Interest | Wellness

Facial Rollers, Apakah Benar-benar Ampuh?

Sabtu, 04 Jun 2022 14:00 WIB
Facial Rollers, Apakah Benar-benar Ampuh?
Foto: Karolina Grabowska - Pexels
Jakarta -

Kamu mungkin pernah melihat face roller di media sosial. Gadget kecil ini paling sering dibuat dari batu jade atau rose quartz. Beberapa di antaranya memiliki dua sisi bola rol, dan beberapa juga memiliki ukuran berbeda yang dipasang di kedua ujung pegangan. Alat ini dikenal dengan klaimnya yang menawarkan manfaat kulit utama. Jadi, mengapa sebenarnya orang memijat wajah mereka dengan roller wajah?

Gerakan sederhana seperti memijat wajah dengan roller wajah dikatakan memiliki banyak manfaat untuk kulit. Bahkan, banyak juga yang mengatakan roller wajah ini dapat mengurangi stres dan melepaskan ketegangan, seperti halnya pijat refleksi tubuh. Namun sepertinya, manfaat roller wajah tampak too good to be true. Karena, bagaimana bisa suatu benda kecil yang sederhana dapat memberikan hasil signifikan seperti yang dikatakan orang-orang?

Mengulas sejarah roller wajah, tren menggunakan batu kristal jade sudah ada semenjak abad ke-7 di Cina sebagai ritual perawatan kulit yang hanya diperuntukkan bagi kaum elit. Batu yang satu ini dianggap sebagai batu permata yang sangat berharga dengan kekuatannya untuk menunda penuaan. Facial roller ini diyakini ditemukan pada masa Dinasti Qing dan biasa juga disebut dengan Yushi Gunlun. Permaisuri Cixi diklaim menyukai roller wajah ini dan menggunakannya secara teratur. Bahkan, kamu juga bisa melihat jade roller yang dihiasi dengan emas yang elegan sebagai koleksi antik di Palace Museum, Beijing.

Manfaat roller wajah bervariasi tergantung pada penggunaannya di bagian-bagian tertentu. Namun, klaim yang paling utama terdiri dari peningkatan sirkulasi darah, mencerahkan warna kulit, dan kekenyalan kulit, mengurangi bengkak, kerutan, dan lingkaran hitam di bawah mata, membantu membuang racun di kulit; dan mengencangkan kulit. Sementara itu, penggunaan roller wajah ini biasa juga dikenal dengan pijat wajah limfatik atau pijat drainase limfatik, yang fungsi utamanya adalah untuk melancarkan aliran darah dan jaringan otot di wajah. Jadi, dengan menggunakan roller wajah pada wajah dengan tekanan ringan, kamu sama juga dengan mendorong darah yang penuh dengan oksigen ke permukaan kulit dan semakin lancarnya sirkulasi darah, semakin mudah pula kulit untuk melepaskan racun.

Seiring bertambahnya usia, kemampuan tubuh untuk mengeluarkan kelebihan cairan dari sistem limfatik akan semakin menurun dan semakin tidak efektif. Jadi, meningkatkan aliran limfatik dengan pijatan dari facial roller dapat menstimulasi beberapa manfaat seperti yang sudah disebutkan di atas. Namun, dengan adanya kebenaran mengenai fungsi roller wajah, terdapat pula beberapa mitos mengenai hasil penggunaan alat yang unik ini. Banyak yang mengatakan bahwa penggunaan roller wajah dapat melangsingkan wajah, hal ini tentu saja hanya mitos belaka.

Hal ini dikarenakan satu-satunya cara untuk membuang lemak dan menurunkan berat badan pada bagian tubuh mana pun-termasuk wajah    kita diharuskan untuk mengontrol nutrisi dan melakukan olahraga rutin. Mitos selanjutnya yang datang dari roller wajah adalah kemampuan kristalnya untuk menyembuhkan suatu kondisi kesehatan yang lain. Hal ini tentunya hanyalah mitos, meskipun ada klaim yang menyatakan bahwa kristal dapat membantu menyembuhkan penyakit, masih belum ada bukti ilmiahnya hingga saat ini.

[Gambas:Audio CXO]

(DIP/HAL)