Insight | General Knowledge

Pinjaman Bank atau Gadai Barang, Mana yang Lebih Baik?

Kamis, 25 Aug 2022 10:00 WIB
Pinjaman Bank atau Gadai Barang, Mana yang Lebih Baik?
Jakarta -

Di masa yang serba sulit ini, kamu mungkin harus memutar otak untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Misalnya dengan membuka usaha kecil-kecilan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Namun membuka usaha di situasi yang tak memiliki kepastian ini, bukan perkara mudah. Bukan cuma skill wirausaha atau keberanian untuk memulainya, tapi faktor modal juga menjadi salah satu yang penting. Mau tak mau kamu harus mencari sumber pendanaan yang bisa cair dengan cepat dan aman.

Ada banyak pendanaan yang bisa kamu pilih, seperti meminjam dari bank atau menggadaikan barang. Tapi dari keduanya mana yang lebih baik ya?

Bank memang telah dikenal masyarakat sebagai lembaga yang aman dan terpercaya dalam bidang keuangan. Salah satu produk yang bisa kamu manfaatkan untuk meminjam uang adalah pengajuan kredit. Meski jumlah uang yang kamu terima termasuk besar, tapi ada beberapa syarat yang harus kamu penuhi dan cukup sulit, yakni agunan atau jaminan. Besaran ini nantinya akan berdampak besar pada dana yang dicairkan di bank. Tak hanya itu, agunan juga mempengaruhi bunga kredit yang dikenakan bank pada debitur.

Sementara menggadaikan barang sangatlah mudah apalagi melakukan gadai di Pegadaian. Tak hanya barang berharga seperti perhiasan emas, kamu juga bisa menggadaikan barang elektronikmu di Pegadaian lho! Syaratnya, kamu hanya perlu membawa KTP atau paspor dan barang yang ingin kamu gadaikan ke outlet Pegadaian yang ada di seluruh Indonesia.

.Ilustrasi gadget/ Foto: Freepik

Adapun berbagai jenis barang elektronik yang bisa kamu gadaikan di Pegadaian.

1. Laptop

Jika memiliki laptop yang tidak digunakan namun perlu dana darurat, kamu bisa menggadaikan laptop di Pegadaian. Syaratnya adalah laptopnya bisa dinyalakan dan juga membawa kelengkapan lainnya seperti charger, kardus, dan tempat laptop jika ada.

2. Smartphone

Selain laptop, kita juga bisa menggadaikan smartphone ke Pegadaian. Kamu juga sebaiknya membawa kelengkapan smartphone seperti charger dan kardusnya. Hal ini tentu saja agar smartphone lebih aman selama disimpan di Pegadaian.

3. Kamera

Barang elektronik lain seperti kamera juga bisa digadai di Pegadaian. Sama seperti laptop dan smartphone, kelengkapan kamera sebaiknya dibawa. Pastikan kamera yang digadaikan bisa menyala dan berfungsi secara baik.

4. Televisi

Punya televisi di rumah? Jika tidak digunakan dan membutuhkan dana, bisa digadai ke Pegadaian. Televisi sebaiknya dalam kondisi baik dan membawa kelengkapannya jika ada.

5. Tablet

Saat ini banyak orang juga memiliki perangkat tablet berbagai merek. Pegadaian menerima juga gadai tablet. Syaratnya mirip yaitu tablet masih dalam kondisi baik, bisa menyala, serta membawa kelengkapan lainnya.

.Gadai barang di Pegadaian/ Foto: Pegadaian

DenganĀ Gadai Elektronik di Pegadaian, kamu bisa mendapatkan pinjaman dana cepat karena bisa cair di hari yang sama, barang jaminan aman dan diasuransikan, uang pinjaman bisa dicicil dan dilunasi sewaktu-waktu, serta sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Nilai pinjamannya tergantung nilai barang jaminan dan menariknya bisa disesuaikan dengan kebutuhan dana.

Kamu sebagai nasabah bisa memilih fitur reguler atau harian saat melakukan Gadai Elektronik. Gadai Elektronik memberikan pinjaman dengan plafon taksiran hingga 90 persen dari harga pasar dan menggunakan perhitungan sewa modal varian sebesar 0,15 persen per hari dengan jangka waktu 30 hari. Kemudahan menggadaikan barang elektronik ini diharapkan bisa menjadi solusi keuangan masyarakat Indonesia.

"Pegadaian berkomitmen hadir untuk membantu mengatasi masalah tanpa masalah. Gadai Elektronik merupakan bagian dari keseriusan kami terhadap komitmen tersebut," ujar Luh Putu Andarini, Senior Vice President Pemasaran PT Pegadaian.

Pegadaian juga menghimbau masyarakat untuk waspada terhadap penipuan yang mengatasnamakan Pegadaian. Pegadaian tidak menyelenggarakan lelang secara online baik emas maupun barang elektronik. Lelang Pegadaian dapat ditanyakan langsung diĀ cabang Pegadaian terdekat.

[Gambas:Audio CXO]

(DIR/IND)