Insight | General Knowledge

Selamat Datang di Era Super-app

Jumat, 10 Jun 2022 17:00 WIB
Selamat Datang di Era Super-app
Jakarta -

Teknologi bisa berbicara banyak mengenai karakteristik sebuah masyarakat. Bahkan, para arkeolog pun bisa mengkaji berbagai peradaban kuno melalui teknologi-teknologi yang digunakan pada masa tersebut. Misalnya, kecanggihan peradaban Mesopotamia digambarkan melalui sistem irigasi dan ilmu astronomi yang sangat maju pada masanya.

Mungkin 2000 tahun yang akan datang, arkeolog masa depan juga akan menemukan berbagai artefak teknologi yang kita gunakan. Saya membayangkan, salah satu artefak yang akan mereka temukan adalah smartphone yang menyimpan berbagai super-app.

Modern problems require modern solutions. Mungkin ini adalah frasa yang cocok untuk menggambarkan situasi kemunculan super-app. Super-app sendiri merupakan aplikasi yang menyediakan berbagai layanan dalam satu platform. Hadirnya super-app pun disambut antusias oleh masyarakat yang menyukai kemudahan dan kecepatan.

Memang, di era digitalisasi ini hampir semua kebutuhan bisa dipenuhi melalui aplikasi; mulai dari memesan makanan, memesan moda transportasi, belanja pakaian, membeli tiket konser, hingga membeli sembako. Hanya dengan mengklik beberapa tombol di smartphone-mu, kamu bisa dengan mudah dan cepat memenuhi semua kebutuhan itu.

Istilah super-app sendiri muncul pertama kali untuk menggambarkan WeChat, aplikasi media sosial dan transaksi digital di Tiongkok yang muncul di tahun 2011. Sekarang, lebih dari 1 miliar orang menggunakan aplikasi yang diikembangkan oleh Tencent ini. Super-app tumbuh subur di Asia, termasuk Indonesia. Berdasarkan laporan Ipsos SEA Ahead Wave 5 yang dirilis awal tahun 2022, 51 persen masyarakat Asia Tenggara lebih sering berbelanja online.

Hadirnya super-app telah mengubah kehidupan masyarakat, bahkan sulit rasanya membayangkan hidup tanpa adanya super-app. Misalnya, untuk membeli pakaian saya lebih sering menggunakan e-commerce ketimbang pergi ke pusat perbelanjaan. Sementara itu, untuk pergi dari satu tempat ke tempat lain saya selalu menggunakan ojek atau taksi online. Harus diakui, semenjak kehadiran super-app, hidup memang menjadi lebih mudah.

Baru-baru ini, Allo Bank juga meluncurkan super-app yang mampu membuat kehidupan sehari-hari menjadi lebih mudah dan simple. Platform ini terkoneksi dengan seluruh ekosistem CT Corp. Selain bisa menabung dan bertransaksi secara digital, kamu juga bisa membeli makanan, membeli tiket festival, bahkan kamu juga bisa membaca berita di aplikasi ini. Dengan format all-in-one, kamu tak perlu lagi berpindah dari satu aplikasi ke aplikasi lainnya karena semua telah tersedia di sini. Jadi, tunggu apalagi? Segera download aplikasi Allo Bank untuk bisa merasakan berbagai kemudahan yang ditawarkan super-app ini!

[Gambas:Audio CXO]

(DIR)