbah sebelum ditutup dengan pemberkatan prosesi oleh Dekan Westminster.

17:55 WIB
Menjelang akhir kebaktian, nada Last Post akan mengalun untuk mengheningkan cipta selama dua menit. Mengheningkan cipta akan berlangsung tak hanya di biara, namun juga di seluruh negeri sekaligus mengakhiri kebaktian. Kemudian, peti mati akan kembali ditempatkan di kereta Meriam untuk selanjutnya dibawa ke Wellington Arch, Hyde Park Corner. Proses ini akan dipimpin oleh anggota Royal Canadian Mounted Police bersama dengan pekerja NHS, petugas dari Police Service of Northern Ireland dan British Armed Forces.

19:00 WIB
Setibanya di Hyde Park, The King's Troop dan Royal Horse Artillery akan menembakkan Minute Guns. Sepanjang prosesi ini, Big Ben akan berdentang. Saat sampai di Wellington Arch, peti mati akan dipindahkan ke mobil jenazah atau State Hearse untuk menuju Windsor. Lagu kebangsaan akan dimainkan saat State Hearse meninggalkan Wellington Arch.

.Kastil Windsor/ Foto: Getty Images/Chris Jackson

21:06 WIB
Peti mati diperkirakan tiba di Shaw Farm Gate, Windsor, di mana State Hearse akan melambat dan melanjutkan prosesi di Albert Road. Prosesi akan dilanjutkan dengan Long Walk ke Kapel St. George. The King's Troop dan Royal Horse Artillery akan melepaskan tembakan ke East Lawn. Sebastopol Bell dan Curfew Tower Bell akan berdentang selama prosesi ini berlangsung dan akan berakhir di bagian bawah Tangga Barat Kapel St. George. Setelahnya, peti Ratu Elizabeth II akan dibawa masuk ke dalam kapel.

22:00 WIB
Perpisahan terakhir akan digelar di Kapel St. George, Windsor, yang dipimpin oleh Dekan Windsor dan diiringi nyanyian Paduan Suara Kapel St. George. Sebelum nyanyian terakhir, Lord Chamberlain akan mematahkan tongkat jabatan ratu di atas peti.

01:30 WIB (20 September)
Prosesi pemakaman privat yang digelar di Kapel Memorial Raja George VI, sebuah tempat di mana peti mati Ratu Elizabeth II akan dikebumikan di samping makam suaminya, Pangeran Philip. Kamu bisa turut menyaksikan rangkaian prosesi panjang pemakaman sang ratu melalui kanal YouTube resmi Kerajaan Inggris, The Royal Family Channel.

[Gambas:Youtube]

[Gambas:Audio CXO]

(HAI/DIR)

Author

Hani Indita