Insight | General Knowledge

Iklan Wajib Bulan Puasa

Sabtu, 02 Apr 2022 18:00 WIB
Iklan Wajib Bulan Puasa
Jakarta -

Mari mengucap syukur kepada-Nya, atas berkah dan nikmat yang Ia limpahkan, sehingga kita masih diberi kesempatan untuk kembali menghidupi bulan Ramadan yang penuh berkah serta kebaikan. Meski baru akan dimulai pada akhir pekan ini, nuansa Ramadan yang khas telah menyapa kita lewat berbagai media, terutama melalui seri iklan yang diproduksi khusus edisi Ramadan.

Setiap bulan puasa tiba, biasanya, jenama kenamaan Tanah Air giat memproduksi iklan kreatif yang menggelorakan semangat Ramadan. Beberapa di antaranya bahkan terus melekat di ingatan, dan menjadi suatu aroma khas setiap Ramadan. Untuk itu, CXO Media merangkum beberapa iklan sarat nuansa Ramadan, yang pernah beredar di layar kaca Nusantara.

1. Seri Iklan Sirup Marjan
Sederhananya, puasa mengajarkan kita menahan lapar dan dahaga. Perihal melegakan dahaga yang tak tertahan, kesegaran sirup Marjan yang melegenda selalu sukses mengiringi kedatangan Ramadan. Melalui serial TVC yang mereka produksi, iklan Marjan adalah iklan wajib setiap Ramadan.

.Iklan Marjan Karapan Sapi/Foto: Youtube.com/Marjan Boudoin

Bahkan ada lelucon yang mengatakan, "kalau sudah banyak iklan Marjan, berarti Ramadan sudah dekat." Salah satu iklan Ramadan Marjan yang paling membekas di hati para pemirsa adalah seri iklan di tahun 2013, yang menceritakan kesegaran Marjan di kalangan penggiat Karapan Sapi.

2. Indomie Seleraku~
Mie Instan favorit masyarakat ini, hadir memeriahkan gegap gempita puasa bersama jingle khas di setiap iklan edisi Ramadan mereka. Setiap tahunnya, Indomie memang menyapa Ramadan dengan iklan yang berkualitas. Jingle "Indomie Seleraku," dengan mudah menyetel pikiran dan ucapan pemirsa untuk menyanyikannya.

.Indomie Ramadan/Foto: Detikcom/detikfood

Pada periode Ramadan tahun 2009, sebuah iklan Indomie membangun pesan keberagaman saat puasa yang berselera. Di dalamnya, keberagaman budaya Indonesia tersaji meriah, di samping latar suara jingle Indomie yang sulit terlupa.

3. Iklan Promag Deddy Mizwar
Produk satu ini, menjadi salah satu pelengkap ritual puasa masyarakat, khususnya bagi pengidap masalah pencernaan. Kolaborasi legendaris, antara Deddy Mizwar dan Promag, mampu membawa pesan bahwa Promag adalah penunjang ibadah puasa sehat dan aman.

.Deddy Mizwar - Promag/ Foto: Twitter.com/howtodressvvell

4. Iklan Bedug Magrib Energen

Yang terakhir, merupakan iklan yang familiar setiap menyambut adzan magrib di bulan Ramadan. Suara bedug dalam iklan ini, seringkali menggocek para pemirsa yang sedang bersiaga melahap hidangan berbuka puasa. Meskipun iklannya termasuk sederhana, rasanya, iklan sereal instan ini menjadi sangat wajib dan cocok untuk bulan Ramadan, kan? Siapa, nih, yang pernah makan atau minum, padahal adzannya adalah iklan sereal?

.Iklan Bedug Energen/Foto: Youtube.com

Itulah beberapa iklan yang kami rasa cukup monumental setiap kedatangan Ramadan. Selain berfungsi sebagai hiburan, iklan-iklan di atas tampaknya berhasil menghadirkan suasana bulan Suci Ramadan dengan membawa pesan brilian. Kalau menurutmu, iklan Ramadan apa yang paling memberi kesan?

[Gambas:Audio CXO]

(RIA/DIR)