Interest | Art & Culture

Jelajahi Seni Grafis Melalui Pameran "Tarung Grafis"

Rabu, 18 May 2022 16:00 WIB
Jelajahi Seni Grafis Melalui Pameran
Jakarta -

Skena seni Indonesia memiliki banyak potensi yang bisa digali dan dijelajahi. Berkunjung ke pameran seni pun menjadi salah satu kegiatan yang digemari oleh masyarakat. Mulai dari karya dua dimensi, karya tiga dimensi, hingga karya mixed media yang bersifat interaktif, ada banyak sekali bentuk karya yang bisa dinikmati.

Namun di luar itu, ada satu lagi jenis karya yang tak kalah menariknya, yaitu seni grafis. Seni grafis sendiri merupakan salah satu cabang seni rupa yang proses pembuatan karyanya menggunakan teknik cetak. Mulai tanggal 13 Mei hingga bulan Juni 2022, kamu bisa mengunjungi pameran "Tarung Grafis" yang diadakan di Lawangwangi Art Space, Bandung!

"Tarung Grafis" merupakan pameran bersama yang dipersembahkan oleh ArtSociates dan bekerjasama dengan Devfto Printmaking Institute serta Miracle Prints Artshop & Studio. Devfto Printmaking Institute merupakan studio printmaking yang diinisiasi oleh Devy Ferdianto dan berbasis di Bali, sedangkan Miracle Prints Artshop & Studio merupakan studio printmaking yang diinisiasi oleh Syahrizal Palevy dan berbasis di Yogyakarta.

Di pameran ini, akan ada dua kelompok yang akan saling "bertarung", yaitu 13 seniman dari Yogyakarta dan 13 seniman dari Bali. Yogyakarta dan Bali memang cukup terkenal dengan skena seninya, dan seniman grafis dari dua kota ini akan saling bertemu di kota Bandung yang menjadi tuan rumah penyelenggaraan pameran.

Tidak hanya menawarkan wacana soal perkembangan seni grafis tanah air, pameran ini juga menawarkan perpanjangan artistik dari seni grafis yang hadir melalui karya-karya yang ketat dalam konvensi seni grafis maupun yang keluar dari konvensi seni grafis atau expanded. Akan ada beberapa variasi karya grafis yang bisa dijelajahi, mulai dari seni grafis yang dicetak di kertas, di kanvas, di aluminium, dan ada juga karya grafis instalasi.

Pameran ini dikuratori oleh Asmudjo J. Irianto dan Tisna Sanjaya. Selain itu, ada 5 juri yang akan menilai karya, mereka adalah Andonowati, Asmudjo J. Irianto, Konfir Kabo, Simon Tan, dan Tisna Sanjaya. Nantinya, 3 karya terbaik akan diberikan penghargaan.

Pembukaan pameran diadakan pada tanggal 13 Mei 2022 dengan rangkaian acara berupa tur kuratorial serta pemberian penghargaan terhadap tiga karya terbaik. Harapannya pameran ini bisa menawarkan antusiasme, renungan dan perkembangan untuk seni grafis tanah air. Bagi kalian yang tinggal di Bandung atau berencana berwisata ke Bandung, pameran ini tak boleh kalian lewatkan!

[Gambas:Audio CXO]



(ANL/DIR)