Interest | Wellness

Busting Myths: Mencabut Uban Bisa Menumbuhkannya 10 Kali Lipat

Selasa, 12 Jul 2022 10:00 WIB
Busting Myths: Mencabut Uban Bisa Menumbuhkannya 10 Kali Lipat
Jakarta -

Mungkin kamu sering mendengar mitos paling terkenal tentang uban, bahwa jika dicabut, maka akan tumbuh lebih banyak hingga 10 kali lipat. Mitos ini dipercaya banyak orang lantaran banyak yang sudah merasakannya sendiri, di mana mereka selalu merasa mencabut uban bukan justru menghilangkannya, namun menambahnya di tempat-tempat lain pada kepala.

Melanin merupakan pigmen yang berfungsi untuk memberi warna pada kulit dan rambut. Produksi sel pigmen pada pori-pori kulit di rambut atau folikel rambut akan menurun seiring bertambahnya usia. Jika folikel rambut memiliki sedikit sel pigmen, maka hal ini menyebabkan helaian rambut tidak mengandung melanin sebanyak saat usia lebih muda. Maka dari itu, warna rambut akan tumbuh menjadi lebih transparan seperti abu-abu, perak, ataupun putih, ketika kembali tumbuh. Inilah yang menimbulkan ubanan.

.Uban rambut/ Foto: Veectenzy

Faktanya, mencabut uban memang akan menghilangkan helaian uban tersebut, namun hanya sementara karena folikel rambut akan terus memproduksi helaian lain untuk menggantikan helaian yang telah dicabut sebelumnya. Sehingga, mencabut uban merupakan hal yang sia-sia karena folikel rambut hanya akan kembali menumbuhkan si uban tersebut. Namun, hal ini bukan berarti bahwa pencabutan uban dari satu folikel akan mempengaruhi beberapa folikel lain atau yang ada disekitarnya.

Dr. Shaskank Kraleti, M.D. menjelaskan, "Plucking a gray hair will only get you a new gray hair in its place because there is only one hair that is able to grow per follicle. Your surrounding hairs will not turn white until their own follicles' pigment cells die." Sehingga, sebenarnya mencabut uban tidak akan menumbuhkannya 10 kali lipat karena uban hanya akan tumbuh jika sel pigmen pada folikel rambut tidak dapat memproduksi melanin lagi.

.Ilustrasi uban/ Foto: Veectenzy

Mencabut uban juga merupakan aktivitas yang harus dihindari, karena hal ini dapat menyebabkan trauma pada folikel rambut yang dapat mengarah pada infeksi hingga kebotakan. Jika kamu terganggu dengan uban, kamu bisa memotongnya secara hati-hati atau mewarnai rambut dengan cat rambut yang tersedia dalam beragam warna.

[Gambas:Audio CXO]

(HAI/HAL)

Author

Hani Indita