Insight | General Knowledge

Board Games yang Cocok Untuk Quality Time

Sabtu, 12 Feb 2022 18:00 WIB
Board Games yang Cocok Untuk Quality Time
Jakarta -

Kumpul bersama keluarga ataupun teman adalah waktu yang tepat untuk santai dan bersenang-senang bersama. Untuk mengisi waktu luang, biasanya dilakukan dengan berbincang dan berkumpul dalam satu ruangan. Tapi, terkadang rasa bosan dan bingung bagaimana menghabiskan waktu bersama dapat muncul. Biasanya, Saya membawa kartu permainan yang bisa dimainkan setelah semua aktivitas di siang hari sudah selesai, ataupun di sela-sela waktu untuk menunggu agenda berikutnya.

Selain kartu remi, board games yang sering dimainkan bersama adalah kartu UNO, Jenga, Monopoly, werewolf, dan lainnya. Walaupun banyak permainan yang bisa muncul dari kartu remi seperti tepuk nyamuk, blackjack, kartu setan, ataupun 'ceki', terkadang permainannya sulit untuk mengakomodir banyak pemain dalam satu ronde. Dari hang-out sampai staycation, berikut adalah board games seru yang cocok untuk menemani quality time kamu bersama orang tersayang!

Kata Emak

.Game board 'Kata Emak'/ Foto: Instagram @/segara.id

Kata Emak adalah permainan kartu yang dirilis oleh Segara Indonesia Games untuk umur 9 tahun keatas. Terdiri dari 2-6 pemain, Kata Emak menguji konsentrasi dalam kecepatan dan ketepatan berbelanja dalam memenuhi permintaan 'Emak'. Setiap pemain diminta 'Emak' untuk berbelanja ke warung dan harus mendapatkan setiap bahan yang ada di daftar belanja. Siapa yang paling cepat menepuk kartu saat daftar belanja yang diucapkan sama dengan kartu bahan yang dibuka boleh mengambil bahan tersebut. Pemain yang paling cepat mendapatkan semua bahan belanjaan akan memenangkan permainan.

Saboteur

.Game board 'Saboteur'/ Foto: Instagram @/despelbrekers

Dalam permainan Saboteur, terdapat dua peran yang bisa diambil oleh pemain yaitu penambang emas dan saboteur, dengan total pemain dapat mencapai 10 orang. Inti dari permainan ini adalah untuk membangun rute pertambangan dalam mendapatkan emas sesuai dengan kartu yang dibagikan. Namun, misi penambang emas dapat digagalkan oleh saboteur dengan kartu-kartu istimewa seperti penghancur jalan dan penutup jalan. Jika penambang emas berhasil membuka rute dan mendapatkan emas, maka tim penambang emas lah yang memenangkan permainan tersebut. Sebaliknya, jika penambang emas gagal mendapatkan emas, maka tim yang menang adalah saboteur. Permainan ini melatih strategi dan membuat pemain bertanya-tanya siapa yang teman dan siapa yang lawan.

Coup

.Game board 'Coup'/ Foto: Instagram @/game.is.me

If you love political games, Coup is perfect for you! Coup melatih pemain dalam mengambil sebuah keputusan. Permainan ini berdurasi kurang dari 15 menit, dan dapat dimainkan oleh 2-6 orang. Setiap pemain mendapatkan peran sebagai bangsawan dan memiliki 2 kaki tangan dalam pemerintahan. Tujuan setiap pemain sama, yaitu untuk menguasai pemerintahan dengan cara mengeliminasi semua pemain beserta kaki tangannya. Sehingga, pemain harus berhati-hati untuk memutuskan dalam pemilihan aksi dan reaksi pada setiap giliran, agar dapat menghasilkan keputusan yang benar.

Exploding Kittens

.Game board 'Exploding Kittens'/ Foto: Tabletop info

Permainan kartu ini mirip dengan UNO, dimana setiap pemain bergantian untuk mengambil satu kartu dari tumpukkan kartu di tengah untuk ditambahkan ke deck atau deretan kartu di tangan. Jika ada pemain yang mengambil kartu bergambar kucing, kambing, atau makhluk ajaib, maka pemain tersebut langsung tereliminasi dari permainan. Untuk bertahan, pemain harus memiliki kartu penangkal jika tidak ingin 'meledak'. Walaupun sederhana, permainan ini juga memerlukan strategi karena masing-masing pemain dapat menggunakan kartu spesial seperti melewati giliran, mengintip dek kartu, mencuri kartu pemain lain, atau dapat membuat pemain lain mengambil dua kartu.

Codenames

.Game board 'Codenames'/ Foto: Instagram/@/familyofboardgames

Codenames adalah permainan ala detektif yang mengasah kemampuan berfikir dan bekerja sama. Permainan ini dapat dimainkan oleh minimal 4 orang, dan pemain dibagi menjadi dua tim yaitu tim merah dan tim biru dengan satu pemain di masing-masing tim menjadi spymaster. Nantinya, 25 kartu 'agen' yang menampilkan kode nama akan disusun mengurut 5 kartu ke bawah dan 5 kartu ke samping. Spymaster memberikan clue kepada rekannya, dan mereka harus mengambil kartu agen yang sekiranya sesuai dengan clue yang diberikan oleh spymaster. Permainan ini akan dimenangkan jika satu tim dapat berhasil menebak semua agennya, atau saat pemain lain salah malah mengambil kartu milik lawan.

There you have 'em! Board games yang unik dan seru untuk menemani kamu menghabiskan waktu bersama keluarga ataupun teman-teman! Bisa dibeli di marketplace lokal atau kamu juga bisa mengunjungi board games cafe untuk menikmati permainan-permainan lain yang tidak kalah serunya.

[Gambas:Audio CXO]

(HAI/MEL)

Author

Hani Indita

NEW RELEASE
CXO SPECIALS