Inspire | Love & Relationship

Hindari 5 Tipe Calon Pasangan Toksik Ini

Rabu, 30 Nov 2022 16:30 WIB
Hindari 5 Tipe Calon Pasangan Toksik Ini
Jakarta -

Setiap orang pasti berharap mendapatkan pasangan tepat untuk mewujudkan hubungan asmara yang sehat. But, it's not easy as turning your palm, mencari orang yang tepat untukmu butuh pengamatan yang jeli agar tidak terjebak dalam toxic relationship nantinya. Apalagi sekarang ini, begitu banyak orang yang pintar menyembunyikan jati dirinya saat masa pendekatan.

Tapi jangan khawatir, kamu masih bisa mengidentifikasi orang toksik dengan ciri-ciri mereka saat awal masa pendekatan. Nah, kenali karakter orang-orang toksik berikut ini agar kamu tidak terpikat oleh tipu daya mereka.

5 Tipe Calon Pasangan yang Perlu Kamu Hindari

Apa saja tipe calon pasangan yang sebaiknya kamu hindari sejak dini? Inilah rangkuman selengkapnya.

1. The Charmer

Orang toksik dengan tipe The Charmer mungkin akan memanjakanmu dengan memberi hadiah dan sambil berkata, "Aku bakal kasih apapun yang kamu mau" atau "Kamu itu pantas dapat yang terbaik". Mungkin kata-kata tersebut akan membuatmu tersentuh dan kamu pasti berpikir bahwa mereka sangat loyal karena mereka peduli sama kamu, tapi bisa jadi itu sebuah perangkap.

Perilaku itu dilakukan untuk memengaruhimu agar berpikir bahwa mereka adalah yang terbaik untukmu karena rela memberikan apapun yang kamu mau. Tapi apakah hadiah-hadiah yang mereka berikan itu tulus atau punya 'maksud' di baliknya? Seorang charmer akan membuatmu merasa berutang budi dan mereka cenderung menginginkan timbal balik seperti membalasnya dengan berhubungan intim.

Tak hanya itu, The Charmer akan melakukan love bombing, mengaku bahwa kamu adalah segalanya, dan mungkin mencoba menarik perhatianmu dengan cerita-cerita sedih mereka supaya kamu merasa iba. Ketika berbuat salah, mereka cenderung menjadi playing victim dan membuatmu merasa bersalah sehingga harus bertanggung jawab karena menyakiti hati mereka.

.Ilustrasi pasangan yang toxic/ Foto: Freepik

2. The Mindmixer

Seorang The Mindmixer justru berbanding terbalik dengan The Charmer. Ketika kamu sudah terjebak, mereka akan mulai berkomentar tentang caramu berpikir, berpenampilan, berperilaku, sampai kamu merasa ragu tentang dirimu sendiri. Kata-katanya memang tampak normal, tetapi itu merupakan langkah untuk melemahkan pikiranmu.

Karakteristik dari orang toksik ini, seperti emosi mereka cenderung tidak stabil seperti satu menit lalu bisa tertawa dan bersikap manis padamu, lalu semenit kemudian mereka bisa mencelamu karena sesuatu yang telah atau belum kamu lakukan. Sederhananya, mereka adalah calon pasangan yang kasar dan mudah mempermainkan pikiranmu sampai kamu merasa bodoh juga tak berdaya.

3. The Bully

Cara mudah bagi seorang pembully untuk mengintimidasi atau memaksa pasangannya adalah dengan terlihat marah dan menakutkan. Mereka akan menjadi seorang pengatur dan menghalangimu melakukan hal-hal yang kamu suka sebab mereka tidak suka melihat kamu bahagia. Tapi kamu harus hati-hati dengan orang semacam ini, sebab mereka juga tidak segan untuk melukai pasangannya secara fisik.

Perilaku pasif-agresif yang umum dari The Bully adalah melakukan silent treatment ketika mereka sedang marah pada pasangannya. Ketika kamu mencoba menyelesaikan masalah di antara kalian, mereka mungkin akan menyiapkan berbagai alasan untuk menyudutkanmu, memarahimu, dan membuatmu merasa bahwa masalah tersebut timbul karena ulahmu.

.Ilustrasi pasangan toxic/ Foto: Freepik

4. The Keeper

Seorang toksik dengan tipe The Keeper mungkin akan mengirimkan kamu pesan setiap menit bahkan tiap detik. Sesaat tindakannya mungkin mengartikan bahwa mereka penuh perhatian dan tertarik padamu, oleh sebab itu mereka ingin kamu melakukan hal yang sama seperti apa yang dia lakukan.

Mereka mungkin akan meminta foto di mana kamu berada, dengan siapa kamu di sana, atau bahkan meminta kamu menelpon mereka di setiap tempat yang kamu kunjungi. Pada kondisi yang ekstrem, mereka secara diam-diam mungkin telah mengaktifkan pelacak GPS di ponselmu atau mempunyai akses ke aplikasi yang menunjukkan lokasimu di waktu tertentu.

Bagi mereka, apa yang dilakukan bukan sesuatu yang salah tapi karena mereka peduli dan tidak ingin kehilanganmu. Jika kamu sudah terjebak dengan para the keeper, mereka bisa membuatmu menjauhi teman bahkan keluargamu sendiri, sehingga kamu merasa bergantung pada mereka.

5. The Taker

Orang toksik dengan tipe The Taker sebenarnya tidak tertarik untuk menjalin hubungan sehat, melainkan tujuan mereka hanya ingin melakukan seks belaka. Seorang The Taker akan mengabaikan apa yang kamu inginkan dan memaksamu untuk menyenangkan mereka dengan berhubungan intim saja. Mereka mungkin akan berkata, "Kalau kamu enggak mau berhubungan seks denganku sekarang, maka kamu enggak cinta sama aku" atau "Aku akan melakukannya denganmu jika kamu mau".

The Taker tidak segan-segan untuk melakukan skinship secara berlebihan di depan umum, bahkan melakukan hal tak senonoh. Selain itu, mereka mungkin akan memintamu mengambil foto seksi karena rindunya padamu akan terobati jika kamu melakukannya. Jika kamu sudah terjerat dengan orang semacam ini, kamu mungkin akan sulit lepas darinya karena dia bisa melakukan blackmail bila kamu meninggalkannya.

Itulah tipe-tipe calon pasangan toksik yang perlu kamu kamu hindari. Mungkin saat pertama kali melakukan pendekatan, mereka tidak akan menunjukkan keseluruhan dirinya padamu, tapi kenalilah sedikit petunjuk red flags yang ditinggalkan. Jika saat pendekatan, kamu merasa ada yang aneh dengan cara mereka mendekatkan diri, hitunglah sampai 3 kali mereka melakukan hal-hal yang aneh. Segeralah mundur pelan-pelan untuk menjauhi mereka. Semakin cepat semakin baik, daripada kamu harus terkurung bersama mereka dalam hubungan yang tidak sehat.

[Gambas:Audio CXO]

(DIR/tim)

NEW RELEASE
CXO SPECIALS