Insight | Business & Career

Berbicara Seputar Bisnis dan Sustainability bersama Dion Wiyoko dan Patrick Owen

Rabu, 15 Mar 2023 18:00 WIB
Berbicara Seputar Bisnis dan Sustainability bersama Dion Wiyoko dan Patrick Owen
Foto: CXO Media
Jakarta -

Sustainability sebuah produk dalam ekosistem bisnis adalah sebuah gerakan yang kini kian berkembang dan bermanfaat, baik untuk konsumen maupun lingkungan. Tidak hanya perihal sustainability, pada sesi pertama OPPO Creativepreneur Corner Powered by BNI, Dion Wiyoko yang merupakan seorang aktor dan entrepreneur dan Patrick Owen selaku CMO OPPO Indonesia juga berbagi kisah serta insight yang bermanfaat seputar teknik berbisnis pada masa kini.

Dion Wiyoko: Mengembangkan Bisnis yang Sustainable

Dion Wiyoko adalah adalah aktor Indonesia yang sudah banyak membintangi berbagai film ternama tanah air, seperti Imperfect, Perahu Kertas, Cek Toko Sebelah, dan masih banyak lagi. Selain menjadi aktor, Dion juga aktif dalam berbisnis selama ini. Di panggung OPPO Creativepreneur Corner Powered by BNI edisi Malang, ia menceritakan perjalanannya membangun bisnis dari awal sampai sekarang.

Dion Wiyoko memulai bisnis F&B pada awal tahun 2016 mengaku bahwa awal mula terjun menjadi entrepreneur adalah hal yang tidak ia rencanakan dengan matang. Ia mengatakan bahwa ajakan teman yang memiliki modal dan skill dalam bidang bisnis F&B untuk menjadi partner bisnisnya membuatnya terdorong untuk mencoba menjadi entrepreneur. Tidak hanya itu, ia juga menjalani bisnis kue bersama sang Istri yang kian sukses dan hingga saat ini masih digeluti bersama.

Pandemi yang terjadi selama kurang lebih 3 tahun ini tentu menjadi sebuah topik yang tidak luput dibahas oleh para entrepreneur. Dion Wiyoko mengaku bahwa pandemi adalah suatu momen yang membuatnya jatuh bangun dalam menghadapi dan menanggulangi segala permasalahan yang diakibatkan oleh pandemi tersebut. Namun, ia berangkat dari permasalahan tersebut untuk membuat strategi marketing baru yang cocok untuk bisnisnya.

Dion mencoba untuk mencari cara agar produk cakery yang ia jual tidak hanya dicari oleh konsumen pada hari-hari tertentu saja. Awal mula bisnis cakery-nya yang merupakan B2C mulai ia alihkan untuk menjadi B2B dengan menjadi supplier untuk cafe-cafe ternama di Jakarta, menjadikan produk cake-nya sebagai dessert pendamping kopi yang menjadi serbuan konsumen di sana.

Tidak hanya perihal produk dan strategi marketing untuk mendapatkan keuntungan yang tinggi, Dion Wiyoko juga mengaku bahwa isu perihal sampah plastik juga perlu dijadikan suatu kekhawatiran. Karena itulah, ia juga turut mengambil langkah dalam mengurangi penggunaan plastik dalam bisnisnya. Selain untuk menjaga keasrian bumi, menurut Dion, sebuah bisnis yang memiliki concern yang sama dengan masyarakat dan terlebih lagi sustainable atau eco-friendly, maka konsumen pun akan memberikan nilai plus.

Patrick Owen: Menciptakan Produk yang Sustainability

Berbicara perihal sustainability, pembicara selanjutnya yang bergabung bersama Dion Wiyoko dan turut memberikan pandangannya perihal bisnis kepada audiens OPPO Creativepreneur Corner Powered by BNI di Malang adalah Patrick Owen yang merupakan CMO OPPO Indonesia.

Pada kesempatannya, ia berbicara tentang upaya OPPO dalam menjanjikan produk yang sustainability untuk para konsumennya. "Sustainability bukan sesuatu yang hanya menjadi omongan belaka untuk OPPO, tetapi we really mean it, and we're not greenwashing," ungkap Patrick pada sesi pertama OPPO Creativepreneur Corner Powered by BNI.

Patrick mengaku bahwa OPPO masih dalam progres dan terus berusaha keras untuk menjadi produk yang sustainability. Salah satu upayanya adalah dengan mengurangi penggunaan plastik untuk packaging. Tidak hanya itu, Patrick juga menambahkan bahwa untuk bidang elektronik, upaya sustainability yang paling utama adalah dengan menciptakan produk yang terbaik agar longlasting. Menurutnya, produk yang tahan lama adalah sebuah bentuk sustainability itu sendiri, agar konsumen tidak perlu berkali-kali membeli sebuah handphone dalam kurun waktu yang cepat.

Patrick juga menambahkan bahwa dalam berbisnis, kita harus mengetahui apa yang konsumen inginkan dan butuhkan. Dengan memiliki pengetahuan akan hal tersebut, maka kita akan memiliki senjata terbaik untuk memenangkan industri yang dijalani.

Itu dia ulasan singkat mengenai apa yang dibahas oleh kedua speakers pada sesi pertama OPPO Creativepreneur Corner Powered by BNI edisi kota Malang. Untuk memeriahkan acara yang insightful ini, kamu bisa ikutan post dengan hashtag #OPPOPortraitofLove di Instagram!

[Gambas:Audio CXO]

(DIP/tim)

NEW RELEASE
CXO SPECIALS