Insight | General Knowledge

Alasan Mengapa Kita Suka 'Ngemil'

Selasa, 21 Jun 2022 10:00 WIB
Alasan Mengapa Kita Suka 'Ngemil'
Foto: Vecteezy
Jakarta -

Siapa yang tidak suka aktivitas 'ngemil'? Sepertinya hampir seluruh penduduk di dunia suka 'ngemil', terlepas dari apa yang mereka makan sebagai camilan. Ngemil adalah sebuah kegiatan mengonsumsi makanan dan minuman di luar waktu makan besar seperti sarapan, makan siang, dan makan malam. Dan kegiatan ini menawarkan solusi bagi kamu yang mungkin masih memiliki rasa lapar setelah makan besar. Tapi selain itu, adakah alasan mengapa kita suka ngemil?

Tanpa kita sadari, sebenarnya kegiatan ini adalah bagian rutin dari kehidupan kita dan seringkali, camilan yang kita konsumsi adalah makanan asin dan manis yang memberikan kepuasan secara instan. Faktanya, keinginan mengemil bisa datang dari kondisi tubuh kita. Misalnya karena kita kekurangan energi atau bahkan karena situasi emosi yang sedang naik-turun.

Orang yang sedang mengalami perasaan yang sedih atau stres biasanya akan mencari camilan untuk menenangkan perasaan cemas itu. Kebiasaan ini menjadi cara untuk mengatasinya sebab bisa menekan strestor. Lalu, saat kita merasa sedih, umumnya kita mencari camilan untuk mengalihkan perhatian dari hati yang gundah; kemudian saat kita merasa bosan karena tidak melakukan sesuatu, mengemil bisa jadi kegiatan yang merangsang indera kita. Mulai dari merangsang indera peraba lewat teksturnya, indera penciuman lewat baunya, dan indera perasa dari rasa yang kita inginkan.

Si 'Kriuk' yang Lezat

Rasa makanan yang lezat memang akan mengundang nafsu makan kita. Namun tekstur yang renyah sampai terdengar 'kriuk' membuat kita selalu ingin makan lagi dan lagi. Suara 'kriuk' secara tidak langsung membuat otak kita berpikir bahwa makanan itu adalah sesuatu yang lezat. Sebut saja keripik kentang yang menciptakan suara renyah saat digigit, membuat otak mengantisipasi suara 'kriuk' itu sendiri.

Pikiran yang sudah mengantisipasi pengalaman suara dan tekstur yang garing akan mengaktifkan respons kita terhadap makanan itu nantinya. Jadi ketika sudah sampai mulut, rasa yang sudah kita pikirkan sebelumnya dapat terwujud dan kita pun melahapnya lagi dan lagi.

Salah satu keripik kentang yang selalu menawarkan rasa dan pengalaman baru di tiap gigitannya adalah Chitato. Seperti yang kita tahu, Chitato merupakan keripik kentang lezat yang mempunyai banyak varian rasa andalan, salah satu yang disukai penikmatnya adalah Chitato Rasa Mie Goreng. Pada 2016 lalu, Chitato sempat menghebohkan publik dengan mengeluarkan varian rasa mie instan terenak di dunia yakni mie goreng.

Namun karena kuota yang terbatas, banyak penikmatnya belum merasakan Chitato rasa ini. Melihat tingginya permintaan masyarakat di media sosial sampai mencetuskan #BalikinChitatoIndomie, mulai April 2022 lalu, Chitato Rasa Mie Goreng kembali beredar dan bisa diperoleh di toko-toko terdekat serta melalui online di e-commerce favorit kalian!

Yuk, rasakan sensasi 'kriuk' dan lezatnya Chitato Rasa Mie Goreng, kapan pun dan di mana pun tanpa khawatir kehabisan!

[Gambas:Audio CXO]



(DIR/iyas)