Insight | General Knowledge

Kenapa di Indonesia Menyebut Idul Fitri sebagai Lebaran?

Minggu, 01 May 2022 14:00 WIB
Kenapa di Indonesia Menyebut Idul Fitri sebagai Lebaran?
Jakarta -

Sebagai negara dengan mayoritas agama Islam, Indonesia selalu menyambut bulan Ramadan dengan sukacita dan kemeriahan. Bahkan pada bulan Ramadan itu sendiri, orang-orang sudah sangat ramai memperbincangkan hadirnya hari Idul Fitri di mana kita semua tahu bahwa hari tersebut dikenal dengan hari yang berlimpah dengan makanan dan kehangatan keluarga ketika berkumpul. Hari raya Idul Fitri sebenarnya lebih sering disebut dengan Lebaran oleh masyarakat Indonesia. Mengapa demikian, ya? Apakah ada asal-usul tersendiri mengenai sebutan Lebaran yang merujuk kepada hari raya Idul Fitri ini?

Jika dilansir dari Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), Lebaran didefinisikan sebagai hari raya umat Islam yang jatuh pada tanggal 1 Syawal setelah selesai menjalankan ibadah puasa selama bulan Ramadan. Tetapi, di dalam artikel majalah 'Sunda' yang ditulis oleh MA. Salmun pada tahun 1954 mengatakan bahwa istilah Lebaran berasal dari tradisi Hindu di Jawa yang mengacu pada arti "selesai, usai, atau habis". Selain itu, dalam bahasa Jawa kata "Lebaran" itu sendiri berasal dari kata "wis bar" yang berarti "sudah selesai" juga.

Istilah Lebaran ini lalu digunakan oleh para Wali untuk menyebarkan agama Islam di Tanah Jawa untuk menjelaskan bahwa ibadah puasa bulan Ramadan sudah usai. Namun, orang Jawa justru kini jarang menggunakan kata "Lebaran" untuk merujuk ke hari raya Idul Fitri dan lebih umum menggunakan istilah 'Sugeng Riyadi' untuk mengucapkan selamat hari raya Idul Fitri.

Uniknya, kata Lebaran justru pada umumnya lebih banyak digunakan oleh orang Betawi dengan pemaknaan yang berbeda. Menurut bahasa Betawi, kata ini berasal dari kata lebar yang diartikan luas dan merupakan gambaran keluasan atau kelegaan hati setelah menyelesaikan ibadah puasa bulan Ramadan hingga kegembiraan dalam menyambut hari kemenangan.

Terlepas dari berbagai asal-usul dan penyebutan yang berbeda-beda, hari raya Idul Fitri atau Lebaran selalu diselebrasikan dengan penuh kebahagiaan karena dapat menghabiskan banyak waktu bersama kerabat, keluarga dan orang-orang terkasih untuk merayakannya.

[Gambas:Audio CXO]



(DIP/DIR)