Interest | Wellness

Busting Myths: Keramas Saat Haid Berbahaya bagi Kesehatan

Kamis, 04 Aug 2022 20:00 WIB
Busting Myths: Keramas Saat Haid Berbahaya bagi Kesehatan
Ilustrasi keramas Foto: Freepik
Jakarta -

Keramas atau mencuci rambut merupakan bagian dari menjaga kebersihan tubuh. Namun, dalam situasi tertentu, beberapa masyarakat percaya bahwa perempuan dilarang untuk mencuci rambut ketika ia sedang datang bulan atau haid. Alasannya karena saat menstruasi, tubuh perempuan lebih rentan terserang penyakit sebab pori-pori kepala sedang terbuka. Salah satunya adalah mengalami sakit kepala dan menghambat peredaran darah dari kepala ke seluruh tubuh.

Namun, bagi kamu yang masih mempercayai hal ini, sepertinya kamu harus berhenti. Pasalnya, anggapan tersebut hanyalah mitos belaka. Dokter Spesialis Kandungan, dr. Sita Ayu Arumi dikutip detikHealth mengatakan pori-pori di kulit kepala biasanya akan lebih terbuka ketika butuh penguapan. Seperti saat kamu berolahraga atau kepanasan, pori-pori kulit kepala terbuka untuk mengeluarkan keringat.

.Ilustrasi keramas/ Foto: Veectenzy

Justru sebaliknya keramas saat haid akan memberikan sejumlah manfaat bagi kesehatan. Mulai dari bisa memperbaiki suasana hati, mengendurkan otot, meredakan kram perut, membuat badan terasa nyaman dan bersih, dan meningkatkan kepercayaan diri. Kamu pun juga diperbolehkan untuk mandi air hangat, karena bisa meringankan gejala kram dan menenangkan otot tubuh yang tegang akibat siklus menstruasi.

Sakit kepala yang kamu alami saat haid bukan disebabkan keramas. Sakit itu dipicu oleh perubahan hormon yang sedang berfluktuasi. dr. Sita menyarankan untuk tetap memperhatikan kebersihan tubuh, termasuk kebersihan rambut. Jadi, tetaplah menjaga kebersihan dirimu saat haid ya!

[Gambas:Audio CXO]

(DIR/MEL)