Insight | General Knowledge

Sejarah Mi Instan Cup

Rabu, 06 Jul 2022 20:00 WIB
Sejarah Mi Instan Cup
Jakarta -

Mi instan cup telah menjadi makanan yang dikonsumsi oleh masyarakat global. Bahkan, mi instan telah menjadi bagian dari budaya masyarakat modern. Sebagai masyarakat yang menyukai kecepatan dan kemudahan, mi instan cup adalah penyelamat di setiap waktu. Baik itu ketika sedang bepergian, sedang lapar di tengah malam, ataupun ketika sedang bersama teman-teman. Cukup tuangkan air panas ke dalam kemasan mi, lalu dalam waktu beberapa menit kita bisa menyantap semangkuk mi yang penuh cita rasa.

Tapi, sesungguhnya sejak kapan masyarakat mulai mengkonsumsi mi instan cup? Mari kita telusuri sejarahnya!

Di balik mi instan cup, ada sosok bernama Momofuku Ando. Momofuku Ando merupakan pendiri Nissin Food sekaligus pencipta ramen instan. Ketika Momofuku mendirikan Nissin, ia berkeinginan untuk menciptakan produk mi yang mudah untuk dikonsumsi. Pasalnya, ia melihat banyak penduduk Jepang kesulitan untuk mendapatkan makanan karena kondisi perang.

Setelah perang usai, mi instan tetap digemari bahkan hingga ke Amerika Serikat. Momofuku pun pergi ke Negeri Paman Sam yang menjadi salah satu pasar terbesar produknya. Di sana, ia melihat berbagai manager supermarket memecah-mecah mi instan, memasukkannya ke dalam gelas plastik, menuangkan air panas, dan kemudian memakannya menggunakan garpu. Dari situ ia menyadari, bahwa kunci untuk memasarkan produknya secara global adalah dengan berinovasi melalui cara mengkonsumsi mi instan.

Maka pada tahun 1971, Momofuku Ando menciptakan Cup Noodles yaitu ramen instan yang dikemas dalam cup. Rak-rak di supermarket dan vending machines pun langsung dipenuhi oleh Cup Noodles, hal ini menandakan mi instan telah menjadi produk esensial yang tersebar di banyak tempat dan mudah untuk didapatkan.

Sekarang, mi instan cup telah menjadi makanan yang dikonsumsi oleh masyarakat di seluruh dunia. Di Indonesia, tentu saja ada Pop Mie yang menjadi andalan kita semua! Pop Mie hadir sejak tahun 1991 dengan varian rasa pertamanya yaitu Ayam. Sebagai pelopor mi instan cup di Indonesia, Pop Mie terus berinovasi untuk mengembangkan varian rasa yang beragam.

Sekarang, ada 14 varian rasa mulai dari Pop Mie kuah, goreng, sampai rasa pedas! Gak cuma itu, Pop Mie tahu kalau orang Indonesia menyantap mi instan cup pakai nasi. Jadi, Pop Mie juga mengeluarkan produk Pop Mie PaNas (Pake Nasi), yang di dalam cup-nya sudah ada mi dan juga beras untuk diseduh. Kapan pun, di mana pun, pokoknya Pop Mie akan selalu ada menemani. Sikat Pop Mie, Seru Terus Kuy!

[Gambas:Audio CXO]



(ANL/MEL)