Insight | General Knowledge

Lapangan Olahraga yang Jadi Lokasi Salat Idul Fitri

Minggu, 01 May 2022 20:00 WIB
Lapangan Olahraga yang Jadi Lokasi Salat Idul Fitri
Jakarta -

Setelah satu bulan lamanya berpuasa Ramadan, kaum muslimin dan muslimah akan merayakan hari raya Idul Fitri atau Lebaran. Dalam menyambutnya, Salat Ied akan dilaksanakan umat Islam pada pagi hari sebagai salat sunnah muakkad, atau salat yang sangat dianjurkan untuk dilakukan meski bukan kewajiban.

Pelaksanaan salat Idul Fitri dilakukan secara berjamaah, baik di dalam Masjid maupun di lapang terbuka. Tidak jarang, salat Ied juga dilakukan di atas bangunan atau fasilitas olahraga seperti lapangan sepak bola dan lapangan olahraga serbaguna. Fenomena ini memang cukup menarik dilihat, mengingat kegunaannya bergeser jauh dari fungsi hiburan menjadi fasilitas beribadah. Untuk itu, kami mencoba merangkum beberapa fasilitas olahraga yang akan atau pernah menyelenggarakan salat Idul Fitri berjamaah.

.Ewood Park Stadium / Foto: Wikipedia

1. Ewood Park Stadium, Inggris

Markas tim sepakbola asal negeri Ratu Elisabeth, Blackburn Rovers, menjadi stadion pertama di Inggris Raya yang menggelar salat Idul Fitri di lapangan mereka. Melalui laman resminya, Blackburn Rovers mengundang komunitas-komunitas muslim di Inggris secara terbuka, untuk menghadiri salat Ied berjamaah di lapangan Ewood Park.

Selama ini, Blackburn Rovers memang menunjukkan sikap support mereka kepada komunitas muslim di sekitaran. Mulai dari membagikan takjil saat buka puasa Ramadan, menggelar festival Idul Fitri pada tahun-tahun sebelumnya, dan puncaknya tahun ini mengadakan salat Ied berjamaah di lapangan.

.Jakarta Internasional Stadium / Foto: CNN Indonesia

2. Jakarta International Stadium

Stadion baru kebanggaan warga Jakarta memang baru saja diresmikan. Walaupun begitu, para kepala jawatan Daerah Khusus Ibukota Jakarta sedari lama telah mengagendakan untuk menggelar salat Ied berjamaah di Jakarta International Stadium (JIS), pada area luar stadion.

Menurut pengelola, perkiraan jamaah salat Ied di JIS akan mencapai 20.000 orang. Untuk itu, pengelola telah menyiapkan area ramp barat, ramp timur, hingga concourse selatan sebagai lokasi salat Ied masyarakat Jakarta. Untuk bisa mengikuti salat Ied di JIS, warga Jakarta tidak perlu mendaftarkan diri namun diwajibkan untuk datang sebelum pukul 6 dan dengan menjaga protokol kesehatan.

.Salat Ied di Velodrome / Foto: Antara

3. Velodrome Stadium, Jakarta

Selain JIS, stadion olahraga yang berlokasi di Jakarta Timur, Stadion Velodrome, juga menggelar salat Idul Fitri berjamaah setiap tahunnya pada lapangan terbuka dari Kawasan Balap Sepeda Internasional ini. Lokasi ini menjadi favorit bagi warga yang tinggal di sekitaran Velodrome. Meskipun pengunjungnya tidak begitu banyak, antusiasme para jamaah selalu tinggi di setiap tahunnya.

.Lapangan Gasibu/ Foto: Instagram

4. Lapangan Gasibu, Bandung

Tidak berbeda dengan yang dilakukan di Ibukota, masyarakat kota Kembang, Bandung, juga menggelar salat Idul Fitri di lapangan olahraga serbaguna mereka, Lapangan Gasibu. Berlokasi di jantung kota Bandung, antusias ibadah tahunan di sini tidak pernah menurun dan terus menjadi pilihan masyarakat. Selain itu, pelaksanaan salat Ied juga sering dihadiri para petinggi hingga tokoh-tokoh daerah.

.Stadion Utama Gelora Bung Karno/ Foto: CXO Media

5. Stadion Utama Gelora Bung Karno

Pada tahun 2008 lalu, Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta pertama kali menggelar salat Idul Fitri di lapangan mereka. Waktu itu, khotbah diisi oleh Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah kala itu, Din Syamsuddin. Sementara, Imam salat Ied pada masa itu dilakukan oleh musisi legendaris sekaligus ulama Indonesia, Haji Rhoma Irama.

[Gambas:Audio CXO]

(RIA/DIR)