Insight | Business & Career

Jakarta X Beauty 2024: Menggali Potensi UMKM Kecantikan Indonesia untuk Semakin Maju

Jumat, 07 Jun 2024 18:00 WIB
Jakarta X Beauty 2024: Menggali Potensi UMKM Kecantikan Indonesia untuk Semakin Maju
Foto: Dinar Pamugari - CXO Media
Jakarta -

Kita semua tahu bahwa industri kecantikan di Indonesia kian meningkat dengan pesat dalam beberapa tahun terakhir. Hal ini terlihat dengan adanya peningkatan pertumbuhan pelaku kosmetik sebesar 2,19% yang tercatat oleh BPOM.

Sebagai bentuk dukungan terhadap kemajuan industri kecantikan di Indonesia, Staf Khusus Menteri Bidang pemberdayaan Ekonomi Kreatif, Kementerian Koperasi dan UKM, Fiki Satari, menghadiri acara beauty terbesar di Indonesia yaitu Jakarta X Beauty 2024 untuk memberikan kata sambutan, serta dukungannya terhadap industri ini. Selain itu, hadir pula CEO Female Daily, Hanifa Ambadar dan Group CEO of ParagonCorp, Harman Subakat sebagai perwakilan dari pelaku usaha.

Jakarta X Beauty 2024 Untuk UMKM Kecantikan Indonesia

Pada hari pertama Jakarta X Beauty 2024 yang digelar di Jakarta Convention Center pada tanggal 6 Juni 2024, ketiga pihak perwakilan yang memiliki peran besar dalam kemajuan industri kecantikan di Indonesia berbincang-bincang dan memberikan insight terkini seputar topik "Pemberdayaan UMKM Kecantikan Berdaya Saing Internasional."

Pada kesempatannya, Fiki Satari selaku Staf Khusus Menteri Bidang Pemberdayaan Ekonomi Kreatif, Kementerian Koperasi dan UKM menyampaikan 3 poin utama bahwa UMKM kecantikan dan perawatan diri memiliki kesempatan besar untuk bisa bersaing di kancah internasional.

"Pertama adalah pemerintah sudah membuat regulasi untuk melindungi pasar lokal agar UMKM bisa bersaing dengan produk asing. Kedua, KemenKopUKM juga memediasi akses pembiayaan melalui mitra seperti inkubator, agregator, akselerator, dan enabler. Dan yang terakhir, KemenKopUKM sudah membuat inisiatif Rumah Produksi Bersama (RPB) dari hulu ke hilir. Contoh dari RPB adalah salah satu bahan baku essential oil yaitu Nilam yang berlokasi di Aceh," ungkap Fiki Satari.

Sama halnya dengan Harman Subakat selaku Group CEO dari ParagonCorp, ia juga meyakini bahwa produk-produk kecantikan buatan Indonesia sangat mampu bersaing di luar negeri karena produk-produk yang berada di bawah naungan perusahaannya sudah berhasil dikenal di Malaysia. Hal ini membuktikan kalau memang produk Paragon memiliki kualitas yang tidak kalah baiknya dengan brand luar negeri.

"Kami selalu mengedepankan inovasi, menciptakan tren, dan terutama mendengarkan masukan dari para pelanggan supaya produk-produk kami bisa terus maju," tambahnya.

Tidak sampai disini saja, Hanifa Ambadar selaku CEO Female Daily yang berhasil menggelar X Beauty di berbagai kota di tahun-tahun sebelumnya juga kian semangat untuk menumbuhkan ketertarikan masyarakat mengenai produk-produk lokal berkualitas. Hanifa Ambadar menjelaskan,

"Itulah kenapa tahun ini Female Daily X Beauty membawa tiga pesan utama yaitu Keberlanjutan, Inovasi, dan Inklusivitas. Kami meyakini dengan ketiga pilar tersebut bisa mewujudkan masa depan kecantikan Indonesia yang selalu mengikuti tren global agar dapat bersaing secara internasional, dan pada akhirnya memberikan kontribusi yang besar terhadap pertumbuhan ekonomi lewat sektor kecantikan dan perawatan diri."

Bagi kamu yang ingin berbelanja sekaligus membantu barisan brand lokal untuk semakin maju dalam bersaing hingga ke kancah internasional, kamu bisa mengunjungi Jakarta X Beauty 2024 yang menghadirkan lebih dari 400 brand dan digelar pada tanggal 6 sampai 9 Juni 2024 di Jakarta Convention Center.

(cxo/tim)

NEW RELEASE
CXO SPECIALS