Interest | Art & Culture

5 Pameran Seni yang Bisa Dikunjungi Bulan Ini

Kamis, 07 Apr 2022 16:00 WIB
5 Pameran Seni yang Bisa Dikunjungi Bulan Ini
Jakarta -

Banyak yang mengira, satu-satunya bentuk hiburan di Jakarta adalah pergi ke tempat perbelanjaan. Padahal, ada banyak sekali hal-hal yang bisa dijelajahi di kota ini, termasuk beragam acara seni yang selalu hadir setiap bulannya. Bagi kalian yang meminati seni atau sekedar ingin menjelajahi karya-karya seniman lokal, pameran-pameran seni ini terlalu sayang untuk dilewatkan. Mulai dari pameran tunggal yang diadakan galeri berskala kecil, hingga pameran kelompok yang diadakan di Galeri Nasional, ini dia 5 pameran seni yang bisa dikunjungi di bulan April!

Sleazy Environmentalism

.Sleazy Enviromentalism/ Foto: RUBANAH Underground Hub


Sleazy Environmentalism adalah pameran tunggal dari seniman Ardi Gunawan yang dikurasi oleh Mitha Budyarto. Pameran ini menghadirkan karya-karya terbaru Ardi yang mengeksplorasi tema lingkungan melalui perspektif absurditas dan ironi. Di sini, "alam" digambarkan melalui aspek seksualitas, irasionalitas, dan humor. Di tengah krisis ekologis yang semakin meningkat, pameran ini bisa memperluas dialog mengenai kesadaran lingkungan dari perspektif yang berbeda. Pameran ini diadakan dari tanggal 26 Maret hingga 24 April 2022 dan bisa dikunjungi di RUBANAH Underground Hub, Menteng, Jakarta.

HBYEBIRNIGD

.HBYEBRNIGD/ Foto: SAL Project via Instagram


HBYEBRNIGD adalah pameran tunggal dari seniman Rebellionik atau Onik yang diadakan di SAL Project dan dikurasi oleh Axel Ridzky. Rebellionik merupakan seniman multidisiplin yang berangkat dari latar belakang arsitektur. Judul pameran ini diambil dari kata 'being' dan 'hybrid'. Di pameran ini, Rebellionik merefleksikan kembali makna 'hybrid' yang selama ini juga terkait dengan penciptaan karya-karyanya. Pameran ini bisa dikunjungi mulai dari tanggal 31 Maret hingga 25 Mei 2022 di SAL Project, Pondok Aren, Tangerang Selatan.

Pameran Indonesian Women Artist #3

.Pameran Indonesian Women Artist #3/ Foto: Galeri Nasional via Instagram


Pameran Indonesian Women Artists #3 merupakan pameran seni yang dihadirkan oleh Galeri Nasional Indonesia bersama dengan Yayasan Cemara Enam. Pameran ini menghadirkan karya dari 10 seniman perempuan, yaitu Arahmaiani, Bibiana Lee, Dolorosa Sinaga, Dyan Anggraini, Indah Arsyad, Melati Suryodarmo, Mella Jaarsma, Nunung W. S., Sri Astari Rasjid, dan Titarubi. Dengan mengusung tema "Infusions into Contemporary Art", kalian bisa menikmati karya seni kontemporer dari seniman perempuan Indonesia. Pameran ini bisa dikunjungi di Galeri Nasional Indonesia mulai dari 30 Maret hingga 29 April 2022 dengan melakukan registrasi di galnas-id.com.

Tilem. Disruptive Liminalities

pameran seniTilem. Disruptive Liminalities/ Foto: Space8 via Instagram


Seniman asal Bandung, Zico Albaiquni, mengadakan pameran tunggal bertajuk Tilem. Disruptive Liminalities. 'Tilem. Disruptive Liminalities' dikurasi oleh Dr Sadiah Boonstra dan dipersembahkan oleh Yavuz Gallery. Karya-karya Zico selama ini selalu erat dengan tema mengenai kolonialisme dan sejarah seni rupa Indonesia, tak terkecuali di pameran ini. Kali ini, Zico menyoroti mazhab seni rupa Indonesia dan spiritualitas Sunda, salah satunya dengan mengangkat gerakan Jeprut. Jeprut sendiri merupakan gerakan seni berbasis performance art yang berkembang di Bandung. Pameran ini bisa dikunjungi di Spac8, ASHTA District 8, Jakarta, mulai dari 30 Maret hingga 8 Mei 2022.

1 Exhibition

.1 Exhibition/ Foto: ROH via Detik


Dalam rangka pembukaan art space barunya di Jakarta, ROH mengadakan pameran seni bertajuk 1. Pameran ini menghadirkan karya dari 16 seniman, yaitu Aditya Novali, Arin Dwihartanto Sunaryo, Bagus Pandega, Davy Linggar, Faisal Habibi, Kei Imazu, Luqi Lukman, Maruto, Mei Homma, Mella Jaarsma, Nadira Julia, Nadya Jiwa, Syagini Ratna Wulan, Syaiful Aulia Garibaldi, Tromarama, and Uji "Hahan" Handoko. Dengan hadirnya ruang pameran ini, ROH berharap bisa secara konsisten menyajikan program-program bagi seniman maupun masyarakat umum. Pameran 1 bisa dikunjungi mulai dari 31 Maret hingga 7 Mei 2022 di Jalan Surabaya No. 66, Jakarta. Namun untuk menjaga protokol kesehatan, pengunjung diharapkan untuk membuat janji terlebih dahulu. Untuk info selengkapnya, kalian bisa mengunjungi instagram @rohprojects.

Itu dia beberapa pameran seni yang bisa kalian kunjungi bulan ini. Tunggu apa lagi, segera ajak pasangan, teman, atau keluarga kamu untuk mengunjungi pameran-pameran ini!

[Gambas:Audio CXO]

(ANL/MEL)