Interest | Wellness

10 Makanan Yang Baik Untuk Kulit

Minggu, 10 Apr 2022 14:00 WIB
10 Makanan Yang Baik Untuk Kulit
Jakarta -

You are what you eat--kalimat yang satu ini ada benarnya. Selain menjaga kulit dengan perawatan dari luar, mengkonsumsi makanan yang sehat dan seimbang juga merupakan langkah penting untuk memiliki kondisi kulit yang prima dari dalam. Mencukupi kebutuhan nutrisi harian merupakan salah satu cara yang dapat kamu lakukan untuk mendapatkan kulit yang mulus dan sehat. Berikut adalah beberapa makanan yang dapat kamu konsumsi untuk membantu menjaga kesehatan kulit dan menangkas masalah wajah yang umum terjadi!

Alpukat

.Alpukat/ Foto: Gil Ndjouwou Unsplash


Selain rasanya yang lezat, alpukat kaya akan vitamin A, vitamin B, vitamin C, vitamin E, antioksidan, dan zinc yang baik untuk kesehatan kulit. Mengkonsumsi alpukat secara rutin dapat membantu untuk meningkatkan elastisitas wajah, melembabkan wajah, dan mengurangi hiperpigmentasi pada kulit. Selain dikonsumsi, kamu juga bisa menjadikan alpukat sebagai masker wajah.

Paprika

.Paprika/ Foto: Rens de Hos Unsplash


Vitamin A dan vitamin C yang ada di dalam paprika sangat bermanfaat untuk menangkal radikal bebas dan juga menjaga kekenyalan maupun kesehatan kulit. Tidak hanya itu, paprika juga mengandung beta-karoten karotenoid yang nantinya dapat diolah secara alami oleh tubuh menjadi vitamin A, yang berfungsi untuk mencegah serta mengobati bintik-bintik hasil penuaan ataupun sinar matahari. Senyawa capsaicin dalam paprika juga berperan seperti tabir surya alami yang dapat melindungi kulit dari dampak buruk sinar UV. Untuk menikmati si bell pepper ini, kamu bisa menambahkannya di mangkuk salad atau bisa juga disantap dengan ditumis.

Kacang kenari

.Kacang Kenari/ Foto: Tom Hermans Unsplash


Makanan yang satu ini kaya akan antioksidan yang bermanfaat untuk anti-aging. Antioksidan yang terkandung dalam kacang kenari berasal dari vitamin E, melatonin, dan zat polifenol yang baik untuk mencegah tanda-tanda awal penuaan. Vitamin B6 yang ada dalam kacang kenari juga berperan dalam membentuk asam amino untuk kulit yang dapat menjaga kesehatan kulit.

Tomat

.Tomat/ Foto: Josephine Baran Unsplash


Selain mudah ditemukan di dapur, tomat memiliki segudang manfaat untuk kecantikan. Kaya akan vitamin C dan kalium, mengkonsumsi tomat dapat membantu melembapkan kulit. Selain itu, kandungan likopen pada tomat memiliki efek anti-kanker yang kuat dan dapat membantu memerangi kerusakan sel kulit, hingga melindungi dari risiko kanker kulit.

Brokoli

.Brokoli/ Foto: Tyrell Fitness and Nutrition Unsplash


Nutrisi yang dimiliki brokoli dinyatakan dapat membantu menjaga kesehatan kulit dari bahaya radikal bebas. Vitamin C, lutein, dan zinc dalam brokoli dapat mempercepat regenerasi kulit. Kandungan sulforaphane dalam brokoli juga dapat membantu dalam melawan peradangan, dan asam lemak omega-3 yang terkandung dalam brokoli dapat mengurangi alergi maupun ruam pada kulit. Tapi yang paling penting, jangan masak brokoli terlalu matang, ya! Karena jika terlalu lunak dan lembek, brokoli akan kehilangan nutrisi-nutrisinya.

Ikan

.Ikan/ Foto: Jakub Kapusnak Unsplash


Ikan memiliki banyak manfaat untuk kesehatan kulit karena mengandung omega-3 yang dapat melindungi kulit dari kerusakan akibat paparan sinar matahari UVA maupun UVB. Kandungan asam lemak omega-3 yang tinggi di dalam ikan juga dapat menjaga kulit untuk tetap kenyal dan lembab, dan mencegah timbulnya jerawat.

Stroberi

.Stroberi/ Foto: Natasha Skov Unsplash


Kandungan vitamin C, Alpha Hydroxy Acids (AHAs), salicylic acid, dan flavonoid membuat stroberi bermanfaat untuk melawan radang dan mencegah munculnya jerawat. Selain itu, stroberi juga mengandung likopen yang berperan penting dalam mencegah kemunculan tanda penuaan, serta antosianin yang dapat melindungi kulit dari proses oksidasi. Stroberi juga dikenal dapat mengatasi noda hitam ataupun bekas jerawat di kulit. Stroberi bisa dijadikan jus, yoghurt, atau dikonsumsi secara langsung.

Ubi jalar

.Ubi Jalar/ Foto: Louis Hansel Unsplash


Tidak hanya rasa yang manis, manfaat ubi jalar juga manis untuk kecantikan wajah. Makanan yang satu ini dapat membuat kulitmu tetap sehat, bercahaya, dan kenyal. Kandungan yang ada dalam ubi jalar seperti vitamin C dan vitamin E dapat membantu meningkatkan kolagen yang berfungsi untuk mengencangkan kulit. Anthocyanin dalam ubi jalar juga dapat membantu mencegah noda dan bintik hitam.

Wortel

.Wortel/ Foto: David Holifield Unsplash


Tidak hanya ubi jalar, wortel juga mengandung kolagen yang dapat meningkatkan elastisitas kulit, mencegah penuaan, dan menjaga kulit dari sinar UV. Sifat anti-inflamasi pada wortel juga berguna untuk mengatasi peradangan pada wajah. Meski memiliki banyak manfaat bagi wajah dan tubuh, jangan sampai mengkonsumsi wortel terlalu banyak jika tidak ingin kulitmu berubah menjadi kuning-oranye karena karotenemia.

Pepaya

.Pepaya/ Foto: David Holifield Unsplash


Selain wortel, buah oranye yang satu ini juga baik dikonsumsi untuk menjaga kesehatan dan kecantikan kulit. Pepaya kaya akan vitamin C, asam pantotenik, asam folat, dan likopen yang berguna untuk melembapkan wajah. Kandungan vitamin A pada pepaya juga dapat mengurangi stres pada kulit, meluruhkan sel kulit mati, sehingga menjaga kulit tetap lembut, sehat, dan cerah.

You are not going to be 20 forever! Segera mulai untuk mengkonsumsi makanan-makanan kaya akan nutrisi untuk kesehatan kulitmu sekarang dan masa depan.

[Gambas:Audio CXO]

(HAI/DIR)

Author

Hani Indita