Bagi kamu para pecinta mode Jepang, pasti tidak asing dengan festival mode ternama, Tokyo Girls Collection (TGC). Sebuah acara fashion show tahunan yang unik karena tidak hanya menampilkan peragaan busana, namun menggabungkan berbagai tema pop-culture seperti konser musik, penampilan unik dari sederet entertainer dan berbagai pop-up brand-brand kecantikan hingga fashion ternama.
Setelah perjalanan mereka selama 20 tahun, TGC akhirnya mengembangkan sayapnya ke luar negeri untuk pertama kalinya dan Jakarta adalah pilihannya. Dipersembahkan oleh KAO, TGC Jakarta 2025 bukan hanya sekadar festival mode saja, melainkan perpaduan dari musik, pop-culture Jepang, teknologi, dan hiburan yang ditampilkan dalam satu panggung besar.
CEO Trans Digital Lifestyle Group, Putri Tanjung mengatakan alasannya membawa TGC ke Indonesia adalah platform yang luar biasa dan unik karena membawa semangat inklusivitas, keberagaman, dan hiburan yang berkualitas. Mereka mampu menggabungkan berbagai sektor dalam satu panggung besar dan disorot oleh dunia internasional.
"TGC ini kan sudah berjalan selama 20 tahun. Dan memang mereka very famous untuk fashionnya karena basic the eventnya adalah fashion show, Tapi more than that sangat kental dengan budaya Jepangnya juga, yang paling penting adalah mereka punya value women empowerment dan inclusivity. Kita merasa ini adalah platform yang luar biasa dan kita mau banget membawa ini ke Indonesia. Kita juga pengen memberdayakan perempuan Indonesia juga," kata Putri dalam acara press conference KAO Presents TGC Jakarta 2025 di Hotel Alila Jakarta, Selasa (27/5).
Putri pun berharap platform ini bisa memberikan kesempatan yang lebih luas untuk perempuan Indonesia untuk bersinar tidak hanya di dalam negeri tapi juga panggung internasional dengan ciri khas dan keunikannya masing-masing. Tak heran, A Stage for Every Woman to Shine adalah tema yang diangkat untuk TGC Jakarta 2025.
"I think kenapa namanya ini, karena kita pengen banget mendorong untuk perempuan-perempuan ini find their super power. Karena perempuan itu punya kekuatan, dan hopefully, kalau misalkan sudah tahu super power-nya apa, TGC sebagai platform bisa mensupport mereka bisa menggunakan kekuatannya dengan baik," ungkap perempuan 28 tahun tersebut.
Mencari Satu yang Terbaik dari Ribuan Perempuan Bertalenta
Dalam rangkaian TGC Jakarta 2025, TGC bersama dengan TDLG, Beautynesia dan desainer Indonesia memilih satu yang terbaik dari ribuan perempuan Indonesia yang bertalenta melalui program talent scouting di lima kota besar yakni Jakarta, Bandung, Surabaya, Makassar dan Medan. Seleksi ini tidak hanya menyaring dari visual saja, tetapi orisinalitas, karakteristik unik, dan potensi dalam diri yang bisa dikembangkan.
"Kita happy banget dan susah juga untuk mengkurasi perempuan-perempuan yang sangat luar biasa menjadi 20 gitu kan, nantinya akan disaring lagi dari Top 10, dan Top 1. Kita tidak hanya ingin penampilannya aja, tapi autencity dan dari spirit dari perempuannya. Bukan hanya dari look-nya aja, tapi the willingness for them to growth, to learn, inspire to another, jadi itu sebenarnya core yang kita push," ujar Putri.
Perjalanan inspiratif para peserta yang terpilih nantinya akan ditampilkan dalam sebuah reality show, di mana mereka tidak hanya bersaing untuk memperebutkan tempat pertama, namun juga bersaing untuk mengembangkan diri jadi lebih baik dan percaya diri. Putri mengungkapkan, reality show tersebut akan memperlihatkan bagaimana perjuangan para perempuan yang terpilih untuk mendapatkan bekal yang bisa mereka terapkan usai kompetisi ini berlangsung.
"Nantinya juga menghadirkan reality show, jadi bukan reality show yang drama kompetisi, tapi di sana juga kami membawa banyak pakar untuk bisa menginspirasi dan challenges for the girl. Dan para penonton juga bisa ikut belajar dan terinspirasi. Jadi ini more than just fashion show program sih. More than that ini adalah tentang personality, dan kebaikan hati dari perempuan-perempuan ini ingin kita sinarkan," jelasnya.
Reality show ini akan memperkenalkan Top 20 yang terpilih yang menampilkan gambaran autentik tentang transformasi mereka, emosi, dan perjuangan para peserta untuk menjadi yang terbaik. Acara ini juga diisi dengan pembekalan dari berbagai expert di bidangnya, tidak hanya fashion. Mereka akan memperkaya pengetahuan peserta dengan pembicaraan soal value diri, branding, financial, dan masing banyak lagi.
Melenggang di TGC Jakarta hingga Jepang
Sebanyak 20 perempuan yang terpilih dalam program talent scouting ini akan ditunjuk untuk memeragakan busana dari 4 orang desainer ternama di panggung final show spektakuler "KAO Presents TGC Jakarta 2025". Dan pemenang pertama berhak mendapatkan kesempatan untuk berjalan di atas panggung TGC di Jepang.
Salah satu dari tiga desainer, Monique Soeriatmadja akan menampilkan koleksi eksklusifnya, Alexalexa di final show tersebut. Ia akan menampilkan 3 koleksi yang dibuat khusus untuk TGC Jakarta 2025 yang bertajuk "Rococo Rebellion" yang terinspirasi dari serial Kamikaze Girls yang mengangkat tentang dualisme karakter perempuan modern romantis namun kuat.
"Melalui koleksi ini, saya mau memperlihatkan kalau fashion bisa menjadi medium ekspresi yang kuat. Ini mewakili suara perempuan dalam keberagaman gaya dan sikap mereka," ujarnya. Adapun desainer lainnya yang akan tampil adalah Tities Sapoetra, Danjyo Hyoji, dan Hartono gan.
Sementara itu, panggung "KAO Presents TGC Jakarta 2025 akan dimeriahkan oleh pertunjukan musik spesial dari penyanyi serta musisi dari Indonesia dan Jepang. Untuk tiket final tersebut, bisa dibeli sekarang ya! Informasi mengenai pembelian cek Instagram mereka di @tgcjakarta.
(DIR/DIR)