Insight | Business & Career

5 Keuntungan Investasi Emas Sebagai Tabungan Masa Depan

Kamis, 01 Dec 2022 18:25 WIB
5 Keuntungan Investasi Emas Sebagai Tabungan Masa Depan
Jakarta -

Di era yang semakin maju seperti sekarang ini, semakin banyak orang teredukasi dan tergiur untuk melakukan investasi. Sayangnya, tidak sedikit yang akhirnya memilih mundur karena bingung memilih jenis investasi yang berpotensi menguntungkan. Padahal, terdapat investasi yang sangat menguntungkan dengan modal yang tidak terlalu besar, yaitu investasi emas.

Investasi emas saat ini telah menjadi favorit di berbagai kalangan usia. Mulai dari generasi milenial hingga generasi baby boomers. Bahkan, investasi emas digadang-gadang lebih menguntungkan daripada jenis investasi lainnya. Lalu apa saja keuntungan investasi emas tersebut? Simak penjelasan berikut.


1. Emas Bisa Menjadi Dana Darurat

Emas termasuk investasi jangka panjang karena keuntungan tidak bisa kita dapatkan dengan cepat. Investasi emas memang sangat menjanjikan, namun pada kondisi ekonomi yang stabil harga emas cenderung stabil. Fluktuasi harga emas tergantung pada nilai mata uang nasional terhadap mata uang asing. Meskipun kenaikan harga emas bisa terjadi beberapa tahun sekali, namun emas memiliki harga yang cenderung naik daripada turun. Untuk itu, investasi emas mampu memberi keuntungan dalam jangka panjang dan bisa menjadi dana darurat di masa depan.

2. Modal Tidak Terlalu Besar

Untuk bisa berinvestasi emas, kita tidak perlu merogoh kocek yang dalam. Sebaiknya buang jauh-jauh anggapan bahwa untuk mendapat keuntungan, investasi emas harus dengan dana yang besar. Tentu saja ini sangat praktis dan cocok bagi investor pemula yang ingin berinvestasi sejak dini. Kita hanya perlu menyesuaikan kemampuan finansial dengan jumlah emas yang akan kita beli untuk investasi. Investasi emas di aplikasi Pegadaian Digital mudah dan bisa dimulai dari Rp50.000 saja.

3. Risiko Terbilang Minim

Memilih emas sebagai investasi menjadi solusi terbaik untuk pemula, karena selain memiliki berbagai keuntungan, investasi ini juga minim risiko. Emas bisa kita simpan dalam jangka waktu lama, bahkan tidak akan mengalami perubahan pada fisiknya. Selain itu, keuntungan investasi emas dari segi penyimpanan yang lama tidak menurunkan kualitasnya tersebut. Risiko investasi emas ini terbilang sangat minim karena harganya yang cenderung stabil bahkan naik menjadikannya lebih aman. Tak hanya itu saja, investasi emas terbilang aman karena tidak akan terdampak inflasi. Justru nilai harganya yang semakin meroket akan investasi emas ini mampu memberikan keuntungan maksimal.

4. Simulasi Harga Bisa Kita Pantau Kapan Saja

Dalam berinvestasi, kita juga bisa melakukannya secara online sehingga investasi emas bisa kita pantau kapan saja, salah satunya dari aplikasi Pegadaian Digital. Fluktuasi harga pun bisa kita ketahui secara real time. Untuk itu kita bisa mengetahui kapan waktu yang tepat untuk membeli emas maupun ketika ingin menjualnya. Tak hanya itu saja, harga emas juga tidak terpengaruh secara langsung oleh kebijakan pemerintah, karena harga emas mengikuti kondisi pasar. Meski demikian, ketika mata uang tidak stabil, harga emas juga bisa turun meskipun masih dalam nominal wajar. Namun hal ini sangat jarang terjadi, karena secara umum harga emas selalu mengalami peningkatan tiap tahunnya.

5. Investasi yang Terbilang Likuid

Keuntungan investasi emas dipercaya memiliki nilai yang tinggi dan semua orang sepakat dengan hal tersebut. Untuk menjual emas pun bisa kita lakukan dengan mudah guna mendapatkan uang tunai atau cash. Bisa kita bilang, emas merupakan salah satu investasi yang punya likuiditas terbaik. Selain itu, sifatnya yang universal menjadikan pelaku investasi emas bisa mendapatkan banyak keuntungan. Sebab kapanpun dan di manapun, emas mudah diuangkan, baik dijual maupun Gadai di Pegadaian.

[Gambas:Audio CXO]

(tim/alm)

Author

Timotius P

NEW RELEASE
CXO SPECIALS