Insight | General Knowledge

QRIS: Kemudahan Bertransaksi Masa Kini

Kamis, 09 Jun 2022 14:00 WIB
QRIS: Kemudahan Bertransaksi Masa Kini
Jakarta -

Di era yang kian maju dan canggih ini, kita tidak dapat memungkiri bahwa kini semuanya dapat dilakukan dengan mudah dalam satu sentuhan saja di layar handphone. Mulai dari belanja, pemesanan tiket hingga kegiatan bertransaksi sehari-hari. Berbicara mengenai transaksi, pasti kamu sudah sangat familiar dengan suatu layanan pembayaran yang biasa dikenal dengan Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS). Pasalnya, QRIS ini sangatlah mudah untuk digunakan karena kita hanya perlu scan barcode di merchant-merchant yang menggunakan layanan ini dan transaksi pun langsung berhasil!

Dilansir laman resmi Bank Indonesia (BI), Quick Response Code Indonesian Standard atau QRIS adalah penyatuan berbagai macam QR dari berbagai Penyelenggara Jasa Sistem Pembayaran (PJSP) dengan menggunakan QR Code. QRIS ini dikembangkan oleh industri sistem pembayaran bersama dengan Bank Indonesia agar proses transaksi dengan QR Code menjadi lebih mudah, cepat, dan tentu terjaga keamanannya.

Kemudahan yang ditawarkan dengan adanya QRIS ini membuat para Gen Z yang rata-rata memiliki kecenderungan untuk tidak membawa banyak uang tunai dan memilih untuk melakukan semua hal dengan genggaman smartphone-nya, pasti akan selalu terselamatkan ketika ingin bertransaksi di mana pun.

Cara penggunaan QRIS ini pun cukup mudah, konsumen yang akan melakukan transaksi pembayaran hanya perlu mengunduh aplikasi pembayaran pada handphone mereka dan memastikan bahwa mereka sudah mendaftarkan diri ke salah satu penyelenggara jasa sistem pembayaran (PJSP) serta tersedianya saldo. Melalui aplikasi tersebut, konsumen dapat langsung melakukan scan QRIS pada merchant, memasukkan nominal transaksi yang ditentukan lalu melakukan otorisasi transaksi.

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa QRIS dapat dilakukan menggunakan aplikasi apa pun yang menyelenggarakan jasa sistem pembayaran, salah satu aplikasi yang memiliki fitur ini adalah Allo Bank. Dengan menggunakan Allo Bank, kamu dapat dengan mudah melakukan transaksi apa pun dan di mana pun dengan fitur Pay. Sudah dipastikan, segala transaksi pembayaran dengan Allo Bank akan sangat praktis, mudah, dan tentunya aman! Jadi bagaimana, apakah kamu masih rela menyimpan banyak uang cash di dalam dompet atau lebih memilih untuk mengerahkan semuanya ke satu genggaman saja?

[Gambas:Audio CXO]



(DIP/DIR)