Insight | Science

Bagaimana Konsep Berbagi Bisa Memberikan Kebahagiaan Tersendiri?

Selasa, 28 Mar 2023 16:33 WIB
Bagaimana Konsep Berbagi Bisa Memberikan Kebahagiaan Tersendiri?
Jakarta -

Di bulan Ramadhan yang penuh kebaikan ini, tentu sangat dianjurkan bagi kita untuk mengisi hari-hari dengan banyak hal yang bermanfaat, baik untuk diri sendiri maupun orang-orang di sekitar. Kegiatan seperti berdoa dan berbagi ke sesama dalam bentuk apapun itu pastinya melimpahkan banyak amal kebaikan untuk diri sendiri.

Bahkan terkadang bagi sebagian orang, memiliki kemampuan untuk berbagi dapat memberikan rasa bahagia tersendiri. Pasti kamu pernah kan, merasakan senang ketika dapat memberi atau berbagi kepada sesama? Mengapa kita bisa merasa demikian, ya?

Sebagai makhluk hidup, manusia pada dasarnya bersifat sosial dan memiliki kecenderungan untuk membangun komunitas. Mulai dari hidup bersama, makan bersama, dan bekerja sama, setiap manusia bergantung terhadap satu sama lain. Sifat ketergantungan ini, manusia akan melakukan segala hal untuk membangun hubungan yang baik ke sesamanya. Sehingga, secara natural manusia adalah makhluk yang murah hati.

Manusia yang memiliki sifat murah hati adalah sebuah bentuk cara manusia untuk bertahan hidup. Menurut Chief Scientist Elizabeth Dunn, Ph.D., kemampuan kita untuk bekerja sama dan saling membantu sangat penting untuk kelangsungan hidup kita sebagai spesies sehingga pada akhirnya kita berevolusi untuk memiliki rasa senang ketika memberi dan berbagi ke sesama.

Tidak sampai disini saja, rasa bahagia setelah memberikan sesuatu juga dapat dijelaskan dengan sains. Ketika kita mampu memberi dan berbagi ke sesama, ditambah lagi fakta apabila kita tahu apa yang kita berikan itu bisa memberikan dampak yang signifikan, maka kebahagiaan yang dirasa pun akan semakin besar.

Studi yang dilakukan oleh ahli saraf menemukan bukti kuantitatif bahwa kita merasakan kebahagiaan yang lebih besar saat membelanjakan uang untuk orang lain dibandingkan saat kita membelanjakan uang untuk diri sendiri. Raut wajah penerima ketika mereka membuka hadiah dari kita, memberikan dorongan psikologis yang memicu pelepasan endorfin ke otak kita. Sehingga menghasilkan perasaan senang dan gembira yang sama seperti yang kita alami setelah berolahraga atau sedang jatuh cinta.

Kini pertanyaan mengenai bagaimana bisa kita merasa senang ketika berbagi dengan sesama sudah terjawab, kan? Mulai sekarang, usahakanlah untuk sering berbagi dengan sekelilingmu, tidak harus selalu dalam bentuk barang, sekadar berbagi perihal ilmu saja sudah sangat membantu dan menyenangkan!

[Gambas:Audio CXO]

(DIP/DIR)

NEW RELEASE
CXO SPECIALS