Insight | Business & Career

Kilas Balik Keseruan OPPO Creativepreneur Corner 2023 Powered by BNI di Medan

Selasa, 14 Mar 2023 17:00 WIB
Kilas Balik Keseruan OPPO Creativepreneur Corner 2023 Powered by BNI di Medan
Jakarta -

Setelah menyambangi Makassar, keseruan OPPO Creativepreneur Corner 2023 Powered by BNI berlanjut ke Sumatra Utara, tepatnya di Medan. Diselenggarakan pada Sabtu, 4 Maret 2023 di Medan International Convention Center, event inspiratif ini menghadirkan pembicara-pembicara dari berbagai bidang seperti Magdalena Fridawati, Hanna Keraf, Marchella FP, Winston Utomo, Raffi Ahmad, dan Angga Sasongko. Seperti apa saja keseruannya? Baca terus untuk rangkuman kami!

Inspirasi Tanpa Batasan Industri

OPPO Creativepreneur Corner 2023 Powered by BNI di Medan dibagi menjadi tiga sesi, dengan pembicara pertama Magdalena Fridawati-dikenal juga sebagai Mgdalenaf-dan Hanna Keraf. Magdalena menceritakan soal perjalanannya sebagai food blogger, vlogger, hingga pebisnis. Berangkat dari hobi makannya, Magdalena melihat peluang untuk menjadikan ini sebagai profesinya. Mulai dari review berformat tulisan, kemudian berkembang ke video, database masif yang mencakup UMKM di berbagai penjuru Indonesia ini kemudian menjelma menjadi festival kuliner bernama Barbarzaar. Tak berhenti di situ, ia juga membuat berbagai brand kuliner seperti sambal hingga makaroni pedas.

Pembahasan berlanjut ke pembicara Hanna Keraf, yang mendirikan brand Du Anyam bersama teman-temannya untuk berkontribusi pada perkembangan ekonomi komunitas perempuan. Tidak hanya itu, Du Anyam juga melestarikan tradisi menganyam dari Nusa Tenggara Timur ke basis konsumen yang lebih luas-hingga menjadi official merchandise dari gelaran Asian Games di Indonesia pada 2018 kemarin. Magdalena dan Hanna keduanya sepakat bahwa bisnis yang baik tidak hanya berfokus pada keuntungan, namun juga dapat memberi dampak baik ke lingkungan dan masyarakat.

Sesi kedua dimulai dengan pembicara Marchella Febritrisia Putri atau Marchella FP, penulis dan intellectual property creator yang banyak dikenal lewat karya-karya seperti Generasi 90an dan Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini. Karya-karyanya tidak berhenti dalam bentuk buku saja, namun berkembang ke dalam medium lain seperti film hingga kolaborasi dengan brand. Ketertarikan Marchella dalam mengembangkan intellectual property adalah karena kemampuannya untuk berkembang dan hidup jauh lebih lama dari pembuatnya. Ia percaya bahwa "Semua yang disampaikan dengan hati akan sampai ke hati yang lain."

Sesi berlanjut ke founder dan CEO IDN Media, Winston Utomo. Berangkat dari kariernya di Google, ia belajar banyak mengenai teknologi dan Indonesia. Ia melihat absennya media di Indonesia yang berfokus pada generasi muda dan tak terfokus pada Jakarta, Kini, IDN Media telah sukses merambah berbagai niche melalui jaringannya. Dalam menggeluti industri ini, Winston menyatakan bahwa critical thinking seorang jurnalis adalah aset tidak tergantikan.

Puncak Antusiasme OPPO Creativepreneur Corner 2023 Powered by BNI edisi Medan

Antusiasme pengunjung OPPO Creativepreneur Corner 2023 Powered by BNI edisi Medan mencapai puncaknya menjelang sesi terakhir yang diisi oleh Raffi Ahmad dan Angga Sasongko. Raffi Ahmad bercerita mengenai perjalanan panjang kariernya hingga mencapai titik ini, yang kuncinya adalah kesediaan untuk selalu beradaptasi dan melakukan hal baru. Raffi percaya bahwa rezeki hanya akan datang pada mereka yang berjuang dan mau mengerjakan apa saja.

Angga Sasongko kemudian menjabarkan tentang bagaimana Visinema berkembang menjadi entertainment powerhouse lokal dari permulaannya yang sederhana di garasi. Ia menceritakan bahwa tujuan dan fokus Visinema bukanlah untuk memproduksi film semata, namun memberikan end-to-end service dan mengomunikasikan cerita melalui berbagai medium. Angga juga menyatakan bahwa kunci untuk menjadi sukses dalam industri apapun adalah untuk menjadi yang terbaik di bidangnya, maka industri pun kemudian akan me-notice karya atau pekerjaan kita.

Berbagai cerita dan pengalaman seluruh pembicara ini menjadi insight berharga bagi pengunjung. Bagi mereka yang berminat untuk terjun ke dunia entrepreneur, tentu seluruh cerita ini tidak bisa dilewatkan dan bisa dijadikan pelajaran. Setelah Medan, OPPO Creativepreneur Corner 2023 Powered by BNI akan berlanjut mengunjungi Malang-dengan pembicara Patrick Owen, Dion Wiyoko, Anindya Bakrie, Rob Clinton, Arief Muhammad, dan Ernest Prakasa. Penasaran dengan apa saja yang akan disampaikan berbagai pembicara ini? Terus simak CXO Media untuk rekapnya!

[Gambas:Audio CXO]

(ari/tim)

NEW RELEASE
CXO SPECIALS