Insight | General Knowledge

Lapar Tengah Malam, Apa Solusinya?

Sabtu, 30 Jul 2022 18:00 WIB
Lapar Tengah Malam, Apa Solusinya?
Foto: Unsplas/NRD
Jakarta -

Malam hari adalah waktunya untuk beristirahat setelah seharian beraktivitas. Tetapi, kamu pasti pernah, kan, terbangun tiba-tiba karena perutmu berbunyi? Itu tandanya kamu sedang kelaparan. Lapar tengah malam adalah fenomena umum yang dialami banyak orang. Tapi, mengapa ya kita tiba-tiba merasa lapar di saat tengah malam?

Berdasarkan penelitian dari Johns Hopkins Medicine, salah satu penyebab kita merasa lapar di tengah malam adalah karena perubahan kadar 'hormon lapar' dan 'hormon kenyang'. Leptin atau 'hormon kenyang' merupakan hormon yang membuat nafsu makan berkurang, sedangkan Ghrelin atau 'hormon lapar' adalah hormon yang meningkatkan nafsu makan.

Di malam hari, kadar Ghrelin dalam tubuh cenderung meningkat dan kadar Leptin cenderung menurun. Peningkatan hormon Ghrelin ini salah satunya diakibatkan oleh rasa stres atau tekanan yang dihadapi. Kondisi stres memang bisa membuat kita makan berlebih, terutama di malam hari. Mulai dari stres karena pekerjaan, stres karena putus cinta, stress karena bertengkar dengan orang tua, dan lain sebagainya. Akibatnya, aktivitas sederhana seperti makan di tengah malam pun bisa memberikan kepuasan dan kenyamanan tersendiri.

Namun, lapar di tengah malam bisa membuatmu bingung dan berpikir dua kali, apakah kamu harus menuruti perutmu yang berbunyi atau kembali tidur lagi. Apalagi, bagi kalian para mahasiswa atau pekerja yang tinggal di kost-kostan. Mau memasak pastinya akan repot, sedangkan kalau ingin memesan makanan lewat aplikasi daring belum tentu masih ada warung makanan yang masih buka.

Maka ketika lapar tengah malam, solusinya adalah untuk menyantap makanan yang bisa membuatmu cukup kenyang tapi mudah untuk disajikan. Berikut adalah beberapa makanan yang cocok dikonsumsi tengah malam!

1. Sereal dan susu
Sereal dan susu mungkin lebih identik sebagai sarapan. Tapi, sereal dan susu juga nikmat untuk disantap pada malam hari. Sereal dan susu menyediakan kadar karbohidrat yang memberi tubuhmu energi, sehingga bisa menjadi makanan untuk mengganjal lapar. Minum susu juga bisa membuat tidurmu jadi lebih nyenyak.

2. Pisang
Sebenarnya, jenis buah apapun cocok untuk menjadi cemilan di tengah malam. Tapi, pisang memiliki banyak serat yang bisa membuat lapar hilang tanpa harus merasa kekenyangan. Rasanya yang manis legit serta teksturnya yang padat dan lembut membuat pisang menjadi camilan buah yang cocok untuk dikonsumsi bahkan ketika tengah malam.

3. Roti dan selai kacang
Roti bisa menjadi camilan penuh karbohidrat yang nikmat untuk disantap kapan saja. Tentunya, roti tidak akan lengkap tanpa selai kacang yang manis dan gurih. Makan roti tanpa selai kacang rasanya seperti makan nasi tanpa lauk. Apabila kamu sedang ingin makan makanan berkarbohidrat, roti dan selai kacang bisa menjadi pilihanmu.

4. Pop Mie
Pop Mie adalah solusi instan tanpa ribet untuk mengatasi kelaparan di malam hari. Makanan hangat berkuah yang kaya akan rasa ini mudah untuk disiapkan dan nikmat untuk disantap. Apalagi, Pop Mie menyediakan berbagai varian rasa, mulai dari Kari Ayam, Baso, Ayam Bawang, dan masih banyak lagi.

Kalau harimu melelahkan dan kamu sedang banyak pikiran, aktivitas sederhana seperti menyantap Pop Mie di malam hari bisa menjadi kesenangan tersendiri. Kapan pun, di mana pun, pokoknya Pop Mie akan selalu ada menemani. Sikat Pop Mie, Seru Terus Kuy!

[Gambas:Audio CXO]



(ANL/MEL)