Interest | Art & Culture

Mari Berpartisipasi dalam Bandung Contemporary Art Awards!

Jumat, 01 Apr 2022 18:00 WIB
Mari Berpartisipasi dalam Bandung Contemporary Art Awards!
Jakarta -

Calling all emerging artists to participate in Bandung Contemporary Art Awards! Bandung Contemporary Art Awards #7 atau Seventh BaCAA merupakan ajang penganugerahan yang dikelola oleh Artsociates bersama Lawangwangi Creative Space. Sejak diselenggarakan pertama kali tahun 2010, BaCAA bertujuan untuk memberi kesempatan bagi perupa baru untuk mempromosikan karya mereka dan memajukan keterlibatan mereka di kancah seni baik di tingkat regional maupun internasional. Pada perjalanannya, BaCAA telah menjadi stimulus dan berkembang sebagai barometer karir para perupa kontemporer Indonesia.

Di ajang ini, para seniman muda yang aktif memamerkan karya-karya mereka berkesempatan untuk mendapatkan hadiah uang tunai, art trip, dan juga kesempatan untuk menjalani residensi seni internasional. Dari 15 karya finalis yang terpilih, tiga karya terbaik berkesempatan untuk mendapatkan hadiah uang tunai sebesar Rp 100.000.000. Tak hanya itu, mereka juga akan mendapatkan kesempatan untuk menjalani residensi seni di Intermondes, la Rochelle, Perancis.

.Seventh BaCAA/ Foto: Art Jakarta

BaCAA menerima submisi dari para perupa Indonesia di bawah 40 tahun yang telah memamerkan karyanya di galeri seni mapan, ruang seni publik, atau ruang seni baru dengan portfolio dan agenda tahunan yang terdefinisi dengan baik. Karya yang dapat diterima adalah karya yang diproduksi antara tahun 2020 hingga 2022. Terkait tema, BaCAA tidak mematok tema spesifik selama karya mengacu pada seni kontemporer. Medium konvensional pun tak menjadi batasan untuk karya-karya yang akan diterima, sebab BaCAA terbuka dengan karya-karya digital seperti Non-fungible Token atau NFT.

Dari seluruh karya submisi yang terkumpul, 15 karya akan dipilih untuk dipamerkan di Lawangwangi Creative Space. Panel juri yang turut berpartisipasi dalam Seventh BaCAA adalah para profesional di bidangnya. Mereka adalah FX Harsono (Perupa, Indonesia), Tom Tandio (Direktur Art Fair, Indonesia), Aaron Seto (Direktur Museum MACAN, Indonesia), Evelyn Halim (Kolektor, Indonesia) dan Wiyu Wahono (Kolektor, Indonesia).
Pendaftaran untuk submisi karya telah dibuka sejak 11 Maret 2022 dan akan dibuka hingga 17 Juni 2022. Pendaftaran bisa dilakukan melalui laman BaCAA. Catat tanggal-tanggal penting lainnya dalam penyelenggaraan Seventh BaCAA:

1 Juli - 5 Juli                       : Pengumuman 30 Seniman Terpilih
19 Juli - 21 Juli                   : Penjurian Semifinalis ke Finalis
23 Juli - 25 Juli                   : Pengumuman 15 Seniman Terpilih
12 Agustus - 18 September : Malam Penghargaan dan Pameran

Bagi kalian para perupa muda yang tertarik untuk berpartisipasi, ayo segera daftarkan diri kalian!

[Gambas:Audio CXO]

(ANL/DIR)

NEW RELEASE
CXO SPECIALS