Insight | General Knowledge

NFT Instagram Kini Bisa Dipakai di Indonesia, Bagaimana Cara Unggahnya?

Rabu, 10 Aug 2022 12:35 WIB
NFT Instagram Kini Bisa Dipakai di Indonesia, Bagaimana Cara Unggahnya?
Jakarta -

Instagram secara resmi mengumumkan bahwa fitur NFT bisa digunakan di 100 negara, termasuk Indonesia pada Jumat (5/8). Sebelumnya, fitur ini baru tersedia terbatas di beberapa negara bagian di Amerika Serikat per bulan Mei lalu. Kini, pengguna bisa memamerkan NFT koleksi mereka di feed, story, hingga direct message. Bahkan pengguna bisa menampilkan NFT sebagai augmented reality di story.

Meski begitu, fitur ini belum termasuk pada jual-beli NFT, tetapi Meta mencoba menuju tujuan tersebut. "NFT telah membuka pintu peluang baru bagi saya dan artis lain di seluruh dunia. Teknologi baru ini memberi kami outlet lain untuk mencari nafkah dan kolektor kami," kata pemilik NFT asal AS, Natalie Amrossi, dikutip Instagram.

Ia juga mengatakan Instagram telah membantu membangun karir untuk banyak materi iklan, termasuk dirinya dan komunitasnya. Natalie berharap Instagram dapat mendukungnya lebih jauh dengan membagikan karya-karya lewat platform NFT Instagram tersebut.

[Gambas:Instagram]

Hadirnya fitur NFT di Instagram Indonesia disambut meriah oleh para kreator, tak terkecuali Sultan Gustaf Al Ghozali atau yang kita kenal dengan Ghozali Everyday. Foto dirinya yang memegang logo Instagram itu pun dibeli dan diunggah di feed Pieter Lydian, Country Director Facebook untuk Indonesia.

"Mulai hari ini, semua kreator di Indonesia bisa posting karya NFT dari dompet digital (seperti Metamask), langsung ke Instagram. Seperti NFT pertama yang saya upload hari ini, dibuat khusus oleh Ghozali Everyday untuk Instagram (Terima kasih @ghozaliphoto)." tulisnya pada caption.

Ia pun berharap fitur tersebut bisa membuka peluang lebih besar untuk para kreator memonetisasi kreativitas mereka di Instagram. Juga mendukung peluang ekonomi yang diberikan Metaverse untuk Indonesia. Lantas, bagaimana cara memposting NFT di Instagram?

.NFT di Instagram/ Foto: Instagram

Cara Posting NFT di Instagram

1. Hubungkan dengan Dompet Digital

Koleksi digital adalah item digital unik yang bisa kamu bagikan di Instagram. Koleksi ini menggunakan teknologi blockchain untuk mencatat kepemilikan. Kamu bisa menghubungkan satu atau beberapa dompet digital ke akun Instagram kamu untuk membagikan koleksi digital. Setiap dompet hanya bisa dihubungkan ke satu akun Instagram dalam satu waktu. Adapun dompet kripto yang mendukung seperti Rainbow, MetaMask, Trust Wallet, Coinbase Wallet, dan Dapper Wallet. Sementara blockchain-nya adalah Ethereum, Polygon, dan Flow. Tak hanya itu, kreator dan kolektor NFT juga secara otomatis di-tag sebagai atribusi.

Berikut cara menghubungkannya:

- Login ke akun Instagram kamu di www.instagram.com.
- Klik foto profil kamu ke kanan atas, lalu klik Pengaturan.
- Klik Koleksi digital di menu kiri.
- Klik dompet yang ingin kamu hubungkan, lalu klik Lanjutkan.
- Nanti akan ada notifikasi di layar kamu dan mungkin meminta kata sandi dompetmu. Jika diminta, ikuti petunjuk di layar untuk aplikasi dompetmu yang terinstal.
- Notifikasi kedua akan terbuka di layar. Klik Tanda tangani, lalu klik OK untuk mengkonfirmasi koneksi dompetmu.

.Ilustrasi karya NFT/ Foto: Freepik

2. Cara Posting Koleksi Digital

Untuk membagikan koleksi digital dengan membuat postingan baru, caranya sebagai berikut:
- Masuk ke akun Instagram
- Tap bagian atas layar, lalu pilih 'Post'
- Tap di atas library ponsel
- Tap dompet digital yang telah terhubung, pilih koleksi digital yang ingin dibagikan
- Pada layar 'Digital Collectibles' (Koleksi Digital), tap 'Share to Feed' (Bagikan ke Feed)
- Tambahkan deskripsi, lalu tap 'Share' (Bagikan).

Lalu, untuk membagikan koleksi digital dari pengaturan profil, bisa dengan cara ini:
- Masuk ke akun Instagram
- Tap foto profil di kanan bawah
- Tap Instagram-menu-hamburger (ikon tiga garis horizontal) di kanan atas, lalu tap 'Digital Collectibles' (Koleksi Digital)
- Tap dompet digital yang terhubung, lalu pilih koleksi yang ingin dibagikan
- Pada layar 'Digital Collectibles' (Koleksi Digital), tap 'Share to Feed' (Bagikan ke Feed)
- Tambahkan deskripsi, lalu tap 'Share' (Bagikan).

Mudah, kan? Nah, kamu sudah coba fiturnya belum?

[Gambas:Audio CXO]

(DIR/HAL)