Interest | Wellness

Mengenal Sleep Debt

Rabu, 06 Dec 2023 16:00 WIB
Mengenal Sleep Debt
Jakarta -

Bagi anak-anak muda seperti kita, tidur kini sepertinya adalah sesuatu yang 'mahal' untuk didapat, terutama tidur yang berkualitas. Tidur yang berkualitas itu tidak selalu soal lamanya lho, tetapi sesuai yang kamu butuhkan. Jadi, sudah berapa lama kamu tidur hari ini? Kalau kurang dari yang dibutuhkan, artinya kamu sedang mengalami sleep debt .

Hutang tidur , juga dikenal sebagai defisit tidur, adalah perbedaan antara berapa banyak tidur yang dibutuhkan dan berapa banyak yang sebenarnya diperoleh. Ketika kita tidur lebih sedikit dari yang dibutuhkan tubuh, kita memiliki utang tidur atau utang tidur.

Hal ini bersifat kumulatif, artinya jika kita kurang tidur secara teratur, kita akan memiliki lebih banyak hutang tidur. Utang tidur sifatnya bertambah seiring waktu dan dapat berdampak negatif pada kesehatan. Misalnya, jika kamu mendapatkan tidur hanya sebanyak empat jam, di mana seharusnya mendapatkan tidur sebanyak delapan jam, kamu akan mempunyai utang tidur sebesar empat jam.

Jika kamu melakukan ini selama tujuh hari ke depan, maka kamu akan tidur selama 28 jam. Demikian pula, jika kamu tidur 20 menit atau 40 menit lebih lambat dari biasanya selama beberapa hari, hal ini dapat dengan cepat menambah hutang tidur.

Oleh karena itu, kebiasaan larut malam harus selalu diperhatikan dan memastikan bahwa sesibuk apapun usahakan untuk tidak melewatkan waktu tidur saat bepergian, bekerja, belajar, atau menonton acara. Penggunaan tidur dapat berdampak negatif terhadap kesehatan, karena tidur merupakan hal yang cukup penting dalam menyokong kesehatan fisik dan mentalsesibuk apapun usahakan untuk tidak tidak melewatkan waktu tidur saat bepergian, bekerja, belajar, atau menonton acara. Utang tidur dapat berdampak negatif terhadap kesehatan, karena tidur merupakan hal yang cukup penting dalam menyokong kesehatan fisik dan mental

Penelitian menunjukkan bahwa kita dapat beradaptasi dengan jam tidur yang kronis. Artinya, meskipun kita tidak merasa ketakutan, secara tidak sadar tubuh mungkin sudah mengalami penurunan kinerja mental dan fisik yang signifikan.

Memiliki hutang tidur juga dapat berdampak tinggi untuk beberapa kondisi kesehatan seperti hipertensi, diabetes melitus, penyakit jantung koroner, obesitas, penyakit kardiovaskular, dan lain-lain. Untuk menghindari konsekuensi hutang tidur atau hutang tidur, Anda perlu mengetahui berapa banyak waktu tidur yang dibutuhkan tubuh, mendisiplinkan diri, dan meningkatkan kebersihan tidur. Untuk menghindari konsekuensi sleep debt atau hutang tidur, kamu perlu mengetahui berapa banyak waktu tidur yang dibutuhkan tubuh, mendisiplinkan diri, dan meningkatkan sleep hygiene.

[Gambas:Audio CXO]

(DIR)

NEW RELEASE
CXO SPECIALS