Insight | General Knowledge

Teman Menolak Meminjamkan Uang, Harus ke Mana?

Kamis, 18 Aug 2022 16:00 WIB
Teman Menolak Meminjamkan Uang, Harus ke Mana?
Jakarta -

Uang memang salah satu unsur terpenting dalam kehidupan ini. Apalagi terkadang pendapatan lebih kecil daripada pengeluaran. Mau tak mau, kamu harus mencari solusi lain untuk mendapatkan pemasukan tambahan. Namun dalam beberapa situasi yang mendesak, kamu membutuhkan uang lebih cepat, dan tak ayal memutuskan untuk mencari pinjaman.

Salah satu jalan yang mungkin diambil adalah meminta bantuan kepada teman. Tapi tidak semua orang bersedia meminjamkan uangnya kepada orang lain, sekalipun itu teman sendiri. Sehingga tidak jarang mereka pun menolak permintaan untuk meminjamkan uangnya. Alasannya pun beragam mulai dari memang mereka tak memiliki uang lebih, mungkin kamu belum melunasi pinjaman sebelumnya, atau bisa jadi karena mereka memiliki prioritas lebih penting daripada meminjamkan uangnya padamu.

Lantas, kalau tak bisa meminjam uang ke teman, harus ke mana ya?

.Ilustrasi uang pinjaman/ Foto: Veectenzy

Sebenarnya, ada banyak pilihan yang bisa kamu ambil bila membutuhkan uang dengan cepat. Bisa meminjam ke bank dengan syarat bunga tertentu, menggunakan fitur paylater, atau lewat pinjaman online. Namun pilihan tersebut mungkin memiliki kelemahan masing-masing yang akan memberatkanmu dalam pembayaran. Seperti bunga yang sedikit demi sedikit tidak terasa akan memberatkanmu.

Nah, daripada kamu takut dengan bunga yang terus berjalan ketika meminjam uang, Pegadaian punya solusinya! Menyambut Hari Kemerdekaan Indonesia, PT Pegadaian memberikan tawaran menarik kepada nasabahnya, "Gadai Merdeka", berupa pinjaman bebas bunga (0%) untuk pinjaman Rp50.000 hingga Rp2.500.000 dengan jangka waktu sampai dengan 45 hari. Program ini berlaku untuk transaksi Gadai Emas dan Gadai Elektronik, dimulai dari tanggal 5 Agustus dan berakhir pada 31 Agustus 2022.

Kabar gembira ini disampaikan langsung oleh Direktur Pemasaran dan Pengembangan Produk PT Pegadaian, Elvi Rofiqotul Hidayah. "Nasabah yang mendapatkan fasilitas bebas bunga ini adalah nasabah baru atau nasabah inactive yang tidak mempunyai pinjaman di Pegadaian sampai dengan tanggal 31 Mei 2022. Program ini diharapkan dapat memberikan pengalaman bertransaksi bagi nasabah baru serta menjadi stimulan bagi nasabah yang tidak bertransaksi dalam tiga bulan terakhir atau lebih." ujarnya.

.Pegadaian/ Foto: Pegadaian


Program Gadai Merdeka diharapkan dapat membantu masyarakat untuk memenuhi kebutuhan biaya sekolah di tahun ajaran baru, maupun bagi para pelaku usaha ultra mikro untuk memenuhi kebutuhan jangka pendek. Kemudian, besar harapan PT Pegadaian agar nasabahnya dapat mengoptimalkan aset yang dimiliki tanpa harus dijual untuk bisa memenuhi semua kebutuhan baik produktif maupun konsumtif, melalui program Gadai Merdeka ini.

Program ini berlaku di seluruh outlet offline Pegadaian seluruh Indonesia. Caranya juga cukup mudah! Jika kamu ingin menggadaikan barang, kamu perlu melampirkan beberapa dokumen yang dibutuhkan yaitu fotokopi KTP dan formulir penggadaian barang yang sudah diisi sesuai data. Agar program Gadai Merdeka bermanfaat bagi lebih banyak orang, setiap satu Nomor Induk Kependudukan (NIK) mendapatkan satu fasilitas Gadai Peduli. Jenis jaminan yang dapat digadaikan juga bervariasi, antara lain seperti emas batangan, emas perhiasan, laptop, smartphone, kamera, dan barang elektronik lainnya.

Semoga hadirnya Gadai Merdeka bisa dimanfaatkan secara maksimal oleh mereka yang membutuhkan. Jika kamu tertarik, jangan lupa untuk memperhatikan syarat dan ketentuan yang berlaku ya!

[Gambas:Audio CXO]

(HAI/DIR)

Author

Hani Indita